kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Rusia dan China di Ambang Kerja Sama Militer, AS Bisa Kewalahan


Selasa, 26 Desember 2023 / 07:01 WIB
Rusia dan China di Ambang Kerja Sama Militer, AS Bisa Kewalahan
ILUSTRASI. Rusia serta China tampak semakin agresif dalam ambisi mereka untuk menggulingkan AS sebagai kekuatan terbesar di dunia. Sputnik/Pavel Byrkin/Kremlin via REUTERS

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Selama beberapa dekade, kekuatan militer AS di dunia tidak tertandingi.

Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Amerika Serikat adalah satu-satunya negara adidaya militer di dunia, yang pasukannya dikerahkan ke seluruh dunia untuk membela sekutu dan mencegah agresi.

Namun menjelang berakhirnya tahun 2023, konflik berkobar di seluruh dunia. Rusia serta China tampak  semakin agresif dalam ambisi mereka untuk menggulingkan AS sebagai kekuatan terbesar di dunia.

Melansir Business Insider, para pemimpin kedua negara tersebut, Xi Jinping dan Vladimir Putin, berupaya memanfaatkan ketidakstabilan global untuk menekan AS dan sekutu-sekutunya.

Bahkan para analis menilai, Rusia dan China semakin dekat untuk membentuk aliansi militer yang merupakan ancaman terbesar yang pernah dihadapi AS di masa depan. 

“Jelas bahwa kedua negara memandang diri mereka sebagai mitra militer, dan kemitraan ini tumbuh lebih dalam dan lebih berpengalaman, meskipun ini bukan aliansi formal dalam pengertian Barat,” jelas Jonathan Ward, CEO Atlas Group, kepada Business Insider.

Dalam konflik-konflik di seluruh dunia, persaingan antara AS dan kemitraan Rusia-China tengah terjadi.

China diketahui telah memberi Rusia dukungan ekonomi dan diplomatik yang penting dalam invasi ke Ukraina. Sementara AS telah memberikan bantuan miliaran dolar ke Kyiv.

Di Timur Tengah, Rusia dan China telah bersekutu dengan Iran dan mengkritik serangan Israel di Gaza untuk menghancurkan kelompok teror Hamas yang didukung Teheran. Sementara itu, AS telah memberikan bantuan militer dan dukungan diplomatik kepada Israel.

Baca Juga: 3 Pemimpin Dunia Ini Ingin Kaum Perempuan Punya Lebih Banyak Bayi, Mengapa?

China, menurut para ahli, kemungkinan besar sedang mengamati dengan cermat hasil perang Ukraina untuk mencari tanda-tanda bagaimana dunia akan bereaksi jika negara itu bertindak berdasarkan rencana untuk menguasai Taiwan.

Dan seiring dengan semakin dekatnya hubungan mereka, China dan Rusia semakin mengoordinasikan sumber daya militer mereka.

“Kemitraan koordinasi strategis komprehensif Rusia-China untuk era baru selalu berkaitan dengan kekuatan militer,” kata Ward.

Selama dua tahun terakhir, Rusia dan China telah meluncurkan latihan angkatan laut bersama di Laut Jepang. 

Pada bulan November 2023 lalu, Putin mengatakan, Rusia telah memberikan teknologi kapal selam kepada China yang dapat memberikan keunggulan dalam perang terhadap sekutu AS di Pasifik, dan para pemimpin telah berjanji untuk bekerja sama dalam hal pengembangan senjata berteknologi tinggi.

Rusia juga telah menjual jet Su-25, helikopter MI-17, dan sistem pertahanan udara S-400 ke China.

Menurut Chels Michta dalam artikel terbaru di Pusat Analisis Kebijakan Eropa, meskipun para pemimpin belum menandatangani aliansi militer formal, tindakan tersebut harus menjadi perhatian besar bagi AS dan sekutunya. 

Baca Juga: China Cari Solusi Konkret untuk Solusi Dua Negara untuk Selesaikan Konflik Gaza

“Aliansi China-Rusia dalam skala penuh akan menghadirkan ancaman yang belum pernah dihadapi Amerika Serikat sejak akhir Perang Dingin,” tulis Michta.

