kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Seseorang Disebut Tajir Jika Punya Satu Hal Ini Menurut Robert Kiyosaki, Bukan Harta


Kamis, 28 Maret 2024 / 09:06 WIB
Seseorang Disebut Tajir Jika Punya Satu Hal Ini Menurut Robert Kiyosaki, Bukan Harta
ILUSTRASI. Kiyosaki mengatakan, hanya mereka yang memiliki kecerdasan finansial yang akan mendapat keuntungan dari krisis.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam blog resminya Richdad.com, penulis buku Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki membahas tentang bagaimana orang kaya selalu berhasil bangkit dan pulih dari keterpurukan. 

Kiyosaki menjelaskan, selama bertahun-tahun dirinya telah mengatakan bahwa peluang terbesar untuk transfer kekayaan ada di depan kita seiring dengan terjadinya krisis keuangan. Akan tetapi, hanya mereka yang memiliki kecerdasan finansial dan pendidikan finansial yang akan mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Di usia muda, Kiyosaki mengetahui bahwa dirinya ingin menjadi kaya. Dia melihat orang tuanya berjuang dan mengalami stres akibat dari hal tersebut. 

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Cara Menghasilkan Uang Sejak Anak-Anak

Ada satu pesan dari ayah temannya yang kerap dia sebut Rich Dad, yang selalu dia ingat. Rich Dad menjelaskan bagaimana beberapa karyawan dan wiraswasta menghasilkan banyak uang tetapi tidak kaya karena mereka memiliki kecerdasan finansial yang rendah. Mereka kehilangan sebagian besar kekayaan mereka karena pajak yang tinggi dan dengan membeli kewajiban.

"Itu terlalu banyak untuk dipahami oleh otak muda saya. Saya hanya tahu saya ingin menghasilkan banyak uang. Tapi sekarang setelah saya lebih tua - dan mudah-mudahan lebih bijak - saya mengerti apa maksud Rich Dad. Uang tidak membuatmu kaya. Kecerdasan finansial Anda yang menentukan," jelasnya.

"Itu sebabnya mantra kami di Rich Dad adalah pengetahuan adalah uang baru," tambahnya.

Baca Juga: 4 Ajaran Robert Kiyosaki untuk Orang Tua yang Ingin Anaknya Sukses secara Finansial

Aturan uang

Dalam bukunya: “Conspiracy of the Rich: The 8 New Rules of Money”, Kiyosaki berbicara tentang empat hal yang mencuri kekayaan Anda: Pajak, Hutang, Inflasi, dan Pensiun. Orang yang menghasilkan banyak uang belum tentu kaya karena mereka kehilangan begitu banyak uang karena keempat kekuatan itu.

Inilah masalah mendasar bagi karyawan "kaya", berpenghasilan tinggi: Mereka memiliki beban pajak tertinggi, kendali terendah atas masa pensiun mereka, dan hanya dapat menjual waktu mereka.

Namun, mereka yang berada di sisi kanan memiliki semua keuntungan pajak; memiliki kendali atas uang, bisnis, dan investasi mereka; dan memiliki kemungkinan pengembalian tak terbatas karena mereka tahu cara menghasilkan uang melalui pendapatan pasif. Dan mereka tahu bagaimana menggunakan Pajak, Utang, Inflasi, dan Pensiun untuk membuat mereka semakin kaya, bukan semakin miskin.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Peringatkan Semuanya Akan Ambruk Termasuk Emas, Perak dan Bitcoin

Orang kaya memiliki kecerdasan finansial yang tinggi, dan mereka telah menggunakannya untuk menjadi lebih kaya selama 20 tahun terakhir sementara orang miskin dan kelas menengah berjuang untuk bermain dengan aturan uang lama.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×