kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,02   -10,49   -1.05%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Pahami Perhitungan Jumlah Kalori Nasi Putih dalam Takaran Piring sampai Sendok


Jumat, 19 Januari 2024 / 15:48 WIB
Pahami Perhitungan Jumlah Kalori Nasi Putih dalam Takaran Piring sampai Sendok
ILUSTRASI. Perhitungan Jumlah Kalori Nasi Putih dalam Takaran Sendok hingga Piring

Penulis: Bimo Kresnomurti

Jumlah Kalori Nasi Putih- JAKARTA. Kepastian jumlah kalori nasi putih tentu tidak dapat dihitung dengan jelas. Nah, Anda bisa menakarnya dalam berbagai ukuran baik satu sendok hingga satu piring.

Tentu, masyarakat Indonesia menikmati konsumsi nasi putih sebagai makanan pokok. Artinya, nasi ditempatkan sebagai salah satu penyumbang kalori terbesar dalam sehari.

Sebagai informasi, kalori merupakan satuan ukuran energi yang digunakan untuk mengukur jumlah energi yang tersimpan dalam makanan.

Kalori dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari, namun jumlah yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, hingga tingkat aktivitas fisik.

Jika Anda ingin menjaga berat badan yang sehat, disarankan untuk memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Tinggi Karbohidrat, Ini 10 Makanan & Minuman Pantangan untuk Gula Darah Tinggi

Kandungan nutrisi nasi putih

Nasi putih

Pada dasarnya ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam nasi putih yang perlu Anda ketahui.

  • Karbohidrat: Nasi putih kaya akan karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber utama energi untuk tubuh. Karbohidrat ini memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
  • Protein: Meskipun kandungan protein dalam nasi putih lebih rendah daripada dalam sumber protein lainnya, seperti daging atau kacang-kacangan, nasi putih tetap mengandung sejumlah kecil protein.
  • Serat: Nasi putih memiliki serat yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi merah atau nasi yang belum diolah. Serat berguna untuk pencernaan yang sehat dan membantu menjaga keseimbangan gula darah.
  • Vitamin B: Nasi putih mengandung vitamin B kompleks, seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), dan asam folat (B9). Vitamin B penting untuk metabolisme energi, fungsi saraf, dan pembentukan sel darah.
  • Mineral: Nasi putih mengandung beberapa mineral, termasuk zat besi, seng, magnesium, dan selenium dalam jumlah kecil. Meskipun jumlahnya tidak signifikan, mineral-mineral ini tetap memberikan kontribusi terhadap fungsi tubuh yang normal.

Baca Juga: Aman! 10 Cara Meningkatkan Metabolisme Saat Berusia 40 Tahunan

Tentunya, pastikan asupan kalori harian Anda mencukupi, dan salah satu sumbernya bisa berasal dari konsumsi nasi putih. Nasi putih merupakan salah satu bahan pokok masyarakat Indonesia yang memiliki banyak manfaat.

Nasi putih berperan sebagai sumber karbohidrat utama, dengan kandungan protein dan lemak yang relatif rendah. Selain itu, nasi putih juga mengandung nutrisi penting seperti kalium, fosfor, dan zat besi, dengan kadar nutrisi yang bervariasi tergantung pada jenis beras yang digunakan.

Perlu diingat bahwa jumlah kalori dalam nasi bisa berbeda-beda tergantung pada jenisnya, seperti nasi merah atau nasi jagung. Kuantitas kalori dalam nasi juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti ukuran porsi dan cara penyajian, misalnya, apakah nasi disajikan dengan minyak atau bahan tambahan lainnya.

Nasi putih seringkali menjadi bagian dari berbagai hidangan, dan jumlah kalorinya dapat bervariasi, contohnya, nasi goreng akan memiliki nilai kalori yang berbeda dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Daftar takaran jumlah kalori nasi putih

Inilah panduan untuk cek jumlah kalori nasi putih 1 sendok makan hingga 1 centong.

  1. Jumlah Kalori nasi putih sederhana: Sebagai panduan, sebuah porsi nasi yang biasa dianggap sebagai porsi sederhana dapat mengandung sekitar 200-300 kalori.
  2. Jumlah kalori nasi putih dalam 1 sendok makan: Melansir dari MyFitnessPal, kalori nasi putih 1 sendok makan adalah 24-30 kalori yang tentunya ini menjadi salah satu takaran beberapa orang yang ingin membatasi diri dengan nasi putih.
  3. Jumlah kalori nasi putih dalam 1 centong: Sementara itu, informasi dilansir dari My Net Diary, 1 centong nasi putih kecil dapat mengisi kebutuhan 170 kalori.
  4. Jumlah kalori nasi putih dalam 1 mangkok: Melansir dari NDTV Food, jumlah kalori dari nasi putih dengan ukuran 1 mangkok adalah 136 kalori saja.
  5. Jumlah kalori nasi putih dalam 1 piring: Sementara, untuk sepiring nasi memiliki 272 kalori atau dalam beratnya sekitar 80 gram nasi putih.

Namun, ada beberapa perbedaan jumlah kalori nasi putih tergantung pada faktor-faktor berikut:

  • Jumlah air yang digunakan untuk menanak nasi.
  • Jenis beras yang digunakan untuk membuat nasi.
  • Waktu memasak dapat bervariasi dan karenanya dapat mengubah volume nasi yang dimasak.

Kebutuhan kalori harian

Sebagai informasi, kebutuhan kalori dari pria dewasa rata-rata membutuhkan 2.500 kalori dan wanita perlu 2.000 kalori per hari. Tentunya, konsumsi nasi bisa ditambah dan dikurangi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih spesifik tentang jumlah kalori dalam nasi yang Anda makan, disarankan untuk menghitung dengan menggunakan aplikasi pemantau kalori.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun nasi putih memiliki beberapa nutrisi, diet yang didominasi oleh nasi putih tanpa penambahan sumber nutrisi lainnya dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting.

Demikian beberapa penjelasan terkait jumlah kalori nasi putih dalam takaran yang mudah dihitung melalui porsi di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×