kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mudah Dibuat, Ini 6 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung


Senin, 26 Februari 2024 / 12:16 WIB
Mudah Dibuat, Ini 6 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung
ILUSTRASI. Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Penulis: Bimo Kresnomurti

Minuman untuk Kesehatan Jantung - JAKARTA. Intip daftar minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Sederet menu minuman yang mudah ditemukan ini diklaim baik untuk kardiovaskular secara jangka panjang.

Nah, dengan mengadopsi kebiasaan konsumsi minuman sehat adalah langkah positif yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Berbagai minuman yang kaya akan nutrisi dan senyawa-senyawa bermanfaat dapat membantu menjaga fungsi jantung, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam upaya untuk merawat organ vital ini, beberapa minuman dapat dipercaya sebagai pendukung kinerja jantung dalam jangka panjang.

Baca Juga: Minum Kopi Empat Gelas Per Hari Bikin Hidup Lebih Lama?

Nutrisi yang baik dari minuman

Mencegah serangan jantung

 Berikut adalah beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung yang dapat ditemukan dalam minuman:

  • Antioksidan: Antioksidan membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Polifenol: Polifenol memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Omega-3 Asam Lemak: Omega-3 membantu mengurangi kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah, dan menjaga irama jantung yang sehat.
  • Serat: Jus sayuran dan buah-buahan, smoothie dengan tambahan serat. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah, serta mendukung kesehatan sistem pencernaan.
  • Potassium: Jus jeruk, jus pisang, dan susu rendah lemak. Kalium membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit, yang penting untuk fungsi jantung yang optimal.
  • Flavonoid: Flavonoid dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan melindungi sel-sel jantung.
  • Zat Besi: Zat besi membantu membentuk sel darah merah dan memastikan suplai oksigen yang cukup ke jantung.
  • Magnesium: Magnesium mendukung kontraksi dan relaksasi otot jantung, serta berperan dalam fungsi ritme jantung yang normal.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Bikin Kolesterol Jahat Naik Tinggi, Cek Makanan yang Dibolehkan

Minuman yang baik untuk kesehatan jantung

Setelah mengenal beberapa nutrisi penting tersebut, Anda bisa mencoba konsumsi minuman yang direkomendasikan oleh ahli gizi.

Anda bisa konsumsi secara rutin daftar minuman yang baik untuk kesehatan jantung, dilansir dari laman BCBST.

1. Jus Delima

Menurut para ahli, delima adalah buah yang sangat sehat untuk jantung Anda. Antioksidan khususnya membantu mencegah pengerasan dan penyempitan arteri yang membawa darah ke jantung.

Delima juga membantu menurunkan tekanan darah, dan kaya akan polifenol. Sehingga mikronutrien ini bisa mengurangi peradangan dan merangsang sirkulasi darah.

Jus seperti jus delima atau dari buah-buahan gelap lain seperti anggur Concord dapat memberikan semua manfaat kesehatan jantung dari anggur merah tanpa alkohol.

2. Kopi hitam 

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum 3-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung yang signifikan lebih rendah. Setiap cangkir kopi ekstra hingga 6 per hari mengurangi kondisi ini sebesar 5-8%.

Mengapa Kopi dipercaya? Para ahli percaya kandungan kafein, antioksidan, dan sifat anti-inflamasi kopi mungkin bertanggung jawab.

Pastikan Anda tidak minum terlalu banyak kopi dapat yang bisa memicu Anda gelisah, jadi minumlah secara perlahan, dan hindari tambahan topping yang tinggi lemak jenuh, gula, dan kalori kosong.

3. Teh hijau dan hitam

Teh penuh dengan fitonutrien yang disebut flavonoid, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan penumpukan pada arteri Anda. Teh hitam dan hijau juga mengandung jumlah kafein yang lebih moderat daripada kopi (sekitar setengahnya per cangkir), sehingga ini adalah pilihan bagus untuk orang yang sensitif terhadap itu.

Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang sama baik saat diminum panas maupun dingin, sehingga ini adalah minuman yang serbaguna yang dapat dinikmati sepanjang tahun.

4. Jus Tomat

Jus tomat kaya akan vitamin dan mineral yang membantu melawan penyakit jantung. Penuh dengan vitamin C dan E, zat besi, magnesium, dan kalium yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga aliran darah dan mengeluarkan natrium ekstra dari tubuh Anda.

Tomat juga merupakan sumber lycopene yang luar biasa, antioksidan yang membantu memperkuat arteri, mengurangi kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jika Anda membeli jus tomat kemasan, carilah pilihan rendah natrium dan rendah gula.

Beberapa ahli percaya bahwa proses membuat jus tomat memberikan semua keuntungan makan tomat dan melepaskan lebih banyak senyawa bermanfaat daripada yang Anda dapatkan dari mengonsumsinya mentah.

5. Jus Sayuran Hijau

Campuran jus sayuran adalah pilihan bagus untuk orang yang tahu mereka perlu makan sayuran tetapi tidak menyukai rasanya. Cobalah mencampur sayuran hijau yang baik untuk jantung dengan buah-buahan dan pemanis alami seperti madu.

Untuk memulai, pilih jus yang kaya apel, jeruk, atau citrus dan termasuk bayam atau kale, keduanya adalah superfood yang baik untuk jantung berkat kadar kalsium, zat besi, dan flavonoid yang mengurangi peradangan yang tinggi.

Jika Anda menambahkan jus ke menu harian, pastikan untuk memperhitungkan kalori ekstra pada makanan berat.

6. Smoothie Buah

Smoothie dapat sangat baik untuk jantung bila dibuat dengan bahan yang tepat. Anda suka yang lebih manis dapat dengan buah berkulit gelap seperti blueberry atau delima.

Nah, bagi Anda suka yang lebih asam, coba lemonade hijau.  Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pertimbangkan campuran superfood seperti bayam dan biji chia, yang penuh dengan omega-3 yang melindungi jantung.

Seperti jus, selama smoothie dibuat dengan bahan seperti mangga atau pisang, itu adalah cara yang dapat diterima untuk memasukkan makanan sehat ke dalam hampir setiap diet.

Itulah sederet informasi terkait daftar minuman yang baik untuk kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×