kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Pria Wajib Tahu, Ini 6 Makanan yang Mendukung Kesehatan Prostat


Sabtu, 20 April 2024 / 14:15 WIB
Pria Wajib Tahu, Ini 6 Makanan yang Mendukung Kesehatan Prostat
ILUSTRASI. Ikan untuk kesehatan prostat. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/16/07/2018

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan prostat dan cegah penyakit terkait. Kesehatan prostat berhubungan erat dengan kesejahteraan pria.

Prostat adalah kelenjar khusus yang hanya ada pada pria dan terletak di bawah kandung kemih. Fungsinya meliputi produksi sebagian cairan semen yang bertugas melindungi dan membawa sperma.

Kesehatan prostat memiliki peranan yang signifikan, dan berbagai gangguan prostat, seperti pembesaran prostat (hiperplasia prostat) atau kanker prostat, bisa berdampak pada kesejahteraan pria.

Makanan yang baik untuk prostat adalah makanan yang mendukung kesehatan prostat dan membantu mengurangi risiko gangguan prostat.

Baca Juga: Tinggi Serat dan Sehat! 6 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Makanan untuk kesehatan prostat

Kesehatan prostat

Terdapat makanan yang dianjurkan untuk mendukung kesehatan prostat yang perlu Anda konsumsi.

Tak hanya makanan, menjaga kesehatan termasuk berat badan dengan gaya hidup yang seimbang menjadi langkah penting lainnya untuk kesehatan prostat.

Anda juga perlu mindari makanan tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, dan gula tambahan, karena mereka dapat berdampak negatif pada kesehatan prostat dan kesehatan umum.

Berikut ini daftar makanan yang menyehatkan prostat dilansir melalui laman Healthline.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Baik untuk Darah Hingga Pencernaan

1. Jus buah delima

Minuman yang terkenal sebagai buah super adalah jus buah delima karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan membantu mencegah penyakit kronis yang terkait dengan stres oksidatif.

NCI menyatakan bahwa jus delima dan beberapa komponen bioaktifnya dapat membantu menghambat proliferasi sel kanker prostat. Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menemukan bahwa jus dan ekstrak buah delima menghambat produksi beberapa sel kanker prostat.

2. Brokoli

Sayuran seperti brokoli, bersama dengan sayuran cruciferous lainnya seperti kubis, kale, dan kembang kol, mengandung senyawa seperti sulforaphane yang telah terkait dengan perlindungan prostat.

Beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara jumlah sayuran yang Anda konsumsi (termasuk brokoli) dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Para peneliti mengusulkan bahwa beberapa fitokimia dalam sayuran ini, termasuk sulforaphane, yang terkonsentrasi dalam kecambah brokoli, membunuh sel-sel kanker sambil menjaga sel-sel prostat normal tetap sehat dan tidak terpengaruh.

3. Tomat

Satu-satunya makanan yang baik untuk kesehatan prostat adalah tomat. Tomat mengandung likopen, antioksidan yang dikenal dapat melindungi prostat.

Proses memasak tomat, seperti dalam saus tomat, dapat meningkatkan kandungan likopen yang tersedia.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin, senyawa yang telah dikaitkan dengan perlindungan prostat. Teh hijau telah digunakan karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

Peneliti telah melakukan banyak penelitian tentang pengaruhnya terhadap kanker. Bukti menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam teh hijau dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan mempengaruhi pertumbuhan tumor, kematian sel, dan sinyal hormon.

Senyawa seperti turunan xanthine dan epigallocatechin gallate (EGCG) dapat menjelaskan manfaat teh hijau bagi kesehatan.

5. Ikan laut

Lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6 adalah asam lemak esensial yang hanya ditemukan dalam makanan.

Pola makan tradisional Barat memiliki banyak asam lemak omega-6 tetapi sedikit omega-3. Memiliki keseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 dikaitkan dengan hasil kesehatan yang lebih baik.

Penelitian telah melaporkan bahwa konsumsi lemak omega-3 yang lebih tinggi mungkin terkait dengan risiko lebih rendah terkena kanker prostat tingkat tinggi dan kematian akibat kanker prostat, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia.

6. Makanan Berserat

Serat makanan, terutama yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, yang dapat berdampak positif pada prostat.

Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki riwayat keluarga atau risiko tertentu terkait prostat, seperti riwayat kanker prostat dalam keluarga.

Itulah sederet informasi yang berkaitan dengan makanan untuk kesehatan prostat untuk dikonsumsi secara rutin.

Selanjutnya: Harga Emas Dunia Telah Naik 16%, Emas Antam Hari Ini Rekor Lagi

Menarik Dibaca: Harga Emas Dunia Telah Naik 16%, Emas Antam Hari Ini Rekor Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×