kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tidak Ada Hubungannya dengan Saham, Ini Kunci Jadi Kaya ala Warren Buffett


Kamis, 11 Januari 2024 / 04:00 WIB
Tidak Ada Hubungannya dengan Saham, Ini Kunci Jadi Kaya ala Warren Buffett
ILUSTRASI. Berikut 6 aturan yang telah membantu Oracle of Omaha meraih dan mempertahankan kesuksesan. REUTERS/Kevin Lamarque

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Siapa yang tak kenal Warren Buffett, seorang miliarder kenamaan dunia. Meski memiliki banyak harta, dia tetap hidup sederhana. Selain itu, strateginya untuk investasi cerdas dan mengumpulkan kekayaan juga tidak terlalu rumit dan bertahan bahkan selama masa-masa sulit ini.

Pertanyaannya, jika hal itu sangat mudah, mengapa tidak banyak orang sekaya Buffett? Karena pendekatannya mengambil jenis disiplin, kesabaran, dan naluri yang tidak dimiliki oleh banyak orang.

Penasaran seperti apa strategi Buffett? Berikut 6 aturan yang telah membantu Oracle of Omaha meraih dan mempertahankan kesuksesan seperti yang dikutip dari Yahoo Finance:

1. Dimulai dengan komunikasi yang baik

Kunci pertama Buffett menuju kemakmuran dan kesuksesan finansial tidak ada hubungannya dengan memilih saham. Dia mengatakan Anda perlu menjadi komunikator yang kuat: Gunakan kata-kata sebagai alat terpenting Anda.

Baca Juga: Warren Buffett sebut kesombongan intelektual hambat seseorang mencapai kesuksesan

"Tanpa keterampilan komunikasi yang baik, Anda tidak akan dapat meyakinkan orang untuk mengikuti Anda meskipun Anda melihat dari atas gunung dan mereka tidak," kata Buffett kepada seorang mahasiswa MBA Stanford.

Meskipun ini mungkin tampak seperti nasihat bijak bagi perencana keuangan, hal ini sangat baik untuk membantu siapa pun yang ingin mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan untuk berpikir dalam situasi yang penuh tekanan.

 

2. Saat berinvestasi, berinovasi, jangan mengikuti orang lain

Mengadopsi mentalitas kawanan adalah cara jitu untuk mendapatkan hasil yang lumayan. "Anda harus memisahkan pikiran Anda dari orang banyak," katanya.

Ini sulit, tetapi Anda harus keluar dari kelompok dengan mengembangkan strategi investasi Anda sendiri berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Anda. "Untuk menjadi investor yang sukses, Anda harus memisahkan diri dari ketakutan dan keserakahan orang-orang di sekitar Anda, meskipun itu hampir tidak mungkin," kata Buffett.

Pada saat yang sama, bersikaplah terbuka terhadap nasihat yang baik. Layanan perencanaan keuangan dapat membantu memandu Anda menuju pensiun impian Anda.

Baca Juga: Warren Buffett sebut setiap orang bisa sukses besar bila membangun kebiasaan ini

3. Hidup hemat

Buffett terkenal hidup jauh di bawah kemampuannya. Dia dikenal mengendarai mobil yang lebih tua dan sederhana. Dia masih tinggal di rumah yang dia beli di Omaha, Nebraska, seharga US$ 31.500 pada tahun 1958, dan dia mengambil sarapan di drive-thru McDonald hampir setiap hari.

Anda dapat mengikuti teladannya dengan mencari cara baru untuk menggunakan uang Anda. Misalnya, saat berbelanja asuransi jiwa, pilih polis asuransi jiwa berjangka yang tidak mahal.

4. Selalu bersedia mempelajari hal-hal baru

Buffett suka mengatakan bahwa pengetahuan akan terus terakumulasi seperti halnya bunga di bank. Dia memulai setiap hari dengan koran, dan dia membaca buku tentang berbagai topik setiap hari.

Baca Juga: Warren Buffett: Tiga kebiasaan harian ini membedakan orang sukses dan pelamun

Mengkonsumsi informasi tidak hanya akan memengaruhi investasi Anda, tetapi juga akan mempersiapkan Anda untuk sukses di semua bidang kehidupan. Pelajari apa yang orang lain dapat ceritakan tentang teknologi baru dan strategi baru.

Mereka yang menghindari mempelajari hal-hal baru berisiko menjadi usang. Jadilah seperti Buffett, dan Anda tidak akan pernah menjadi terlalu tua untuk mempelajari trik baru.

5. Pikirkan jangka panjang

"Beli dan tahan" adalah strategi investasi jangka panjang yang umum dan mengharuskan seorang investor untuk bertahan dengan saham bahkan ketika sedang mengalami hari atau bulan yang buruk.

Pendekatan Buffett mungkin disebut "beli dan tahan dan tahan." Seperti yang sering dia katakan kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, "Periode kepemilikan favorit kami adalah selamanya."

Dia tidak keberatan ketika saham jatuh sesekali, karena itu adalah peluang bagus untuk membeli lebih banyak saham dengan harga diskon.

6. Lihat ke depan, bukan ke masa lalu

Salah satu kutipan Buffett yang terkenal di tahun 1950-an adalah "investor saat ini tidak mendapat untung dari pertumbuhan kemarin." Pepatah ini masih berlaku sampai sekarang.

Menurut Buffett, mengikuti tren masa lalu jauh lebih penting daripada mengidentifikasi peluang baru. Saat memutuskan apakah akan berinvestasi di sebuah perusahaan, fokuslah pada apa yang akan terjadi di masa depan, bukan sejarahnya.

Baca Juga: Warren Buffett: Hanya ada 1 hal yang hambat Anda mencapai hal-hal besar dalam hidup

Jangan terjebak di masa lalu dalam hal hipotek Anda. Tidak peduli berapa lama Anda memegang pinjaman rumah Anda saat ini, pertimbangkan untuk melakukan refinancing untuk memanfaatkan suku bunga hipotek terendah saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×