kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
AKTUAL /

Tinggi Kalori, Ini 5 Efek Samping Makan Durian Berlebihan yang Perlu Diwaspadai


Selasa, 20 Februari 2024 / 09:57 WIB
Tinggi Kalori, Ini 5 Efek Samping Makan Durian Berlebihan yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Ilustrasi?makan durian

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak efek samping makan durian berlebihan yang perlu Anda kenali. Konsumsi buah ini secara berlebihan bisa menyebabkan dampak negatif, bahkan muncul sebutan seperti "Mabuk Durian".

Artinya, Anda perlu mengenal beberapa kandungan nutrisi agar dapat mengonsumsinya dengan bijak.

Durian merupakan buah tropis yang terkenal dengan aromanya yang kuat dan rasanya yang khas. Buah ini memiliki berbagai kandungan nutrisi, namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Tak hanya itu, Anda bisa menghitung takaran saji yang bisa dilihat dari berat untuk memperhitungkan kalori yang masuk ke tubuh.

Durian, selain memiliki rasa yang khas, juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Sehingga, ini memberikan gambaran tentang jumlah kalori dalam durian dan memberikan perbandingan dengan asupan kalori harian yang disarankan untuk orang dewasa.

Baca Juga: 8 Makanan yang Harus Dijauhi Penderita Asam Urat, Salah Satunya Cumi

Kalori Durian

Salah satu penjual buah Durian, Ucok Durian

Lalu, 1 kilogram durian berapa kalori? Dalam 1 kilogram durian mengandung rata-rata 1350 kalori, yang setara dengan total kalori harian untuk orang dewasa biasa.

Rata-rata dua buah durian (243g) akan memiliki sekitar 350 kalori. Pada dasarnya, Anda akan mengonsumsi sekitar satu setengah mangkuk nasi dalam satu kali makan.

Sebuah biji durian kecil dengan berat 40g mengandung 56 kalori, dan biji durian besar dengan berat 80g mengandung 113 kalori.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2 hingga 3 biji durian sehari (sekitar 168 hingga 339 kalori) untuk menjaga kontrol asupan kalori Anda.

Dengan memberikan informasi tentang kalori dalam biji durian, disarankan agar orang tetap membatasi jumlah biji durian yang dikonsumsi agar asupan kalori tetap terkendali. 

Baca Juga: 5 Buah Ini Pantang Diminum Bersamaan dengan Obat Kimia, Cek Alasannya

Kandungan nutrisi Durian

Selain manfaat kalori, ada beberapa kandungan durian yang perlu Anda ketahui selain karbohidrat

  • Karbohidrat: Durian mengandung karbohidrat yang tinggi, terutama dalam bentuk gula alami dan serat.
  • Lemak: Durian mengandung lemak, terutama lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal.
  • Protein: Terdapat protein dalam durian, meskipun jumlahnya tidak signifikan.
  • Vitamin dan Mineral: Durian mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B-complex, potassium, magnesium, dan zat besi.
  • Serat: Durian mengandung serat, yang dapat membantu pencernaan.

Berikut ini beberapa dampak negatif yang bisa timbul setelah konsumsi durian berlebihan dalam satu waktu, dilansir dari laman Yolo Foods.

Efek Makan Durian Berlebihan

Pecinta Durian perlu mengetahui efek samping saat Anda sudah mengenali seberapa kuat Anda bisa konsumsi buah dalam satu waktu.

1. Kelebihan Kalori

Durian merupakan buah yang kaya kalori, dan mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan kalori dalam tubuh. Hal ini berpotensi menyebabkan penambahan berat badan jika jumlah kalori yang masuk melebihi kebutuhan tubuh.

2. Masalah Pencernaan

Durian mengandung serat tinggi, yang sebenarnya baik untuk pencernaan. Namun, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan diare. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi durian dengan jumlah yang sesuai.

3. Kadar Gula Tinggi

Durian mengandung gula alami sehingga makan buah ini secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah, terutama pada individu yang memiliki diabetes. Orang dengan kondisi ini sebaiknya mengontrol asupan durian mereka.

Gula Darah Tinggi

4. Kolesterol Tinggi

Kandungan lemak dalam durian, khususnya lemak jenuh, dapat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol jika durian dikonsumsi secara berlebihan. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung.

5. Alergi atau Intoleransi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau intoleransi terhadap durian, yang dapat menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, ruam, atau kesulitan bernapas. Individu yang rentan terhadap alergi atau intoleransi sebaiknya membatasi konsumsi durian atau berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Pastikan untuk mengonsumsi durian dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan tubuh serta kondisi kesehatan individu.

Apabila seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sensitivitas terhadap makanan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi durian atau makanan lain secara berlebihan.

Itulah panduan sebelum konsumsi durian dengan sehat tanpa khawatir efek samping yang bisa timbul setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

×