kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45873,34   18,56   2.17%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tidak Hanya Orang Dewasa, Ini 9 Manfaat Berenang Buat Kesehatan Bayi


Rabu, 10 Januari 2024 / 15:22 WIB
Tidak Hanya Orang Dewasa, Ini 9 Manfaat Berenang Buat Kesehatan Bayi
ILUSTRASI. Tidak Hanya Orang Dewasa, Ini 9 Manfaat Berenang Buat Kesehatan Bayi.

Penulis: Tiyas Septiana

Manfaat Berenang Buat Kesehatan Bayi -  Meskipun identik dengan olahraga untuk anak-anak yang sudah cukup besar, ternyata berenang juga bisa dilakukan oleh bayi. 

Bayi yang berenang tentu harus didampingi oleh orangtua atau orang dewasa yang sudah ahli di bidangnya. 

Berenang menjadi olahraga yang menyenangkan bagi bayi. Ketika berenang, bayi sering tertawa karena senang. Tidak hanya itu saja, ternyata hal itu memiliki beragam manfaat bayi bayi. 

Baca Juga: Anda Punya Kolesterol Tinggi? Ini 11 Obat Alami Penurun Kolesterol yang Bisa Dicoba

Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Prof Roedi Irawan, mengungkapkan bahwa berenang memberikan berbagai manfaat bagi tumbuh dan kembang bayi. 

Apa saja manfaat berenang untuk bayi? Simak rangkumannya berikut ini dari situs resmi Unair

Manfaat berenang untuk bayi

1. Berenang dapat memperkuat otot tubuh bayi.

“Membiasakan anak berenang saat masa pertumbuhan dapat membantu membentuk otot dan pertumbuhan serta kekuatan tulang,” ujar Prof Roedi dikutip dari situs Unair

2. Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh. Jika bayi dapat bergerak di dalam air dengan baik, ini menandakan bahwa koordinasi dan keseimbangan tubuh terlatih dengan baik. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. 

“Saat bayi berenang, ia akan mengatur napas saat berada di dalam air dan mengangkat kepala untuk menghirup oksigen. Hal ini dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru pada bayi,” terangnya.

4. Membuat bayi tidur lebih nyenyak. Saat berenang bayi akan mengeluarkan banyak energi. Kondisi ini yang menjadikan bayi lelah dan mengantuk setelahnya. 

5. Menambah rasa lapar. Ketika bayi melakukan hal itu maka ia akan mengeluarkan banyak energi. Hal ini menjadikan bayi lelah dan mudah lapar sehingga nafsu makannya meningkat.

6. Melatih kepercayaan diri. Prof Roedi menjelaskan, saat berada di dalam air, bayi akan mengatur keseimbangan dengan baik. Jika ia berhasil menguasai gerakan atau gaya tertentu, ini yang membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Baca Juga: 5 Manfaat Imunisasi Buat Kesehatan Anak dan Dampaknya Jika Tidak Imunisasi

7. Melatih kemampuan bertahan hidup

“Berenang adalah salah satu life skill yang perlu setiap orang miliki sejak dini agar bisa bertahan pada situasi yang berbahaya atau menyelamatkan orang lain dalam kondisi darurat di air,” katanya.

8. Meningkatkan keterampilan kognitif. Hal itu dapat meningkatkan fungsi kognitif yang berkaitan dengan proses belajar, kemampuan membaca, berbahasa, berhitung, dan kesadaran spasial. 

Kesadaran ini merupakan kemampuan anak dalam membayangkan posisi, bentuk, dan gerakan suatu objek dalam pikiran. 

Sebuah penelitian dari Griffith Institute of Educational Research menemukan fakta bahwa bayi yang belajar berenang sejak usia dini, akan memiliki kemampuan membaca, visual, ekspresi lisan, mengingat cerita, serta memahami arahan yang cenderung lebih baik saat dewasa.

9. Meningkatkan hubungan kasih sayang dengan anak. 

“Ketika bayi berenang ibu dan ayah pasti akan selalu menemani dan menjaganya. Hal inilah yang diharapkan bisa memperkuat hubungan antara anak dan orang tua,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×