kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,39   4,99   0.55%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Pahami 5 Risiko dan Keuntungan Olahraga di Malam Hari


Minggu, 10 Maret 2024 / 17:20 WIB
Pahami 5 Risiko dan Keuntungan Olahraga di Malam Hari
ILUSTRASI. olahraga malam

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami risiko hingga kelebihan olahraga malam hari bagi kesehatan. Ada beberapa pertimbangan untuk memulai berolah raga setelah selesai aktivitas seharian di pagi hingga petang.

Olahraga malam merupakan jenis aktivitas fisik atau latihan yang dilakukan pada malam hari, biasanya setelah matahari terbenam. Ini bisa mencakup berbagai aktivitas seperti berlari, bersepeda, fitness, yoga, dan olahraga lainnya.

Apabila malam hari merupakan waktu terbaik untuk berolah raga, lakukan secara bertahap daripada tidak sama sekali. 

Berikut adalah beberapa aktivitas yang akan membantu mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 4 Rutinitas Pagi Ini Dihindari, Sepanjang Hari Anda Hepi

Olahraga di malam hari

Balap liar

Simak beberapa olahraga yang bisa dilakukan hampir tiap malam hari:

  • Yoga: Latihan pernapasan pranayama adalah salah satu bentuk yoga yang sangat bermanfaat untuk tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi frekuensi subjek terbangun di malam hari. 7
  • Berjalan kaki: Berjalan adalah cara terbaik untuk melepas lelah dari hari sambil menikmati olahraga yang berharga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak langkah subjek penelitian berjalan dalam sehari, semakin tinggi kualitas tidurnya. Efeknya bahkan lebih terasa bagi wanita.
  • Perenggangan: Perenggangan lembut di malam hari adalah cara yang bagus untuk melepas lelah dari hari dan meningkatkan rentang gerak dengan latihan beban.
  • Olahraga Indoor: Anda bisa memilih opsi seperti bulu tangkis atau tenis dengan lapangan yang memiliki sirkulasi udara terbaik.

Ada beberapa risiko, kelebihan, dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk melakukan olahraga malam.

Baca Juga: 10 Langkah Jitu Menurunkan dan Mengontrol Tensi Tinggi Penderita Hipertensi

Kelebihan Olahraga Malam Hari

Nah, tentu ada beberapa kelebihan olahraga malam yang bisa jadi pertimbangan untuk dimulai dilansir dari Verywell Fit.

  1. Fleksibilitas Jadwal: Olahraga malam dapat cocok bagi mereka yang memiliki jadwal kerja atau komitmen siang hari yang padat. Ini memberi fleksibilitas untuk tetap aktif meskipun aktivitas lain.
  2. Cuaca Lebih Dingin: Terutama dalam cuaca panas, olahraga malam bisa lebih nyaman karena suhu lebih rendah daripada siang hari.
  3. Ketenangan: Pada malam hari, banyak wilayah atau tempat yang lebih tenang sehingga dapat memberi lingkungan yang tenang dan kurang terganggu selama latihan.
  4. Melepas stres: Berolah raga setelah bekerja atau hari yang sibuk memungkinkan untuk sementara melepaskan diri dari tekanan hari itu berkat endorfin yang dipicu oleh olahraga yang berdampak positif pada suasana hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik di malam hari bahkan dapat membantu menahan stres.
  5. Mengatasi insomnia: Apabila olahraga dilakukan dengan intensitas kecil, maka dapat memperbaiki pola tidur yang salah seperti insomnia.

Baca Juga: Ada Manfaatnya, Ini 4 Keuntungan Lakukan Olahraga Saat Malam Hari

Risiko Olahraga Malam

Pada malam hari, cahaya alami sangat terbatas, yang dapat mengurangi kemampuan untuk melihat dan diakui oleh pengendara atau peserta lalu lintas lainnya. Risiko kecelakaan lalu lintas dapat meningkat.

Selain itu, dengan kurangnya cahaya dapat membuat lebih rentan terhadap cedera seperti jatuh atau tergelincir, terutama apabila tidak berlatih di tempat yang terang.

Olahraga malam yang intens dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu kualitas tidur. Aktivitas fisik dapat meningkatkan tingkat energi dan suhu tubuh, yang mungkin mempersulit Anda tidur nyenyak.

Kekurangan Olahraga Malam Hari

Sementara, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yang bisa membawa hal negatif saat olahraga di malam hari.

Baca Juga: Ada Manfaatnya, Ini 4 Keuntungan Lakukan Olahraga Saat Malam Hari

1. Risiko kecelakaan Lalu Lintas

Keterbatasan visibilitas pada malam hari meningkatkan risiko terlibat dalam kecelakaan lalu lintas jika berolah raga di jalanan atau area yang dilalui kendaraan. Pastikan Anda memakai pakaian yang mudah dilihat oleh orang lain di jalan raya.

2. Potensi gangguan Tidur

Olahraga intens dekat waktu tidur bisa mengganggu pola tidur dan mempengaruhi kualitas istirahat. Apabila Anda berolah raga terlalu intens seperti porsi HIIT tentu itu akan membuat tubuh menjadi kelelahan dan bisa mengganggu tidur.

3. Kurangnya Cahaya Alami

Tubuh manusia bereaksi terhadap ritme alami cahaya dan gelap. Olahraga di bawah cahaya buatan pada malam hari mungkin tidak memberikan manfaat yang sama seperti olahraga di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Ada Manfaatnya, Ini 4 Keuntungan Lakukan Olahraga Saat Malam Hari

4. Ketidakamanan

Beberapa tempat mungkin kurang aman pada malam hari. Risiko kejahatan dan keselamatan pribadi mungkin lebih besar saat berolah raga di tempat yang sepi pada malam hari.

5. Sulit bangun konsistensi

Penelitian tahun 2018 ungkap bahwa orang yang berolah raga di pagi hari kemungkinan besar akan tetap konsisten dengan latihan dibandingkan yang berolah raga di sore atau malam hari.

Temuan ini mungkin karena saat berolah raga di sore hari, ada lebih banyak waktu untuk teralihkan oleh rencana spontan atau kurangnya motivasi setelah hari yang melelahkan.

Memutuskan untuk berolah raga malam atau siang hari harus didasarkan pada kebutuhan dan preferensi individu.

Saat Anda memilih untuk berolah raga malam, pastikan untuk mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan, seperti menggunakan pakaian cerah atau reflektif, menghindari jalur lalu lintas yang ramai, dan memilih area yang terang.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan olahraga malam hari yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Selanjutnya: Serplulimab, Inovasi Terbaru Kalbe Farma (KLBF) dalam Pengobatan Kanker Paru-paru

Menarik Dibaca: Apa Boleh Makan Mie Instan 2 Porsi Sekaligus? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×