kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Cahaya Biru Layar Gadget


Rabu, 27 Maret 2024 / 13:00 WIB
Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Cahaya Biru Layar Gadget
ILUSTRASI. Mata lelah. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Mengatasi Mata Lelah - JAKARTA. Intip penyebab dan cara mengatasi mata lelah melihat layar. Masalah penglihatan yang tidak nyaman tentu dapat terjadi pada siapa saja.

Mata lelah yang disebabkan oleh penggunaan layar hp dan laptop secara intensif tentu bisa timbul di kalangan pekerja. Masalah ini bisa dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome atau sindrom penglihatan komputer.

Adapun, banyak penyebab Anda bisa menderita mata lelah yang bisa diminimalkan dengan mudah.

Cahaya biru layar adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada spektrum cahaya yang dihasilkan oleh layar elektronik, seperti komputer, ponsel cerdas, tablet, dan televisi.

Sumber cahaya ini terutama terdiri dari cahaya biru dengan panjang gelombang pendek dan intensitas tinggi.

Baca Juga: Ini 7 Aktivitas yang Jangan Dilakukan Setelah Begadang

Cahaya biru layar memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan mata dan keseimbangan tidur seseorang karena dapat meniru cahaya alami yang diterima tubuh dari matahari.

Ketika kita terpapar cahaya biru di malam hari atau menjelang waktu tidur, itu dapat mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis kita, yang mengatur siklus tidur dan bangun tubuh.

Pemicu mata lelah

Katarak penyebab kebutaan tertinggi

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kelelahan mata saat melihat layar perangkat:

  • Terpapar Cahaya Biru: Layar perangkat seperti ponsel dan laptop menghasilkan cahaya biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata. Paparan yang berlebihan dan berkelanjutan terhadap cahaya biru ini dapat mengganggu keseimbangan visual dan menyebabkan ketegangan pada mata.
  • Tegangan pada Mata: Fokus yang terus-menerus pada layar yang kecil dan dekat dapat menyebabkan tegangan pada otot-otot mata, termasuk otot yang mengendalikan fokus dan gerakan mata.
  • Kekurangan Kedipan: Saat menggunakan layar ponsel atau laptop, kebiasaan untuk kurang berkedip cenderung terjadi. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering dan teriritasi karena kurangnya pelembaban alami.
  • Posisi dan Jarak yang Tidak Ergonomis: Posisi tubuh yang tidak nyaman atau jarak pandang yang terlalu dekat dengan layar dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata. Oleh karena itu, penting untuk duduk dengan posisi yang nyaman dan menjaga jarak yang tepat dari layar untuk mengurangi ketegangan mata.

Mengatasi mata lelah melihat layar

Berikut ini panduan cara untuk mengatasi mata lelah dari paparan cahaya biru layar gadget dirangkum dari Healthline.

1. Atur Pencahayaan Ruangan

Pastikan pencahayaan ruangan di tempat Anda menggunakan perangkat seperti ponsel atau laptop mencukupi. Hindari cahaya yang terlalu terang yang langsung mengarah ke layar untuk mengurangi kelelahan mata.

Selain itu, pastikan pencahayaan yang memadai dengan memeriksa apakah wajah terlihat dengan jelas melalui kamera laptop.

2. Sesuaikan Posisi dan Jarak Pandang

Pastikan posisi duduk Anda dan jarak pandang terhadap layar nyaman dan ergonomis. Letakkan layar pada ketinggian mata yang tepat dan pastikan jarak pandang yang cukup untuk mengurangi ketegangan mata.

3. Rutin Beristirahat Mata

Untuk mengatasi masalah mata lelah, disarankan untuk beristirahat mata setiap 20-30 menit dengan melihat objek yang jauh selama beberapa detik. Tindakan ini membantu merilekskan otot mata dan mengurangi ketegangan.

4. Terapkan Aturan 20-20-20

Aturan ini efektif dalam mengurangi kelelahan mata saat melihat layar perangkat. Setiap 20 menit, arahkan pandangan Anda ke objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Hal ini membantu mengurangi kelelahan mata dan mengembalikan fokus visual, menjaga kesehatan mata.

5. Gunakan Penyegar Mata

Pertimbangkan untuk menggunakan tetes mata buatan atau penyegar mata yang direkomendasikan oleh dokter mata untuk menjaga kelembaban mata dan mencegah kekeringan.

6. Gunakan Kacamata Khusus

Untuk penggunaan yang intensif, pertimbangkan untuk menggunakan kacamata khusus dengan lensa anti silau atau lensa yang difilter untuk mengurangi paparan cahaya biru yang berlebihan.

Jika gejala mata lelah terus berlanjut atau mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata.

Demikian informasi terkait penyebab beserta cara mengatasi masalah mata lelah melihat layar cahaya biru gadget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×