kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.357.000 -1,02%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Salah Satunya Eksim, Ini 6 Pemicu Telapak Tangan Gatal dan Kemerahan


Minggu, 16 Juni 2024 / 06:25 WIB
Salah Satunya Eksim, Ini 6 Pemicu Telapak Tangan Gatal dan Kemerahan
ILUSTRASI. Pemicu Telapak Tangan Gatal dan Kemerahan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami penyebab dari sensasi gatal dan kemerahan yang muncul pada telapak tangan. Kondisi kulit yang tidak dalam keadaan normal di area tersebut mungkin menandakan adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Telapak tangan dan kaki memiliki lapisan epidermis dan dermis yang berbeda dari bagian kulit lainnya di tubuh.

Sehingga kondisi kulit pada telapak bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan secara keseluruhan, terkadang dengan menunjukkan gejala gatal.

Sensasi gatal pada telapak tangan dapat berasal dari berbagai faktor, dan seringkali, hal ini dapat mengisyaratkan masalah yang serius.

Meskipun demikian, beberapa kondisi dapat menjadi pemicu dari gatal pada telapak tangan dan memerlukan perhatian medis.

Baca Juga: Manfaat Serai Untuk Mengontrol Darah Tinggi, Cek 7 Khasiat Ini

Penyebab telapak tangan gatal

Ilustrasi kulit gatal

Apabila Anda mengalami gatal yang berlangsung dalam waktu yang lama, sangat parah, atau disertai dengan gejala lain seperti kemerahan, pembengkakan disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi.

Dokter akan melakukan evaluasi lebih lanjut, termasuk mungkin melakukan tes kulit jika diperlukan, dan meresepkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.

Bahkan, sensasi gatal pada telapak tangan bisa menjadi tanda dari penyakit serius seperti penyakit autoimun atau diabetes.

Penting untuk tidak mengabaikan gejala tersebut dan segera mencari bantuan medis yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Biar Sembuh dari Serangan Asam Urat, Kompres dengan Air Es

Beberapa kemungkinan penyebab gatal di telapak tangan dilansir dari Dermeleve.

1. Kulit sensitif

Sensitivitas kulit terhadap bahan-bahan tertentu seperti deterjen, sabun, atau produk perawatan kulit bisa memicu rasa gatal yang muncul di telapak tangan.

2. Kulit kering

Kekurangan kelembapan pada kulit dapat menjadi pemicu terjadinya sensasi gatal, terutama saat terjadi perubahan cuaca yang membuat kulit rentan kering, atau ketika terpapar dengan deterjen yang mengandung bahan keras.

Jika kulit terpapar dengan zat kimia, seperti bahan pembersih atau zat beracun, hal ini dapat menimbulkan reaksi gatal sebagai respons dari tubuh terhadap paparan tersebut.

3. Dermatitis

Kondisi kulit seperti dermatitis yang disebabkan oleh kontak langsung dengan iritan maupun sebagai kondisi kronis, bisa menyebabkan peradangan pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, dan munculnya ruam, terkadang terjadi juga di telapak tangan.

Infeksi pada kulit seperti jamur, bakteri, atau virus bisa menjadi pemicu utama munculnya rasa gatal di telapak tangan, dan jika tidak ditangani dengan baik, infeksi tersebut dapat memburuk atau bahkan menyebar.

4. Eksim

Penyakit ini merupakan kelanjutan dari dermatitis, adalah kondisi kronis pada kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan yang terkadang terjadi di telapak tangan.

5. Psoriasis

Penyakit ini terkait kondisi autoimun yang menyebabkan penumpukan sel kulit yang cepat, terkadang dapat mempengaruhi telapak tangan dan menyebabkan sensasi gatal yang intens dan tidak nyaman.

6. Kadar gula darah

Tingginya kadar gula darah akibat diabetes bisa mengganggu fungsi saraf dan sirkulasi darah, yang kemudian menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan gatal, baik di telapak tangan maupun di bagian tubuh lainnya.

Penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi kulit. Ini termasuk infeksi jamur atau bakteri. Ini juga dapat menyebabkan rasa gatal di tangan.

Kondisi neuropati diabetik juga menjadi salah satu kelainan saraf akibat tingginya kadar gula darah yang dapat menyebabkan rasa gatal.

Untuk itu, pastikan Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kulit terkait gejala yang timbul selain gatal dan kemerahan.

Itulah penjelasan informasi terkait penyebab gatal pada telapak tangan yang bisa menjadi tanda awal penyakit terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×