kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,11   13,32   1.50%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Orang Miskin Susah Jadi Orang Kaya? Ini Penjelasan Warren Buffett


Senin, 20 November 2023 / 10:19 WIB
Orang Miskin Susah Jadi Orang Kaya? Ini Penjelasan Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett sempat berbagi beberapa wawasan tentang hal-hal yang cenderung dihamburkan oleh orang-orang miskin. REUTERS/Rick Wilking

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett merupakan salah satu investor paling sukses di dunia. Dia memiliki reputasi atas kebijaksanaan finansialnya yang sederhana namun mendalam.

Melansir New Trader U, Warren Buffett pernah bilang, kemandirian finansial dan pendidikan finansial sangat penting untuk mencapai kesuksesan finansial jangka panjang. 

Warren Buffett sempat berbagi beberapa wawasan tentang hal-hal yang cenderung dihamburkan oleh orang-orang miskin sehingga mereka sulit memperbaiki kualitas hidupnya.

Apa saja? 

Mengutip GoBankingRates dan New Trader U, berikut 12 hal yang kerap dilakukan orang miskin sehingga sulit menjadi orang kaya:

1. Mengabaikan Perkembangan Pribadi

Menurut Buffett, investasi terbaik yang dapat dilakukan adalah berinvestasi pada diri sendiri. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan dapat meningkatkan potensi penghasilan secara signifikan. 

Pengetahuan dan kemampuan adalah aset yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dari Anda.

Baca Juga: Tak Punya Tabungan di Usia 45 Tahun? Ini Strategi Pensiun ala Warren Buffett

2. Mengandalkan Kartu Kredit

Kartu kredit memang nyaman, tetapi suku bunga yang tinggi dapat dengan cepat menutupi manfaat apa pun jika Anda tidak membayar seluruh saldo setiap bulan. 

Buffett menyarankan agar tidak melakukan pengeluaran yang tidak perlu yang dapat menyebabkan hutang kartu kredit menjadi menggunung.

3. Mengunjungi Bar dan Pub

Pengeluaran untuk kegiatan sosial seperti minum di bar bisa bertambah. Memilih pertemuan sosial yang lebih terjangkau, seperti pertemuan di rumah, dapat membantu menghemat secara signifikan.

4. Mengejar Teknologi Terkini

Gadget baru mungkin menggiurkan, namun seringkali model tahun lalu juga memberikan hasil yang sama. Buffett sendiri memiliki sejarah dalam menggunakan teknologi yang fungsional dibandingkan teknologi yang mencolok. 

Penting untuk menilai apakah teknologi terbaru benar-benar memberikan nilai tambah pada penggunanya.

Baca Juga: Bukan Pelit, Warren Buffett Bikin Wasiat Tak Bagikan Harta ke Anak-anaknya

5. Pengeluaran Berlebihan untuk Pakaian

Buffett, bersama dengan miliarder lainnya, condong ke arah kesederhanaan dalam lemari pakaiannya. Memilih pakaian klasik dan tahan lama dibandingkan pakaian bermerek mahal dan mencolok dapat menghasilkan penghematan yang signifikan.

6. Membeli Mobil Baru

Mobil terkenal karena penyusutannya yang cepat. Buffett merekomendasikan untuk membeli mobil bekas dan menyimpannya selama mobil tersebut dapat diandalkan, daripada terpikat oleh daya tarik model-model baru.

7. Keanggotaan Gym yang Tidak Digunakan

Buffett mempromosikan gaya hidup aktif namun memperingatkan terhadap keanggotaan gym yang tidak terpakai. Rutinitas kebugaran gratis atau berbiaya rendah bisa sama efektifnya jika dilakukan secara teratur.

8. Layanan Berlangganan yang Tidak Perlu

Layanan berlangganan, jika tidak diawasi dengan cermat, dapat menguras finansial seseorang. Tinjau ini secara teratur dan batalkan yang tidak memberikan nilai.

Baca Juga: Warren Buffett Jual Seluruh Saham General Motors, Johnson & Johnson, dan P&G

9. Ketergantungan Berlebihan pada Produk Perawatan Kulit

Buffett menyarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan kulit secara berlebihan atau tidak perlu. Menemukan rutinitas yang sederhana dan efektif dapat menghemat uang dan kulit Anda.

10. Kerap Keluar Malam 

Meskipun bersosialisasi itu penting, seringnya keluar malam bisa memakan biaya yang besar. Memilih alternatif yang ramah anggaran seperti makanan rumahan dan menonton film di malam hari dapat menghemat biaya secara signifikan.

11. Berjudi

Meskipun perjudian mungkin tampak seperti jalan pintas menuju kekayaan, Buffett menekankan pentingnya memahami peluang. Dia mendesak masyarakat untuk membuat keputusan keuangan yang mengutamakan akumulasi kekayaan jangka panjang, bukan kesenangan sesaat.

Baca Juga: Harga Makan Siang dengan Warren Buffett: Termurah Rp 310 Juta, Termahal Rp 294 Miliar

12. Merokok

Merokok, selain dampaknya terhadap kesehatan, adalah kebiasaan yang mahal. Berhenti dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam anggaran pribadi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×