kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Rekomendasi PMB 2024, Ini 7 Jurusan Paling Dibutuhkan di Masa Depan


Jumat, 02 Februari 2024 / 16:44 WIB
Rekomendasi PMB 2024, Ini 7 Jurusan Paling Dibutuhkan di Masa Depan
ILUSTRASI. Rekomendasi PMB 2024, Ini 7 Jurusan Paling Dibutuhkan di Masa Depan.

Penulis: Tiyas Septiana

Rekomendasi PMB 2024, -  Memilih jurusan kuliah perlu dipertimbangkan dengan baik dan hati-hati. Sebab, memilih jurusan yang tepat dapat mempengaruhi peluang kerja atau prospek kerja di masa depan. 

Sayangnya, beberapa siswa memilih jurusan dengan tanpa pertimbangan tersebut. Cukup banyak dari mereka yang memilih jurusan karena ingin bersama dengan teman, dipilihkan orang tua, hingga niatan asal diterima di kampus favorit. 

Meskipun setiap jurusan memiliki keunggulan masing-masing, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan dengan prospek kerja yang baik di masa depan. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Daya Tampung D3 dan D4 Unair 2024 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

Selain melihat dari sisi peluang kerja, memilih jurusan kuliah juga perlu disesuaikan dengan minat dan bakat siswa agar kelak bisa lebih nyaman saat menjalani perkuliahan serta hasil yang diraih maksimal. 

Merangkum situs Telkom University atau Tel-U, berikut ini daftar jurusan paling dibutuhkan di masa depan serta prospek kerjanya yang bisa jadi bahan pertimbangan memilih jurusan di penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2024.

Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan pertama yang banyak dibutuhkan di masa depan adalah jurusan Perhotelan dan Pariwisata. Jurusan ini memiliki peluang karir yang sangat menarik dalam industri pariwisata yang terus berkembang. 

Dengan kurikulum yang berfokus pada manajemen perhotelan, pelayanan tamu, dan strategi pariwisata, lulusan jurusan ini dapat mengejar karir sebagai manajer hotel, planner acara, atau bahkan menjadi entrepreneur di industri pariwisata.

Jurusan Informatika dan Data Sains

Informatika dan Data Sains adalah salah satu bidang yang paling diminati di era digital ini. Lulusan dari jurusan ini memiliki keahlian dalam pengembangan perangkat lunak, analisis data, dan keamanan informasi. 

Banyak lulusan Informatika dan Data Sains yang bekerja sebagai pengembang perangkat lunak, ilmuwan data, atau arsitek keamanan siber. 

Jurusan Komunikasi dan Digital Marketing

Siring dengan berkembangnya dunia digital, berbagai hal yang berhubungan dengan dunia digital juga semakin dibutuhkan. Tidak heran jika jurusan Komunikasi dan Digital Marketing menjadi semakin penting. 

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini pada Fakultas Komunikasi dan Bisnis akan mempelajari keterampilan komunikasi, pemasaran digital, dan strategi kampanye. 

Proses pembelajaran ini mempersiapkan mereka untuk bekerja sebagai ahli di bidang pemasaran digital, manajer merek, atau ahli komunikasi korporat. 

Baca Juga: Catat Daya Tampung S1 Unair 2024 Jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri

Jurusan Desain dan UI/UX

Desain dan User Interface/User Experience (UI/UX) memiliki peran sentral dalam pengembangan produk digital dan fisik. 

Dengan mengambil jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan kurikulum yang menggabungkan kreativitas dengan fungsionalitas, mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja sebagai desainer grafis, desainer produk, atau spesialis UI/UX. 

Jurusan Manajemen Bisnis dan Akuntansi

Jurusan manajemen bisnis dan akuntansi akan selalu dibutuhkan di dunia kerja baik dulu hingga di masa depan. 

Tidak terbatas di dunia perbankan atau keuangan, banyak bidang industri yang membutuhkan kemampuan lulusan dari jurusan ini. 

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang manajemen bisnis, keuangan, dan akuntansi. 

Lulusan jurusan Manajemen Bisnis dan Akuntansi dapat berkarir sebagai manajer keuangan, akuntan, atau konsultan bisnis. 

Jurusan Telekomunikasi

Mahasiswa jurusan Telekomunikasi akan dibekali berbagai pengetahuan tentang teknologi komunikasi modern. 

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai insinyur telekomunikasi, arsitek jaringan, atau ahli infrastruktur telekomunikasi. 

Jurusan Industri dan Logistik

Meningkatnya industri perdagangan, baik di dalam dan di luar negeri, membuat banyak perusahaan membutuhkan lulusan dari jurusan Industri dan Logistik. 

Dengan terus berkembangnya dunia industri serta peningkatan kompleksitas rantai pasok global, lulusan Jurusan Industri dan Logistik memiliki peran penting dalam mengelola proses produksi dan distribusi. 

Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer rantai pasok, analis logistik, atau konsultan manajemen operasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×