kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 1,05%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Norwegia, Irlandia dan Spanyol Secara Resmi Akui Negara Palestina


Rabu, 22 Mei 2024 / 17:26 WIB
Norwegia, Irlandia dan Spanyol Secara Resmi Akui Negara Palestina
ILUSTRASI. Dua pengunjuk rasa memasang bendera saat melakukan aksi solidaritas untuk rakyat Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Jumat (10/5/2024). Aksi yang digagas Koalisi Musisi untuk Gaza itu menggelar tenda sebagai bentuk protes atas keterlibatan AS dan menuntut menghentikan sekutunya Israel atas agresi genosida terhadap bangsa Palestina. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.

Sumber: Al Jazeera,Reuters | Editor: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Pemerintah Norwegia, Irlandia dan Spanyol secara resmi akan mengakui keberadaan Palestina sebagai sebuah negara.

Hal tersebut bertujuan supaya terjadinya perdamaian di tengah konflik yang terjadi antara Palestina dengan Israel.

Melansir dari Reuters, Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere mengatakan pada Rabu (22/5/2024) Norwegia akan mengakui negara Palestina merdeka dengan harapan hal ini akan membantu mewujudkan perdamaian dengan Israel.

Baca Juga: Jadwal PPDB Jawa Barat 2024 Jenjang SMA dan SMK, Simak Kuotanya

Stoere juga menambahkan bahwa solusi dua negara (two state solution) merupakan hal yang penting demi mencapai kedamaian.

“Di tengah perang, dengan puluhan ribu orang tewas dan terluka, kita harus menjaga satu-satunya hal yang bisa memberikan rumah yang aman bagi warga Israel dan Palestina: dua negara yang bisa hidup damai satu sama lain,” kata Stoere saat konferensi pers yang dilansir dari Reuters.

Norwegia yang bukan anggota UE telah lama mengatakan bahwa mereka akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara hanya jika hal tersebut dapat memberikan dampak positif pada proses perdamaian

Sebelum pengumuman tersebut, sekitar 143 dari 193 negara anggota PBB mengakui negara Palestina.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Listrik Murah Tahun 2024 yang Bisa Dijadikan Pilihan

Begitupun Perdana Menteri Irlandia, Simon Harris juga mengatakan bahwa negaranya mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

“Hari ini, Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina,” kata Harris pada konferensi pers yang dilansir dari Al Jazeera.

Harris juga mengatakan bahwa negara-negara lain akan sependapat dan bergabung dengan kami dan mengambil langkah penting dalam beberapa minggu mendatang.

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez juga mengatakan hal serupa bahwa negaranya juga akan mengakui Palestina sebagai negara yang merdeka pada 28 Mei mendatang.

“Ini adalah peristiwa penting bagi Palestina,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

×