kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,24   -0,63   -0.06%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Perbedaan Asam Urat dan Rematik, Cek Menggunakan & Manfaat Meniran Hijau Obati Gout


Jumat, 08 Desember 2023 / 10:26 WIB
Perbedaan Asam Urat dan Rematik, Cek Menggunakan & Manfaat Meniran Hijau Obati Gout
ILUSTRASI. Perbedaan Asam Urat dan Rematik, Cek Menggunakan & Manfaat Meniran Hijau Obati Gout

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Perbedaan Asam Urat dan Rematik - JAKARTA. Kenali perbedaan asam urat dan rematik. Cek juga manfaat dan cara menggunakan daun meniran hijau untuk menurunkan asam urat alias gout.

Banyak orang menganggap asam urat dan rematik adalah penyakit yang sama. Sering kali orang tak melihat perbedaaan asam urat dan rematik karena sama-sama menimbulkan rasa nyeri di bagian tangan atau kaki.

Perbedaan asam urat dan rematik bisa dilihat dari berbagai hal. Mengenali perbedaan rematik dan asam urat sangat penting, agar tidak salah minum obat.

Berikut perbedaan asam urat dan rematik yang wajib diketahui, seperti diberitakan Kompas.com:

1. Penyebab 

Perbedaan asam urat dan rematik yang pertama bisa dilihat dari penyebabnya. Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), rematik adalah sejenis penyakit autoimun yang membuat sendi-sendi kaku dan meradang. Peradangan tersebut disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan malah menyerang jaringan sendi tubuh sehat hingga membuatnya rusak. 

Sedangkan, asam urat adalah penyakit yang muncul karena terlalu banyak kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. Zat asam urat yang tertumpuk di dalam tubuh tersebut salah satunya disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. 

Pada kondisi normal, purin akan diolah menjadi asam urat dan akan dikeluarkan tubuh melalui urine. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, purin akan menumpuk dan berubah menjadi kristal pada sendi-sendi, kemudian terjadilah peradangan. 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Asam Urat Tinggi, Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

2. Lokasi nyeri 

Perbedaan asam urat dan rematik yang kedua bisa dilihat dari lokasi nyeri. Nyeri akibat asam urat, biasanya menyerang satu sendi dalam satu waktu dan sering kali terjadi pada kaki, biasanya pada bagian jari-jari kaki, terutama persendian jempol kaki. 

Sedangkan, rematik bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh mana pun, tetapi yang paling sering terjadi pada persendian di tangan, pergelangan tangan, dan kaki. 

Tidak hanya itu, rematik bisa menyerang beberapa sendi sekaligus dalam satu waktu. 

3. Gejala lain 

Perbedaan asam urat dan rematik yang ketiga bisa dilihat dari gejala. Gejala asam urat selalu disertai dengan bengkak, kemerahan, serta rasa nyeri yang sering muncul. Rasa nyeri karena asam urat cenderung sering dan berat. 

Sedangkan, gejala rematik juga selalu menimbulkan rasa sakit, tetapi tidak selalu muncul bengkak atau kemerahan pada persendian. Rasa nyeri sendi akibat rematik bisa berubah-ubah intensitasnya. Kadang sakit ringan hingga berat. 

4. Faktor risiko 

Perbedaan asam urat dan rematik yang keempat bisa dilihat dari faktor risiko. Rematik bisa menimpa siapa saja tanpa memandang usia. Namun, penyakit ini paling sering dialami oleh kelompok lanjut usia (lansia). Umumnya, rematik banyak diidap oleh perempuan dibandingkan laki-laki. 

Sementara itu, kebanyakan pengidap asam urat dilaporkan adalah berjenis kelamin laki-laki dan lebih sering terjadi pada kelompok usia dewasa muda dengan kelebihan berat badan. 

