kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.510.000   -4.000   -0,26%
  • USD/IDR 15.565   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.789   16,39   0,21%
  • KOMPAS100 1.206   -1,84   -0,15%
  • LQ45 954   -7,01   -0,73%
  • ISSI 236   1,17   0,50%
  • IDX30 492   -2,07   -0,42%
  • IDXHIDIV20 588   -4,32   -0,73%
  • IDX80 137   -0,37   -0,27%
  • IDXV30 143   0,88   0,62%
  • IDXQ30 163   -1,25   -0,76%
AKTUAL /

Perut Kenyang saat Buka Puasa? Ini Cara Mengatasi Rasa Begah dan Kekenyangan


Selasa, 12 Maret 2024 / 18:30 WIB
Perut Kenyang saat Buka Puasa? Ini Cara Mengatasi Rasa Begah dan Kekenyangan
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Rasa Begah dan Kekenyangan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi perut kenyang saat buka puasa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Hal ini terkait jenis makanan yang dikonsumsi maupun kondisi tubuh secara umum.

Sensasi perut kenyang saat berbuka puasa mungkin disebabkan oleh makanan yang diambil pada saat berbuka puasa. Beberapa jenis makanan bisa memicu perut terasa terlalu penuh maupun mengunyah makanan yang terlalu cepat.

Selain itu, makanan yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa cenderung memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, sambil kurangnya serat, yang dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan perasaan kekenyangan yang berlebihan.

Pola makan yang tidak teratur dan kebiasaan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dalam waktu singkat juga dapat memicu perasaan kenyang saat berbuka puasa.

Untuk mengatasi perut kenyang saat berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan frekuensi sering, serta memilih makanan yang seimbang dan kaya serat.

Baca Juga: Jus Buah untuk Menurunkan Berat Badan dan Membakar Lemak Tubuh

Mengatasi perut kenyang saat buka puasa

Buka Puasa

Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan perut terasa kenyang secara berlebihan. Hindari juga makanan berlemak dan manis dalam jumlah besar untuk mencegah sensasi kekenyangan yang berlebihan selama berbuka puasa. 

Ikuti panduan untuk mengatasi perut kenyang atau kekenyangan saat buka puasa dilansir dari Everyday Health.

1. Makan secukupnya

Agar tidak merasa kenyang berlebihan saat berbuka puasa, disarankan untuk mengurangi porsi makan dan mengunyah makanan dengan seksama sebelum menelannya.

2. Jaga asupan air

Penting untuk menjaga kecukupan minum air putih guna memperfacil pencernaan dan mengurangi risiko perut kembung. Konsumsi air putih hangat dapat memberikan respons tubuh yang lebih cepat sesuai dengan suhu tubuh.

3. Aktivitas kecil

Setelah berbuka puasa, melakukan aktivitas berjalan kaki dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan perut kembung. Disarankan untuk tidak berbaring setelah makan dan melakukan gerakan ringan beberapa menit sebelum melanjutkan ibadah.

4. Hindari soda dan minuman manis

Untuk menghindari perut terasa kembung, disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi dan memilih minuman seperti air putih atau teh tawar hangat, yang dapat memudahkan pencernaan.

5. Konsumsi serat

Makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mengatasi perut kembung dan mempercepat proses pencernaan. Pilihan makanan yang mudah dicerna, seperti pudding, juga bisa menjadi alternatif.

6. Hindari makanan Berlemak

Anda bisa menghindari konsumsi makanan berlemak dapat membantu mencegah perasaan kenyang yang berlebihan dan menjaga proses pencernaan tetap optimal. Disarankan untuk makan dalam porsi kecil dan menghindari makan berlebihan sebelum tidur.

7. Kunyah secara Perlahan

Untuk mengatasi perut kenyang, disarankan untuk menghindari kebiasaan mengunyah terlalu sedikit, karena menelan udara berlebih dapat menyebabkan kembung dan gas.

Saat mengunyah makanan dengan baik dapat membantu menghindari masalah ini, mengingat udara ekstra dapat masuk ke tubuh saat makan atau minum terlalu cepat.

Itulah sederet penjelasan untuk mengatasi rasa kekenyangan saat buka puasa dengan baik agar ibadah lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

×