Militer AS didesak untuk mengatasi ancaman baru

Selama Perang Dingin, Pentagon berencana untuk mampu berperang dalam satu perang besar dan dua perang kecil secara bersamaan. Namun dalam menghadapi perubahan ancaman, mereka mengubah strateginya agar mampu berperang dalam satu perang besar dan mencegah serangan lainnya.

Komisi Kongres untuk Postur Strategis Amerika Serikat pada bulan Oktober mengatakan bahwa Amerika kini menghadapi ancaman yang secara fundamental berbeda dengan apa pun yang dialami di masa lalu, bahkan di hari-hari paling kelam dalam Perang Dingin karena kebangkitan Tiongkok dan Rusia. 

Ia mendesak Pentagon untuk merevisi rencananya agar siap menghadapi kemungkinan perang dengan China dan Rusia secara bersamaan.

“Poros Rusia-China merupakan ancaman yang sangat besar bagi Amerika Serikat mengingat kita harus menangani keamanan di Eropa dan Asia, serta di Timur Tengah, dengan risiko menjadi semakin tipis sementara Beijing dan Moskow berkoordinasi untuk mencapai tujuan dan ambisi regional masing-masing,” kata Ward.

Meski demikian, sejumlah ahli memandang skeptis terhadap stabilitas aliansi Rusia-China. Hal ini  merujuk pada ketegangan yang sudah berlangsung lama antara kedua negara, dan keinginan China untuk mempertahankan hubungan kuat dengan pasar Barat yang menguntungkan.

Baca Juga: 2 Menteri China Ini Dipecat dari Posisi Anggota Dewan Negara

Namun kemungkinan perjanjian militer antara para pemimpin adalah sesuatu yang menurut para ahli harus dipersiapkan oleh AS.

Menurut Ward, aliansi global Amerika sangat penting karena kemampuannya mengimbangi ancaman yang ditimbulkan oleh negara adidaya yang bersaing. Khususnya di Eropa, mereka harus segera meningkatkan dan meningkatkan kapasitas militer mereka.

“Amerika Serikat masih dapat menangani kedua ancaman tersebut, namun hal ini memerlukan peningkatan besar dalam pembagian beban, terutama di antara sekutu Eropa yang kini telah melihat konsekuensi sebenarnya dari ‘koordinasi’ geopolitik Rusia-China sejak invasi ke Ukraina,” kata Ward.

Persahabatan semakin erat

Sebelumnya diberitakan, mengutip Reuters, baik Putin maupun Xi menunjukkan persahabatan yang semakin erat.  

Asal tahu saja, Putin pernah mengantarkan es krim Rusia – “Eskimo” dan “Plombir” karya Chistaya Liniya – kepada Xi pada hari ulang tahunnya. Sementara Xi adalah satu-satunya pemimpin dunia yang merayakan ulang tahun Putin bersamanya.

Selama kunjungannya ke Rusia pada tahun 2019 ketika kedua pemimpin menandatangani paket kesepakatan perdagangan dan mengagumi panda di kebun binatang Moskow, Xi mengatakan kepada media Rusia: 

Baca Juga: Xi Jinping Beri Sinyal Kuat Bakal Kirim Panda-Panda Baru ke Amerika

"Presiden Putin adalah rekan asing yang paling sering berinteraksi dengan saya. Dia adalah sahabat saya, dan saya sangat menghargai persahabatan kami."

Xi juga menganugerahi Putin medali persahabatan pada tahun 2018, dengan mengatakan bahwa "Putin adalah sahabat dekat saya".

Putin mengatakan pada bulan Maret bahwa dia telah mengundang Xi ke apartemen pribadinya di Kremlin. Dia bilang mereka ngobrol di depan api unggun sambil minum teh.

Selanjutnya: ​20 Quotes Tahun Baru Penuh Motivasi dan Semangat dalam Bahasa Inggris, Yuk Ramaikan!

Menarik Dibaca: Promo McD Akhir Tahun 2023, Gratis Upsize Paket Hemat hingga Merchandise Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×