kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Rambut Gatal? Ini 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Ampuh


Rabu, 22 November 2023 / 15:49 WIB
Rambut Gatal? Ini 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Ampuh
ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Ampuh

Penulis: Virdita Ratriani

Cara Menghilangkan Kutu Rambut - Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat bisa menggunakan sisir serit dan garam. Kutu rambut adalah parasit yang menghisap darah manusia untuk bertahan hidup. 

Kutu rambut bisa menjangkiti siapa saja termasuk anak-anak. Kutu rambut juga bisa menyebabkan gatal di kepala sehingga bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. 

Tidak jarang kutu rambut juga menyebabkan rendah diri karena rasa gatal tidak tertahankan terkadang membuat kita menggaruk kepala di depan umum. 

Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat? 

Baca Juga: 6 Cara Mengusir Kutu Rambut dengan Bahan Alami dari Rumah

Gejala kutu rambut 

Kutu rambut dapat menyebabkan kepala terasa gatal. Gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Gatal: Rasa gatal timbul karena liur dan kotoran kutu yang masuk ke dalam kulit saat menghisap darah. 
  • Ada bintik putih pada batang rambut: Salah satu gejala kutu rambut adalah terdapat bintik putih pada batang rambut. Bintik putih ini adalah telur kutu. 
  • Ada sesuatu yang bergerak di rambutmu

Satu-satunya cara untuk memastikan seseorang terkena kutu rambut adalah dengan menemukan kutu hidup di kepala atau rambut kita. 

Baca Juga: 9 Khasiat Cuka Apel yang Jarang Diketahui, dari Turunkan Gula Darah Hingga Ketombe

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat 

Dirangkum dari laman MayoClinic dan National Health Service, berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat: 

1. Menyisir rambut menggunakan sisir serit

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat yakni dengan menyisirnya menggunakan sisir serit. Sisir serit adalah sisir bergigi rapat yang bisa membuat kutu bahkan telurnya jatuh saat disisir. 

Sehingga, sisir serit menjadi salah satu cara menghilangkan telur kutu rambut. Caranya, gunakan sampo biasa untuk keramas. Lalu, oleskan kondisioner. 

Sisir seluruh rambut dari akar hingga ujung rambut. Biasanya diperlukan waktu sekitar 10 menit untuk menyisir rambut pendek, dan 20 hingga 30 menit untuk rambut panjang, keriting, atau keriting.

Lakukan penyisiran pada hari ke-1, 5, 9 dan 13 untuk menjatuhkan kutu rambut yang baru menetas. Sisir kembali pada hari ke-17 untuk memastikan apakah rambut Anda sudah bebas dari kutu dan telur kutu rambut. 

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Kutu Air atau Tungiasis pada Kulit, Cek Gejalanya

2. Garam 

Cara menghilangkan kutu rambut dengan garam bisa dilakukan dengan mudah. Caranya dengan mencampur cuka dan garam lalu dikocok dalam botol plastik agar tercampur merata. 

Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke kulit kepala dan tunggu selama 5 hingga 7 menit. Lalu, sisir menggunakan sisir serit dan cuci rambut sampai bersih. 

Garam dapat membuat kutu rambut mengalami dehidrasi. Sementara cuka bisa menghilangkan efek perekat yang berasal dari kutu rambut betina. 

3. Minyak esensial

Cara menghilangkan kutu rambut juga bisa menggunakan minyak esensial. Beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut adalah tea trea oil maupun minyak atsiri. 

Caranya dengan mencampurkan beberapa jenis minyak esensial dengan air hangat. Lalu, gunakan botol semprot untuk menyemprotkannya di kepala. 

Kemudian, diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Apa itu Kutu Air? Simak 5 Obat Kutu Air Alami yang Ampuh Ini

4. Minyak zaitun 

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya, oleskan minyak zaitun ke kepala lalu tutup dengan handuk dan dibiarkan semalaman.

Lalu, bilas dan cuci bersih rambut keesokan harinya. Hal ini membuat kutu rambut tidak bisa bernapas hingga akhirnya mati.  

5. Obat kutu 

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat secara efektif adalah menggunakan obat kutu. Obat kutu dapat secara efektif menghilangkan kutu rambut dan dapat dibeli secara bebas di apotik. 

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Selain beberapa cara menghilangkan kutu rambut seperti dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya: 

  • Cuci barang-barang di rumah dengan air panas: Cuci seprai, boneka, dan pakaian dengan air sabun dan air panas setidaknya dengan suhu 54,4 derajat Celsius. 
  • Bersihkan aksesoris rambut: Bersihkan sisir, sikat, dan aksesori rambut dengan merendamnya dalam air sabun dan air panas selama 5 hingga 10 menit.

Demikian sejumlah cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat yang dapat dicoba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×