kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Penyebab Perut Buncit Pria & Wanita, Cek Cara Biar Perut Tidak Buncit


Kamis, 01 Februari 2024 / 15:33 WIB
Penyebab Perut Buncit Pria & Wanita, Cek Cara Biar Perut Tidak Buncit
ILUSTRASI. Penyebab Perut Buncit Pria & Wanita, Cek Cara Biar Perut Tidak Buncit

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Penyebab Perut Buncit Pria - Jakarta. Perut buncit bisa terjadi pada pria dan wanita. Apa penyebab perut buncit pada pria dan wanita? Bagaimana cara agar perut tidak buncit?

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, salah satu penyebab perut buncit pada pria dan wanita yang cukup umum terjadi adalah penumpukan lemak di bagian tubuh itu. Nah, ada beberapa faktor yang jadi pemicu penumpukan lemak.

Anda perlu mewaspadainya supaya jumlah lemak bisa lebih terkontrol. Sebab, lemak di sekitar perut bisa meningkatkan inflamasi atau peradangan dalam tubuh, berpengaruh pada resistensi insulin, dan lain sebagainya.

Hal-hal itu jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Supaya Anda bisa menghilangkan lemak di perut dengan lebih mudah, Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter supaya penyebab penumpukan lemak di perut bisa terdiagnosa dengan lebih tepat. Nah, berikut penyebab perut buncit pad:

Gen

Melansir Very Well Fit, gen bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan penumpukan lemak di sekitar perut. Selain itu, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal jadi faktor lain yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Pakai Bahan Alami

Terlalu banyak kalori

Penyebab perut buncit pada pria dan wanita berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah surplus kalori. Artinya, jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada kalori yang Anda buang.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi dan meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Metabolisme

Penyebab perut buncit pada pria dan wanita berikutnya adalah metabolisme tubuh Anda. Seiring bertambahnya usia, metabolisme dalam tubuh semakin lambat. Akibatnya, jumlah kalori dan lemak dalam tubuh yang terbakar tak sebanyak saat usia Anda masih mudah.

Jenis obat tertentu

Perut buncit pada pria dan wanita juga bisa Anda alami karena konsumsi jenis obat tertentu. Misalnya, obat antidepresan, kortikosteroid dan antipsikotik.

Jika Anda merasa khawatir tentang berat badan setelah mengonsumsi jenis obat tertentu, tak ada salahnya untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Waktu tidur tidak terpenuhi

Menurut sebuah penelitian, mereka yang tidur kurang dari 5 jam tiap malam mengalami penambahan berat badan hingga 15 kg. Hal itu menunjukkan, penting bagi Anda untuk memenuhi waktu tidur dan memperbaiki kualitas istirahat di malam hari.

Kesehatan Mental

Very Well Fit menyebutkan, kondisi kesehatan mental bisa jadi salah satu penyebab perut buncit. Saat stres, jumlah hormon kortisol ikut bertambah.

Hal itulah yang berpengaruh pada jumlah lemak yang menumpuk di sekitar perut dan bertambahnya berat badan secara keseluruhan. Anda pun cenderung mengonsumsi makanan berlebih saat mengalami stres.

Jenis makanan yang Anda konsumsi pun biasanya jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Hal itulah yang menyebabkan berat badan sulit terkontrol saat stres.

Cara agar perut tidak buncit

Diberitakan Kompas.com, laman John Hopkins Medicine dan Medical News Today menyebutkan sejumlah cara alami agar perut tidak buncit. Berikut cara agar perut tidak buncit:

  • Membatasi asupan karbohidrat

Cara agar perut tidak buncit yang pertama adalah membatasi asupan karbohidrat. Karbohidrat tidak hanya memicu kenaikan berat badan dan perut buncit, namun juga menyebabkan gula darah naik sehingga menimbulkan risiko penyakit diabetes. Untuk memenuhi kebutuhan energi harian, Anda dianjurkan meningkatkan asupan protein yang sehat.

  • Membatasi makanan tinggi kalori

Cara agar perut tidak buncit yang kedua adalah membatasi makanan tinggi kalori seperti daging merah atau makanan olahan. Mengonsumsi lebih sedikit kalori akan mendorong tubuh untuk membakar lemak visceral di perut dan kelebihan lemak subkutan sehingga membuat lingkar perut mengecil.

Anda dapat memilih sumber makanan dengan kalori yang lebih rendah, seperti gandum utuh, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

  • Menghindari minuman dan makanan manis

Cara agar perut tidak buncit yang ketiga adalah mengurangi minuman dan makanan manis. Mengonsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab utama kenaikan berat badan dan penumpukan lemak di area perut.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat menyebabkan resistensi insulin. Kondisi tersebut membuat gula darah menjadi tidak terkontrol karena tidak dapat diolah menjadi energi. Jika dibiarkan, hal ini bisa meningkatkan kadar lemak visceral yang membuat perut buncit. Karena itu, usahakan untuk menghindari atau mengurangi minuman dan kudapan manis.

  • Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga

Cara agar perut tidak buncit yang keempat adalah rutin olahraga. Aktivitas fisik dan olahraga rutin bisa membantu membakar lemak perut. Contoh olahraga untuk menghilangkan perut buncit, yaitu latihan beban, aerobik, dan kardio.

Anda dapat meluangkan waktu selama 30 menit dalam sehari atau 150 menit per minggu untuk berolahraga agar berat badan bisa turun serta menghilangkan perut buncit. Jika Anda belum bisa meluangkan waktu untuk olahraga rutin, usahakan meningkatkan aktivitas fisik dengan menggunakan tangga dibanding lift, berjalan kaki atau bersepeda ketimbang menggunakan kendaraan bermotor, serta melakukan peregangan setelah duduk dalam waktu lama.

  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Cara agar perut tidak buncit yang kelima adalah perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan termasuk sumber karbohidrat kompleks yang rendah kalori sehingga lebih sehat dibanding karbohidrat olahan. Buah dan sayuran juga mengandung serat yang berguna dalam mengatur gula darah.

  • Mengonsumsi sumber protein tanpa lemak

Cara agar perut tidak buncit yang keenam adalah perbanyak konsumsi sumber protein tanpa lemak. Makanan tinggi protein bisa mendorong perasaan kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan atau kudapan manis. Contoh sumber protein tanpa lemak yang bisa Anda konsumsi yaitu telur, kacang-kacangam, polong-polongan, dan daging tanpa lemak.

  • Memilih sumber lemak sehat

Cara agar perut tidak buncit yang ketujuh adalah memilih sumber lemak sehat. Contoh sumber lemak sehat, yaitu alpukat, biji chia, telur, ikan berlemak seperti tuna dan salmon, dan minyak zaitun. Itulah penjelasan mengenai cara alami menghilangkan perut buncit yang bisa kamu coba. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui cara paling sesuai dengan kondisi Anda.

Itulah penyebab perut buncit pada pria serta daftar cara agar perut tidak buncit. Silakan dicoba dan dibuktikan.

Selanjutnya: Prospek Reksadana Diramal Positif, Samuel Aset Manajemen Targetkan AUM Rp 17 Triliun

Menarik Dibaca: Promo Hypermart Dua Mingguan 1-14 Februari 2024, Diskon s/d 30% dan Beli 2 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×