kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Naik 70 Kali Lipat, Ini Ciri-Ciri Diabetes Tipe 2 pada Anak-Anak


Kamis, 16 November 2023 / 05:04 WIB
Naik 70 Kali Lipat, Ini Ciri-Ciri Diabetes Tipe 2 pada Anak-Anak
ILUSTRASI. Kasus diabetes pada anak-anak di Indonesia, terutama diabetes tipe 2, mengalami peningkatan tajam.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CIRI-CIRI DIABETES PADA ANAK - Kasus diabetes pada anak-anak di Indonesia, terutama diabetes tipe 2, mengalami peningkatan tajam. 

Melansir Kompas.com, hasil penelitian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menunjukkan, prevalensi kasus diabetes pada anak meningkat 70 kali lipat hingga Januari 2023. 

Ada beberapa penyebab yang memicu kenaikan kasus diabetes pada anak. Salah satunya disebabkan oleh metabolic syndrome, seperti kelebihan berat badan yang dipicu oleh kegemaran anak mengonsumsi makanan manis berlebih, intensitas olahraga yang rendah, dan perilaku sedentari yang tidak dibatasi.

Pengertian Diabetes Tipe 2 pada Anak

Mengutip Mayo Clinic, diabetes tipe 2 pada anak merupakan penyakit kronis yang mempengaruhi cara tubuh anak memproses gula (glukosa) sebagai bahan bakar. 

Tanpa pengobatan, kelainan ini akan menyebabkan penumpukan gula dalam aliran darah, yang dapat menimbulkan konsekuensi jangka panjang yang serius.

Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang dewasa. Faktanya, penyakit ini dulu disebut diabetes yang menyerang orang dewasa. Namun meningkatnya jumlah anak yang mengalami obesitas telah menyebabkan lebih banyak kasus diabetes tipe 2 terjadi pada orang muda.

Baca Juga: 7 Vitamin Terbaik untuk Pasien Diabetes 1 & 2, Cek Yuk!

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola atau mencegah diabetes tipe 2 pada anak Anda. Dorong anak Anda untuk mengonsumsi makanan sehat, banyak melakukan aktivitas fisik, dan menjaga berat badan yang sehat. 

Jika pola makan sehat dan olahraga tidak cukup untuk mengendalikan diabetes tipe 2, pengobatan oral atau pengobatan insulin mungkin diperlukan.

Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 pada anak-anak dapat berkembang secara bertahap sehingga tidak ada gejala yang terlihat. Terkadang, kelainan ini didiagnosis saat pemeriksaan rutin.

Beberapa anak mungkin mengalami tanda dan gejala berikut akibat terlalu banyak gula dalam aliran darahnya:

1. Meningkatnya rasa haus
2. Sering buang air kecil
3. Meningkatnya rasa lapar
4. Kelelahan
5. Penglihatan kabur
6. Area kulit yang gelap, paling sering di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan
7. Penurunan berat badan yang tidak diinginkan, meskipun hal ini lebih jarang terjadi pada anak-anak dengan diabetes tipe 2 dibandingkan pada anak-anak dengan diabetes tipe 1
8. Infeksi yang sering terjadi

Baca Juga: Cara Alami Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi

Penyebab Diabetes Tipe 2

Penyebab pasti diabetes tipe 2 tidak diketahui. Namun riwayat keluarga dan genetika tampaknya memainkan peran penting. Yang jelas anak penderita diabetes tipe 2 tidak bisa mengolah gula (glukosa) dengan baik.

Sebagian besar gula dalam tubuh berasal dari makanan. Saat makanan dicerna, gula memasuki aliran darah. Insulin memungkinkan gula masuk ke dalam sel – dan menurunkan jumlah gula dalam darah.

Insulin diproduksi oleh kelenjar yang terletak di belakang lambung yang disebut pankreas. Pankreas mengirimkan insulin ke darah saat makanan dimakan. Ketika kadar gula darah mulai turun, pankreas memperlambat sekresi insulin ke dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×