kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,01   -1,85   -0.18%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Setelah Masuk Usia 40-an, 5 Kebiasaan Ini Harus Segera Ditinggalkan


Selasa, 05 Desember 2023 / 08:49 WIB
Setelah Masuk Usia 40-an, 5 Kebiasaan Ini Harus Segera Ditinggalkan
ILUSTRASI. Sejumlah kebiasaan buruk perlu ditinggalkan agar tidak menyesal di masa tua saat memasuki usia 40-an.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah kebiasaan buruk perlu ditinggalkan agar tidak menyesal di masa tua saat memasuki usia 40-an. Pasalnya, dalam fase usia ini, kondisi tubuh sudah tidak lagi muda sehingga kita harus menjaga kesehatan sebaik mungkin. 

Ada beberapa kebiasaan buruk yang apabila dilakoni sejak muda akan memicu dampak buruk ketika kita bertambah tua. Menghentikan sejumlah kebiasaan buruk tersebut setidaknya bisa memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 

Berikut lima kebiasaan yang harus kita tinggalkan di usia 40an demi masa tua yang bahagia. 

1. Kerja keras bagai kuda 

Saat usia 20an mungkin kita dibutakan ambisi untuk mengejar karier dengan istilah "kerja keras bagai kuda". Tapi hal ini tidak diperlukan lagi jika kita sudah lebih tua, khususnya ketika memasuki usia kepala empat. 

Pasalnya, bekerja dari pagi sampai larut malam tidak baik untuk kesehatan. 

Cobalah mencari waktu untuk menjaga keseimbangan hidup saat bekerja atau work life balance istilahnya, demi kesehatan tubuh di masa tua. Nikmati waktu yang kita punya, coba luangkan untuk liburan bareng sahabat atau keluarga juga bisa jadi agenda menyenangkan. 

2. Boros

Ketika masuk usia 40an, rasanya kita sudah cukup menghambur-hamburkan uang demi kesenangan di masa muda. Saat bertambah usia ini seharusnya dibarengi dengan pemahaman lebih soal keuangan. 

Cobalah untuk menabung dan berinvestasi agar di masa tua lebih tenang soal keuangan. 

Baca Juga: Mau Menurunkan Kolesterol? Coba 8 Makanan Sederhana Ini

3. Perilaku yang buruk bagi lingkungan 

Selain empat kebiasaan yang sudah disebutkan tadi, kita dapat menjadi manusia yang lebih bermanfaat dengan berkontribusi dalam menjaga lingkungan. 

Misalnya perlahan mengurangi membeli baju produksi industri fast fashion atau menggunakan bahan ramah lingkungan serta menghindari plastik.  

Seperti kita tahu, fast fashion termasuk ke dalam industri yang menyumbang limbah terbanyak. Mencoba metode thrift shop dan sustainable fashion yang saat ini sedang booming bisa menjadi aksi nyata demi menjaga kelestarian lingkungan.

4. Merokok

Kebiasaan merokok pada usia berapa pun tidak baik untuk kesehatan. Namun jika kebiasaan ini berlanjut hingga usia 40an, risiko menderita penyakit paru-paru akan lebih tinggi. 

Menurut sebuah studi tahun 2013 di New England Journal of Medicine, berhenti merokok di usia 40 tahun dapat mencegah kematian dini akibat penyakit jantung, kanker dan paru-paru. 

Baca Juga: Ini Aturan Konsumsi Jahe untuk Meredakan Asam Lambung

5. Malas olahraga 

Memasuki usia 40an, kita tidak bisa lagi mengandalkan metabolisme tubuh untuk melawan semua kalori masuk melalui makanan yang kita konsumsi. 

Dr. Holly Lofton dari NYU Langone Health mengingatkan, metabolisme tubuh seiring bertambahnya usia tidak lagi berlaku seperti ketika muda. 

Penting untuk menjaga pola makan dan kebugaran tubuh dengan menambah aktivitas fisik. 

"Tubuh tidak lagi prima dalam meningkatkan massa tulang dan massa otot. Secara keseluruhan terjadi penurunan dalam metabolisme tubuh," paparnya. 

Baca Juga: Ini Cara Konsumsi Jahe untuk Menurunkan Berat Badan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kebiasaan Buruk yang Harus Ditinggalkan di Usia 40an"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

×