kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45872,59   17,81   2.08%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Sering Sakit, Ini Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D


Senin, 27 November 2023 / 10:31 WIB
Sering Sakit, Ini Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
ILUSTRASI. Suplemen vitamin D

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin D memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Ini tanda Anda kekurangan vitamin D, salah satunya tubuh mudah sakit.  

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar vitamin D? 

Baca Juga: Selain Otot Perut Kaku, Ini Gejala Infeksi Empedu yang Tidak Boleh Diabaikan

Kebanyakan orang akan menjawab vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. 

Faktanya, vitamin D memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari Healthline, vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam berfungsinya tubuh, termasuk kesehatan tulang dan kekebalan. 

Vitamin D juga bermanfaat membantu mencegah kanker dan melindungi tubuh dari risiko: 

  • Tulang keropos 
  • Depresi 
  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit jantung 
  • Sklerosis ganda 

Tanda kekurangan vitamin D 

Perlu Anda ketahui, tidak sedikit orang yang mengalami kekurangan vitamin D. 

Salah satu tinjauan penelitian menunjukkan bahwa hampir 42% orang dewasa Amerika Serikar mengalami kekurangan vitamin D. 

Angka tersebut naik hampir 63% pada orang dewasa Hispanikdan 82% pada orang dewasa Afrika-Amerika. 

Ini tanda-tanda orang mengalami kekurangan vitamin D: 

1. Sering sakit atau infeksi 

Jika Anda sering sakit, terutama menderita pilek atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktir penyebabnya. 

Beberapa hasil penelitian observasi besar menunjukkan adanya hubungan antara defisiensi dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 4.000 IU vitamin D setiap hari bisa mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan. 

2. Kelelahan 

Tubuh terasa lelah bisa disebabkan karena kekurangan vitamin D. 

Sebuah penelitian pada 480 orang dewasa tua menghubungkan kekurangan vitamin D dengan gejala kelelahan. 

Hasil penelitian yang melibatkan 39 anak menghubungkan kadar vitamin D yang rendah dengan kualitas tidur yang buruk, durasi tidur yang lebih pendek, dan waktu tidur yang tertunda. 

3. Nyeri tulang dan punggung 

Satu penelitian pada 98 orang dewasa dengan nyeri punggung bawah menghubungkan kadar vitamin D yang lebih rendah dengan nyeri yang lebih parah. 

Tinjauan terhadap 81 penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan radang sendi, nyeri otot, dan nyeri kronis yang meluas cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah daripada orang tanpa kondisi ini. 

4. Depresi 

Kekurangan vitamin D dihubungkan dengan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua, meskipun beberapa hasil penelitian bertentangan. 

Efek suplemen vitamin D beragam, tapi beberapa ulasan menemukan bahwa suplemen tersebut membantu meredakan gejala depresi. 

5. Gangguan penyembuhan luka 

Hasil sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa vitamin D meningkatkan produksi senyawa yang sangat penting untuk pembentukan kulit baru sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. 

Sebuah ulasan dari empat penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D menganggu aspek penyembuhan tertentu pada orang yang menjalani operasi gigi.

6. Tulang rapuh 

Dalam sebuah penelitian observasi besar yang melibatkan lebih dari 1.000 perempuan menopause atau pascamenopause paruh baya, para peneliti menemukan hubungan yang kuat antara kadar vitamin D yang rendah dan kepadatan mineral tulang yang rendah. 

7. Rambut rontok 

Kerontokan rambut pada perempuan dihubungkan dengan kadar vitamin D yang rendah, meskipun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan. 

Secara khusus, penelitian mengaitkan kadar vitamin D yang rendah denga alopecia areata, penyakit autoimun yang ditandai dengan kerontokan rambut parah. 

Sebuah penelitian pada orang dengan kondisi ini mengkaitkan kadar vitamin D yang lebih rendah dengan kerontokan rambut yang lebih parah. 

Dalam penelitian lain pada 48 orang dengan kondisi ini, menerapkan bentuk vitamin D sintetis secara topikal selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan pertumbuhan kembali rambut. 

8. Nyeri otot 

Penyebab nyeri otot seringkali sulit ditentukan. Namun, bukti menunjukkan bahwa kekuarangan vitamin D merupakan penyebab potensial. 

Dalam penelitian yang lebih tua 71% orang dengan nyeri kronis ditemukan kekurangan vitamin. 

Beberapa penelitian mencatat bahwa suplemen vitamin D dosis tinggi bisa mengurangi berbagai jenis rasa sakit pada orang yang kekurangan vitamin D. 

9. Berat badan naik

Sebuah penelitian pada orang dewasa menemukan kemungkinan hubungan antara status vitamin D rendah dan lemak perut serta peningkatan berat badan, meskipun efek ini lebih terasa pada laki-laki. 

Meskipun kekurangan vitamin D bisa terlihat pada kasus obesitas, penelitian lebih lanjut dibutuhkan. 

Baca Juga: Cara Membuat Wedang Jahe Ketumbar agar Efektif Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×