kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,43   10,04   1.11%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Standar Kolesterol Normal Pria & Wanita, Cek 13 Cara Menurunkan Kolesterol Alami


Kamis, 21 Desember 2023 / 06:58 WIB
Standar Kolesterol Normal Pria & Wanita, Cek 13 Cara Menurunkan Kolesterol Alami
ILUSTRASI. Standar Kolesterol Normal Pria & Wanita, Cek 13 Cara Menurunkan Kolesterol Alami

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Standar Kolesterol Normal Pria dan Wanita - Jakarta. Kenali standar kolesterol normal pria dan wanita. Jika mengalami kolesterol tinggi, berikut cara menurunkan kolesterol secara alami menurut Dinas Kesehatan Kulonprogo, Yogyakarta.

Mengetahui standar kolesterol normal pada pria dan wanita adalah hal penting. Terutama setelah Lebaran, biasanya kadar kolesterol dalam tubuh meningkat karena kebanyakan konsumsi daging dan makanan berlemak.

Lalu berapa standar kolesterol normal pada pria dan wanita?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, kolesterol adalah senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, kolesterol dalam tubuh kita berasal dari dua sumber yaitu makanan dan hati.

Meski pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh, namun kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi saat kadar kolesterol tinggi di antaranya, gejala stroke, penyakit jantung, dan gangguan sirkulasi darah. Maka dari itu, penting mengetahui standar kolesterol normal dan pemeriksaan kadar kolesterol secara berkala.

Baca Juga: Ini Kadar Kolesterol pada Setiap Bagian Daging Ayam

Standar kolesterol normal berdasarkan jenisnya

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut standar kolesterol seseorang berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL. Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Standar kolesterol normal wanita dan pria

Selain dari jenis-jenisnya, kadar kolesterol juga dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Berikut standar kolesterol normal wanita dan pria berdasarkan usia

1. Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun

Standar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, standar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun

Sama halnya dengan wanita, standar kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

4. Standar kolesterol normal pria usia 20 tahun dan tiatasnya

Sementara, kadar kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami

Jika Anda merasakan tanda-tanda kolesterol tinggi atau melebihi standar, harus segera diturunkan. Selain dengan obat, cara menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan secara alami.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami perlu dilakukan sejak dini. Dengan demikian, kolesterol tidak semakin menumpuk dan menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung.

Dilansir dari website Dinas Kesehatan Kulonprogo, sejumlah tanaman terbukti dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami:

1. ALPUKAT

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah konsumsi alpukat. Alpukat membantu proses stabilisasi plak yang sudah terbentuk, sehingga tak mudah pecah.

Alpukat juga kaya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini mampu menurunkan kadar trigliserid dan kolesterol darah yang tinggi.

Bahan: 1/2 - 2 buah alpukat matang.

Pemakaian: buah alpukat dimakan begitu saja sebagai buah. Lakukan setiap hari.

2. WORTEL

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang kedua adalah konsumsi wortel. Wortel mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda.

Vitamin C pada wortel berkhasiaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.

Bahan: 5 buah wortel segar ukuran sedang.

Pemakaian: wortel dicuci bersih, lalu diblender atau diparut, kemudian diperas dan disaring. Minum airnya sekaligus, lakukan setiap hari.

3. BELIMBING MANIS

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ketiga adalah konsumsi belimbing manis. Belimbing mengandung protein, lemak, kalsium, foffor, besi dan vitamin A, B dan C. Buah ini berkhasiat sebagai antiinflamasi, peluruh kencing (diuretik) dan peluruh air liur (sialagoga).

Bahan: 2 buah belimbing manis besar.

Pemakaian: buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing 1 buah.

4. JAMUR LINGZHI

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang keempat adalah manfaatkan jamur lingzhi.

Bahan: 10 gram jamur lingzhi. Pemakaian: jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

5. RUMPUT LAUT.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang kelima adalah konsumsi teh rumput laut.

Bahan: 30 gram rumput laut kering. Pemakaian: rumput laut digiling menjadi bubuk. Masukkan ke dalam cangkir, lalu seduh dengan air mendidih. Minum air tersebut setiap hari.

6. DAUN ASAM.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang keenam adalah minum ramuan daun asam.

Bahan: 12 gram daun asam segar. Pemakaian: daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

7. BAWANG MERAH.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ketujuh adalah makan bawang merah.

Bahan: 20 gram bawang merah segar. Pemakaian: Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

8. BAWANG PUTIH.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang kedelapan adalah makan bawang putih.

Bahan: 1-2 siung bawang putih. Pemakaian: bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil. Lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.

9. TEMULAWAK.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang kesembilan adalah minum ramuan temulawak.

Bahan: 3 jari rimpang temulawak segar. Pemakaian: Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum. Lakukan setiap hari.

10. BUNCIS.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ke-10 adalah makan sayur buncir.

Bahan: 30 gram buncis segar. Pemakaian: buncis dicuci bersih, lalu rebus. Setelah agak layu, buncis diangkat. Rebusan buncis ini dimakan bersama nasi.

11. BUAH MURBEI.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ke-11 adalah makan buah murbei.

Bahan: 10 gram daun murbei segar. Pemakaian: Duan dicuci, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, Setelah dingin, disaring dan diminum. Lakukan setiap hari.

12. SELEDRI.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ke-12 adalah minum ramuan daun seledri.

Bahan: 30 gram akar seledri segar. Pemakaian: Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

13. DAUN SIRIH.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ke-13 adalah minum ramuan daun sirih.

Bahan: 15 lembar daun sirih segar. Pemakaian: Daun dicuci bersih, lali direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Itulah standar normal kolesterol bagi wanita dan pria berdasarkan usia serta cara menurun kolesterol tinggi secara alami. Selamat mencoba.

Selanjutnya: Zelenskiy: Kami Yakin Amerika Serikat Tak Akan Mengkhianati Ukraina

Menarik Dibaca: 5 TIps Untuk Menjadi Ibu yang Bahagia Dalam Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×