kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ramadhan 2024, Ini 4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa Agar Siap Lahir Batin


Selasa, 05 Maret 2024 / 13:11 WIB
Ramadhan 2024, Ini 4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa Agar Siap Lahir Batin
ILUSTRASI. Ramadhan 2024, Ini 4 Tips Persiapan Menyambut Bulan Puasa Agar Siap Lahir Batin.

Penulis: Tiyas Septiana

Tips Sambut Ramadhan-  Sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Umat Islam di dunia, khususnya di Indonesia, sangat menantikan datangnya bulan penuh berkah dan ampunan ini. 

Bulan suci Ramadhan jadi momen istimewa untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Persiapan matang pun menjadi kunci untuk memaksimalkan ibadah di bulan suci ini.

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surabaya, M. Febriyanto Firman Wijaya, membagikan beberapa anjuran dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. 

Baca Juga: Minum Kopi Susu di Pagi Hari Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

“Setidaknya ada 4 persiapan yang harus dilakukan yaitu: persiapan diri, persiapan ilmu dan pengetahuan, persiapan amal sekaligus  materi dan pesiapan sosial,”ujar Ryan, dikutip dari situs UM Surabaya

Berikut beberapa anjuran persiapan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan tahun 2024

Persiapan diri menyambut bulan Ramadhan

1. Memperkuat iman dan tekad dengan memupuk niat tulus untuk berpuasa dan meningkatkan ibadah. Mengingat kembali keutamaan dan pahala di bulan Ramadhan agar semakin termotivasi.

2. Memperbanyak doa dan memohon kepada Allah SWT untuk diberikan kesempatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa.

3. Menyempurnakan ibadah dengan menunaikan shalat lima waktu berjamaah, memperbanyak membaca Al-Qur'an, dan melakukan amalan sunah lainnya.

4. Menyiapkan mental dan fisik yaitu dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup agar tubuh siap menjalani puasa.

Persiapan ilmu dan pengetahuan menyambut bulan Ramadhan

1. Memahami riqih ramadhan dengan mempelajari tata cara puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, dan berbagai hukum terkait Ramadhan.

2. Mengikuti kajian dan pengajian untuk memperdalam ilmu agama dengan mengikuti kajian Ramadhan, baik secara online maupun offline.

3. Memilih Imam dan Kultum Ramadhan di masjid atau mushola terdekat.

Persiapan amal dan materi menyambut bulan Ramadhan

1. Menyiapkan perlengkapan ibadah dengan memastikan ketersediaan Al-Qur'an, mukena, sajadah, dan perlengkapan shalat lainnya.

2. Menyiapkan makanan dan minuman yakni memilih bahan makanan yang sehat dan bergizi untuk sahur dan buka puasa.

3. Menyiapkan zakat dan sedekah dengan cara menghitung dan menyiapkan zakat fitrah dan sedekah untuk dibagikan kepada kaum duafa.

Baca Juga: Berapa Lama Tidur Siang yang Baik? Ini Rekomendasi dan 5 Manfaat untuk Kesehatan

Persiapan sosial menyambut bulan Ramadhan

1. Menjalin silaturahmi serta memperbaiki hubungan dengan keluarga, tetangga, dan sahabat.

2. Memaafkan orang lain serta melepaskan rasa dendam dan membuka hati untuk memaafkan orang lain.

3. Menyibukkan diri dengan kegiatan positif dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca buku agama, menghafal Al-Qur'an, atau mengikuti kegiatan sosial.

Menyambut bulan Ramadhan dengan persiapan matang akan membantu Anda memaksimalkan ibadah dan meraih pahala sebanyak-banyaknya. 

"Mari kita sambut bulan suci ini dengan penuh sukacita dan semangat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,”pungkas Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×