kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Punya Banyak Khasiat, Ini Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan


Jumat, 08 Maret 2024 / 17:36 WIB
Punya Banyak Khasiat, Ini Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Daun singkong.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Singkong  - Daun singkong memiliki banyak nutrisi yang bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, manfaat daun singkong juga telah teruji khasiatnya.

Daun singkong (Manihot esculenta) adalah bagian dari tanaman singkong yang sering diabaikan, tetapi sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. 

Melansir dari daun singkong merupakan sumber energi penting dan mengandung nutrisi, seperti protein, kalsium, dan serat.

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan? Jangan Lewatkan!

Berikut beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan di antaranya:

Sumber Nutrisi yang Kaya

Daun singkong mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan sejumlah vitamin B. Selain itu, daun singkong juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan potasium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

Menyediakan Antioksidan

Daun singkong mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Coba 8 Hal Ini

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun singkong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Vitamin C juga membantu dalam penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan tubuh.

Menyokong Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun singkong berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga penglihatan normal, mencegah masalah mata, dan mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak.

Mendukung Kesehatan Tulang

Kalsium dan magnesium dalam daun singkong berkontribusi pada kesehatan tulang dan gigi. Keduanya penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Baca Juga: 6 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehata Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Menyediakan Serat

Daun singkong mengandung serat diet, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga berat badan yang sehat, dan mengatur kadar gula darah.

Potensi Anti-inflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong memiliki sifat anti-inflamasi. Ini berarti bahwa daun singkong dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat bermanfaat dalam pengobatan penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti arthritis.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium dalam daun singkong dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan? Ada 10 Hal Unik

Potensi Anti-kanker

Meskipun penelitian masih terbatas, beberapa penelitian praklinis menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong dapat memiliki sifat anti-kanker. Senyawa aktif dalam daun singkong diselidiki karena potensi mereka dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mendukung Kesehatan Pencernaan

Daun singkong juga dikenal sebagai makanan prebiotik alami. Ini berarti bahwa mereka dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang berperan dalam kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh.

Meskipun daun singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, perlu diingat bahwa seperti makanan lainnya, konsumsi dalam jumlah yang wajar adalah kunci. 

Jika Anda ingin mencoba memasukkan daun singkong dalam diet Anda, pastikan untuk memasaknya dengan benar, karena daun singkong mentah mengandung senyawa sianida yang dapat beracun. Dengan mengonsumsi daun singkong dengan bijak, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×