kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,97   7,66   0.84%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Serangan di Laut Merah Bisa Bikin Harga Minyak Meroket


Rabu, 20 Desember 2023 / 06:57 WIB
Serangan di Laut Merah Bisa Bikin Harga Minyak Meroket
ILUSTRASI. Para analis memperingatkan, serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah berisiko menaikkan harga minyak dan barang lainnya. Houthi Military Media/Handout via REUTERS

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Para analis memperingatkan, serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah berisiko menaikkan harga minyak dan barang lainnya.

Melansir BBC, sejumlah perusahaan telah menghentikan pengiriman melalui rute Laut Merah setelah kapal mereka diserang oleh pemberontak Houthi di Yaman.

Perusahaan pelayaran terbesar kedua di dunia, Maersk, mengatakan pada hari Selasa (19/12/2023) bahwa mereka akan mengubah rute beberapa kapalnya di sekitar Tanjung Harapan di Afrika.

Gangguan tersebut menyebabkan AS melancarkan operasi angkatan laut internasional untuk melindungi kapal-kapal di jalur Laut Merah.

Negara-negara yang bergabung dalam aksi keamanan – bernama Operation Prosperity Guardian – termasuk Inggris, Kanada, Perancis, Bahrain, Norwegia dan Spanyol.

AS juga mengatakan akan menyambut baik peran konstruktif China dalam upaya mencegah serangan lebih lanjut.

Peringatan para analis tersebut muncul ketika pemberontak berjanji untuk melanjutkan serangan mereka di selat Bab al-Mandeb, jalur pelayaran penting antara Asia dan Eropa.

“Bahkan jika Amerika berhasil memobilisasi seluruh dunia, operasi militer kami tidak akan berhenti… tidak peduli seberapa besar pengorbanan yang harus kami lakukan,” kata pejabat senior Houthi Mohammed al-Bukhaiti di X, sebelumnya Twitter.

Baca Juga: Ini Deretan Perusahaan Pelayaran Dunia yang Pilih Hindari Laut Merah karena Houthi

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengadakan pertemuan virtual dengan para menteri dari lebih dari 40 negara pada hari Selasa.

AS meminta lebih banyak negara untuk berkontribusi dalam upaya keamanan.

“Serangan-serangan Houthi yang sembrono ini merupakan masalah internasional yang serius dan menuntut tanggapan tegas internasional,” katanya.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan kapal perusak Angkatan Laut Kerajaan HMS Diamond akan bergabung dengan gugus tugas baru, dengan situasi keamanan yang “memburuk”.

Laut Merah adalah salah satu rute terpenting di dunia untuk pengiriman minyak dan gas alam cair, serta barang-barang konsumsi. 

Laut ini dibatasi oleh Selat Bab al-Mandab - juga dikenal sebagai Gerbang Air Mata - di selatan dekat pantai Yaman dan Terusan Suez di utara.

Houthi telah menyatakan dukungan mereka kepada Hamas dalam perangnya dengan Israel. Kelompok pemberontak yang berbasis di Yaman mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal yang mereka yakini sedang menuju Israel.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Hampir 2%, Disokong Serangan Kapal Tanker di Laut Merah

Namun, beberapa perusahaan, seperti Investor Chemical Tankers, yang kapalnya Swan Atlantic diserang pada hari Senin, mengatakan bahwa kapalnya tidak memiliki hubungan dengan Israel.

Perusahaan pelayaran telah melaporkan kapal-kapal mereka diserang oleh drone dan rudal.

"Rudal balistik benar-benar paling tangguh. Ini pertama kalinya kami melihat kapal terkena senjata jenis ini," kata Sal Mercogliano, sejarawan angkatan laut di Universitas Campbell, kepada BBC.

Dia menambahkan, “Ini adalah jenis rudal yang sangat sulit untuk ditembak jatuh.”

Meskipun operasi internasional telah diluncurkan untuk memastikan perjalanan yang aman melalui Laut Merah, Maersk mengatakan belum jelas kapan mereka akan melanjutkan perjalanan di sepanjang rute tersebut, dan akan menilai segala sesuatunya berdasarkan kasus per kasus.

Dikatakannya, meskipun pihaknya senang mendengar upaya untuk meningkatkan keamanan di wilayah tersebut, saat ini masih sulit untuk menentukan kapan negara tersebut akan kembali ke jalur Laut Merah.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia di Jalur Kenaikan Mingguan Pertama dalam 2 Bulan Terakhir

Sementara itu, Hapag-Lloyd, sebuah perusahaan Jerman yang kapal Al Jasrahnya diserang Jumat lalu, mengatakan bahwa meskipun pihaknya menyambut baik gugus tugas baru tersebut, perusahaan tersebut memerlukan jaminan 100% bahwa Laut Merah aman bagi kapal untuk kembali.

Rute alternatif, di sekitar Tanjung Harapan, menambah jarak perjalanan sekitar 3.500 mil laut.

"Kami berangkat dari Mediterania timur ke Singapura. Biasanya dibutuhkan waktu 13 hari melalui Terusan [Suez] - tanpa menggunakan terusan itu akan memakan waktu 31 hari," jelas Kepala komunikasi korporat Hapag-Lloyd, Nils Haupt.

Harga minyak mendaki

Mengutip Bloomberg, harga minyak naik ke level tertinggi dalam lebih dari dua minggu terakhir akibat  meningkatnya serangan kapal di sepanjang jalur pelayaran utama.

Harga minyak jenis kontrak West Texas Intermediate untuk pengantaran Februari naik 1,5% mendekati US$ 74 per barel.

Kenaikan harga minyak terjadi setelah BP Plc dan Equinor ASA mengatakan mereka akan menghentikan semua pengiriman melalui jalur Laut Merah tersebut. 

Meningkatnya serangan pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman baru-baru ini telah mendukung pemulihan harga minyak yang telah merosot ke level terendah dalam lima bulan pada minggu lalu di tengah tanda-tanda peningkatan produksi.

Baca Juga: Serangan Houthi Meningkat, Perusahaan Pelayaran Dunia Ini Pilih Hindari Laut Merah

Meskipun terjadi kenaikan saat ini, beberapa pedagang tidak mengantisipasi dampak harga minyak mentah dalam jangka panjang, dan rentang waktu – yang merupakan barometer penting untuk pasokan dan permintaan – terus menunjukkan pelemahan. 

“Dampak jangka panjang terhadap harga minyak akibat serangan Houthi terhadap kapal tanker minyak melalui Laut Merah adalah dampak yang rumit,” kata Fawad Razaqzada, analis pasar di City Index dan Forex.com. 

Dia menambahkan, meskipun kenaikan harga minyak memang bisa dibenarkan, namun sangat sulit untuk mengatakan berapa lama kenaikan tersebut akan bertahan atau seberapa tinggi harga akan naik setelahnya akibat faktor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×