kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Persiapan Hadapi UTBK-SNBT 2024, Ini Link Latihan Soal Tes UTBK-SNBT Gratis


Kamis, 29 Februari 2024 / 14:09 WIB
Persiapan Hadapi UTBK-SNBT 2024, Ini Link Latihan Soal Tes UTBK-SNBT Gratis
ILUSTRASI. Persiapan Hadapi UTBK-SNBT 2024, Ini Link Latihan Soal Tes UTBK-SNBT Gratis. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.

Penulis: Tiyas Septiana

Link Latihan Soal Tes UTBK-SNBT -  Pendaftaran jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 akan dibuka pertengahan bulan depan. Agar lebih siap, siswa bisa mulai latihan mengerjakan soal-soal jalur ini.

Selain mengikuti bimbingan belajar berbayar, siswa juga bisa memanfaatkan latihan UTBK yang diselenggarakan secara gratis.  

Panitia SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek menyediakan link serta simulasi tes UTBK-SNBT untuk siswa.

Bersumber dari situs Universitas Pendidikan Ganesha, Anda bisa mengakses link simulasi secara gratis melalui berbagai perangkat seperti smartphone, PC, atau laptop. 

Namun sebelum lanjut, mari ketahui dulu yuk betapa pentingnya simulasi tes UTBK-SNBT 2024 sebagai langkah strategis untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran UTBK-SNBT 2024, Biaya Pendaftaran, dan Persyaratan Jalur Ini

Link dan cara mengikuti simulasi UTBK-SNBT 2024

Materi tes jalur UTBK-SNBT 2024 akan terdiri dari dua komponen besar yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Soal yang tersedia terdiri dari Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Secara umum terdapat model soal yang ditampilkan dalam simulasi SNBT 2024, yaitu:

  • Soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban (A, B, C, D, E)
  • Soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban

Siswa yang ingin mengikuti simulasi UTBK-SNBT 2024, Anda bisa mengakses link https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id. Cara untuk mengikuti simulasi tes SNBT diantaranya: 

  • Buka https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id
  • Mengisi data diriyakni nama lengkap dan asal sekolah atau instansi terlebih dahulu
  • Pilih Sub Tes Tersedia beberapa sub tes yang perlu dikerjakan. Ada mata ujian Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan
  • Perhatikan Waktu Ujian Saat tes berlangsung, maka akan muncul waktu yang berjalan saat tes. Sehingga kamu benar-benar bisa merasakan UTBK sesungguhnya.

Pembahasan Hasil Tes Setelah simulasi selesai, maka akan muncul kunci jawaban beserta pembahasannya.

Jadi Anda bisa dapat mengevaluasi serta memberikan pembahasan dari soal yang dikerjakan. Selain itu Anda bisa mengetahui skor yang didapat seginga bisa mengira-ngira bagaimana peluang lolos di UTBK SNBT 2024.

Manfaat dan tips sukses mengikuti simulasi UTBK-SNBT

Simulasi tes UTBK-SNBT tentu memiliki manfaat untuk calon peserta jalur ini. Beberapa manfaat yang bisa didapat ketika mengikuti simulasi tes UTBK-SNBT 2024: 

  • Familiarisasi dengan format ujian: Simulasi tes membantu calon mahasiswa untuk menjadi akrab dengan format, jenis pertanyaan, dan tata cara pelaksanaan UTBK-SNBT. Hal ini dapat mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan efisiensi menjawab pertanyaan saat ujian sesungguhnya.
  • Mengukur kemampuan: Melalui simulasi, calon mahasiswa dapat mengukur sejauh mana kemampuan mereka dalam menjawab setiap bagian ujian. Hasil simulasi dapat menjadi indikator sejauh mana persiapan mereka dan area mana yang perlu lebih diperhatikan.
  • Meningkatkan waktu manajemen: UTBK-SNBT menuntut kemampuan manajemen waktu yang baik. Simulasi membantu calon mahasiswa untuk mengasah kemampuan ini sehingga mereka dapat menyelesaikan setiap bagian ujian dengan tepat waktu.
  • Identifikasi kelemahan dan kekuatan: Simulasi memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan mereka. Dengan mengetahui kelemahan, mereka dapat fokus pada pembenahan, sementara kekuatan dapat lebih diperkuat.

Baca Juga: Hari ini (28/2) Terakhir Simpan Permanen Akun SNPMB 2024, Cek Caranya

Agar sukses mengikuti simulasi tes SNBT 2024, berikut ini beberapa tips yang bisa siswa ikuti: 

1. Persiapkan materi dengan baik: Pastikan untuk memahami dengan baik materi yang akan diujikan. Pelajari catatan, buku referensi, dan materi pembelajaran lainnya untuk memastikan pemahaman yang mendalam.

2. Gunakan sumber belajar yang tepat: Manfaatkan sumber belajar yang khusus disiapkan untuk UTBK-SNBT. Banyak tersedia buku, aplikasi, dan platform daring yang menyediakan latihan soal dan pembahasan.

3. Jadwal simulasi rutin: Tentukan jadwal rutin untuk melakukan simulasi tes. Konsistensi dalam latihan akan membantu membangun kebiasaan belajar yang baik dan meningkatkan kemampuan secara bertahap.

4. Memahami petunjuk ujian: Simulasi harus dilakukan sesuai dengan kondisi ujian sebenarnya. Baca dan pahami petunjuk ujian, termasuk aturan dan tata cara pelaksanaannya.

5. Evaluasi hasil dengan kritis: Setelah melakukan simulasi, evaluasi hasil dengan kritis. Identifikasi jawaban yang salah dan pahami kesalahan tersebut. Perbaiki konsep yang belum dipahami dengan baik.

6. Jaga kesehatan mental dan fisik: Jangan lupakan pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik. Istirahat yang cukup, makan sehat, dan manajemen stres akan mendukung performa optimal saat ujian sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×