Selain kegemukan, berikut ini ragam faktor risiko asam urat: 

  • Punya riwayat keluarga menderita asam urat 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya aspirin dosis rendah, diuretik tiazid, obat imunisuoresan, levodopa, atau niasin 
  • Konsumsi alkohol 
  • Diabetes 
  • Tekanan darah tinggi 
  • Kolesterol tinggi 
  • Hipotiroidisme 
  • Penyakit ginjal 
  • Anemia hemolitik 

 5. Pengobatan 

Perbedaan asam urat dan rematik yang kelima bisa dilihat dari obat. Rematik dan asam urat membuat penderitanya kesulitan beraktivitas. Meskipun begitu, dari keduanya memang diketahui bahwa rematik tidak dapat disembuhkan, meski bisa diringankan atau dikendalikan gejalanya. 

Ketika Anda didiagnosis dengan rematik, dokter mungkin akan memberikan berbagai pilihan pengobatan untuk meringankan gejala yang dirasakan. 

Sedangkan jika mengalami asam urat, Anda bisa mengendalikan gejalanya dengan mengatur pola makan yang sesuai. Cara mengobati asam urat terutama, yakni harus meminimalisir atau menghindari makanan yang mengandung purin tinggi dan alkohol. 

Selain itu, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter untuk meringankan nyeri sendi akibat asam urat maupun untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Manfaat meniran hijau untuk asam urat

Jika asam urat tinggi, Anda disarankan menghubungi dokter untuk mendapatkan resep obat asam urat. Obat asam urat perlu dikonsumsi rutin untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

Selain minum obat asam urat dari dokter, sejumlah bahan herbal bisa membantu mengatasi asam urat. Menurut website Siloam Hospital, salah satu obat herbal asam urat adalah daun meniran hijau.

Meniran hijau adalah obat herbal yang populer akan khasiatnya dalam mengatasi batu ginjal dan batu empedu. Namun, manfaat meniran hijau ternyata tak sebatas itu saja. Tanaman herbal ini juga bisa dijadikan salah satu cara alami mengatasi asam urat.

Meniran hijau diyakini dapat menghambat produksi asam urat berlebih di dalam tubuh, serta memecah dan membersihkan endapan asam urat. Alhasil, serangan asam urat dapat dihindari. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat meniran hijau yang satu ini, sehingga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Dilansir dari Gramedia.com, meniran hijau, atau dikenal juga dengan nama tumbuhan Phyllanthus niruri, adalah tanaman yang memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional.

Meniran hijau memiliki daun kecil dan bunga putih yang tumbuh pada tanaman semak kecil. Tanaman ini ditemukan di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Tanaman meniran hijau memiliki kandungan senyawa-senyawa aktif seperti alkaloid, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Salah satu manfaat meniran hijau yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat asam urat.

Kandungan senyawa aktif dalam meniran hijau memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan gejala asam urat.

Tanaman ini juga memiliki sifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan membantu menghilangkan asam urat yang berlebihan dari tubuh.

Penelitian ilmiah juga telah menunjukkan efektivitas meniran hijau dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Studi pada hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak meniran hijau dapat menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam produksi asam urat.

Selain itu, meniran hijau juga telah terbukti memiliki efek hipourisemik, yaitu mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Dalam sebuah penelitian klinis terhadap pasien asam urat, penggunaan meniran hijau secara rutin menghasilkan penurunan yang signifikan dalam kadar asam urat mereka.

Cara menggunakan meniran hijau untuk asam urat

Cara menggunakan meniran hijau sebagai obat asam urat sangatlah mudah. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk teh atau ekstrak.

Untuk membuat teh meniran hijau, siapkan daun meniran segar atau kering sebanyak 1 sendok teh dan seduh dengan air panas.

Biarkan teh meniran hijau tersebut meresap selama beberapa menit, kemudian saring dan minumlah 2-3 kali sehari.

Anda juga dapat mencampurkan ekstrak meniran hijau ke dalam jus atau smoothie favorit Anda untuk meningkatkan manfaat kesehatannya.

Namun, sebelum menggunakan meniran hijau sebagai obat asam urat, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu.

Itulah perbedaan asam urat dan rematik serta manfaat meniran hijau untuk asam urat. Mari jaga pola makan untuk mencegah asam urat.

Selanjutnya: Porsi Pendapatan Masyarakat yang Digunakan untuk Bayar Cicilan Meningkat

Menarik Dibaca: Begini Cara Bikin Kamar Khusus Tamu di Rumah Terasa Seperti Kamar Hotel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×