kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Pahami Berat Badan Bayi Sehat Setelah Lahir hingga 12 Bulan Masa MPASI


Kamis, 23 November 2023 / 11:34 WIB
Pahami Berat Badan Bayi Sehat Setelah Lahir hingga 12 Bulan Masa MPASI
ILUSTRASI. Pahami Berat Badan Bayi Sehat Setelah Lahir hingga 12 Bulan Masa MPASI

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami kondisi berat badan bayi sehat setelah lahir hingga MPASI. Kondisi kesehatan bayi yang terlahir di dunia tentu perlu dicermati untuk melihat perkembangannya.

Berat badan bayi baru lahir dapat bervariasi, namun secara umum, bayi yang lahir antara 37 dan 40 minggu memiliki berat antara 2.500 gram hingga 4.000 gram.

Bayi dengan berat badan di luar rentang ini juga masih bisa sehat, meskipun mungkin memerlukan perhatian ekstra dari dokter dan perawat untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan.

Bayi yang baru lahir memerlukan perawatan yang baik termasuk ASI dan Lingkungan yang mendukung. Konsumsi ASI sangat berpengaruh terhadap perkembangan berat badan untuk menilai faktor kesehatan.

Baca Juga: Rekomendasi Buah untuk MPASI 6 Bulan Pertama, Kaya Nutrisi Bagi Perkembangan Bayi

Untuk itu, pahami beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi berat badan bayi berikut dilansir dari Kids Health.

Ukuran dan berat badan bayi saat lahir

Bayi lahir

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi berat badan bayi saat lahir meliputi

  • Kondisi kesehatan orang tua: Orang tua yang bertubuh besar dan tinggi mungkin memiliki bayi baru lahir yang lebih besar dari rata-rata; orang tua yang pendek dan mungil mungkin memiliki bayi baru lahir yang lebih kecil dari rata-rata.
  • Kelahiran kembar: Anda memiliki anak kembar, kembar tiga, atau lebih, Anda dapat mengandalkan bayi Anda yang berukuran agak kecil. Bayi kembar harus berbagi ruang pertumbuhan di dalam rahim, dan mereka sering kali lahir lebih awal, sehingga menyebabkan ukuran lahir menjadi kecil.
  • Urutan kelahiran: Bayi pertama terkadang lebih kecil dibandingkan saudara laki-laki atau perempuan yang lahir kemudian. Anak perempuan cenderung lebih kecil, anak laki-laki lebih besar, namun perbedaannya kecil saat lahir.
  • Oat-obatan terlarang selama kehamilan: Saat ibu menderita diabetes atau obesitas, bayi mungkin memiliki berat badan lahir lebih tinggi.alkohol, rokok Hal-hal yang dapat menyebabkan berat badan lahir rendah antara lain ibu yang menderita tekanan darah tinggi atau gangguan jantung; atau seseorang yang menggunakan
  • Nutrisi selama kehamilan: Nutrisi yang baik sangat penting untuk pertumbuhan bayi — sebelum dan sesudah lahir. Pola makan yang buruk selama kehamilan dapat memengaruhi berat badan bayi baru lahir dan pertumbuhan bayi. Pertambahan berat badan yang banyak dapat membuat bayi lebih mungkin lahir lebih besar dari rata-rata.
  • Kesehatan bayi: Masalah medis, termasuk beberapa cacat lahir dan beberapa infeksi selama kehamilan, dapat mempengaruhi berat lahir anak dan pertumbuhan selanjutnya.

Baca Juga: 15 Lebih Manfaat Buah Alpukat untuk MPASI Bayi, Orang Dewasa, Ibu Hamil dan Menyusui

Bayi prematur umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan berat badan yang lebih ringan dibandingkan bayi yang lahir pada waktu yang tepat.

Kondisi bayi prematur juga dapat diklasifikasikan sebagai memiliki "berat badan lahir rendah" atau "berat badan lahir sangat rendah," tergantung pada berat badannya saat lahir.

Meskipun banyak orang menginginkan bayi dengan pipi tembem dan paha berlesung pipi sebagai tanda bayi yang sehat, bayi yang terlalu besar juga dapat memiliki masalah kesehatan tertentu, terutama jika lahir dari ibu yang menderita diabetes.

Bayi baru lahir umumnya mengalami penurunan berat badan awal karena kehilangan cairan ekstra, tetapi seharusnya pulih dalam dua minggu pertama setelah lahir.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan bayi pada bulan pertama kehidupannya dapat bervariasi, dan kehilangan berat badan awal adalah hal yang normal sebelum berat badan kembali pulih.

Bayi yang sehat biasanya mengalami kenaikan berat badan sekitar 30 gram per hari selama bulan pertama, dengan pertumbuhan tinggi yang signifikan pada usia 7-10 hari dan kembali pada usia 3-6 minggu.

Perkiraan berat bayi yang sehat

Berikut ini adalah perkiraan berat badan bayi yang dianggap normal untuk rentang usia tertentu dilansir dari WHO.

1. Setelah Kelahiran (0-2 Minggu)

Biasanya, bayi mengalami penurunan berat badan awal karena kehilangan cairan ekstra. Namun, mereka seharusnya pulih dalam dua minggu pertama. Kehilangan berat badan yang normal adalah sekitar 5-7% dari berat badan lahir.

Sebagai contoh, bayi dengan berat badan lahir 3 kg mungkin kehilangan sekitar 150-210 gram.

2. Usia 2-3 Bulan

Pada usia ini, bayi seharusnya sudah pulih dan mulai mengalami kenaikan berat badan yang lebih stabil. Rata-rata, bayi dapat menambah berat badan sekitar 150-200 gram per minggu selama beberapa bulan pertama.

3. Usia 4-6 Bulan (Awal MPASI)

Pada periode ini, beberapa bayi mungkin sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat atau MPASI. Meskipun sebagian besar nutrisi masih diperoleh dari ASI atau susu formula, MPASI dapat mempengaruhi berat badan.

Idealnya, bayi seharusnya terus menunjukkan pertumbuhan yang baik dan menambah berat badan secara konsisten.

WHO menilai kondisi berat badan bayi 6 bulan bisa mencapai 2 kali berat saat pertama kali lahir.

4. Usia 6-12 Bulan (MPASI Lanjutan)

Selama periode ini, MPASI menjadi komponen yang semakin signifikan dalam asupan nutrisi bayi. Berat badan bayi seharusnya terus meningkat sesuai dengan kurva pertumbuhan yang normal. Pada akhir tahun pertama, bayi biasanya akan memiliki tiga kali berat badan saat lahir.

Berikut ini tabel berat badan bayi menurut WHO yang tentu tetap dipengaruhi banyak faktor.

Bulan/Jenis Kelamin Laki-laki Perempuan
Baru lahir 3,5 kg 3,4kg
1 bulan 4,4 kg 4,2 kg
2 bulan 5,2 kg 4,8 kg
3 bulan 6,0 kg 5,4 kg
4 bulan 6,7 kg 6,2 kg
5 bulan 7,4 kg 6,7 kg
6 bulan 7,9 kg 7,4 kg
7 bulan 8,4 kg 7,7 kg
8 bulan 8,9 kg 8,1 kg
9 bulan 9,3 kg 8,5 kg
10 bulan 9,7 kg 8,8 kg
11 bulan 10,0 kg 9,2 kg
12 bulan 10,3 kg 9,5 kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×