kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tips Menceritakan Tentang Diri saat Interview Kerja Agar HRD Terkesan


Kamis, 23 November 2023 / 16:26 WIB
Tips Menceritakan Tentang Diri saat Interview Kerja Agar HRD Terkesan
ILUSTRASI. Buat HRD Terkesan, Ini Tips Menceritakan Tentang Diri saat Interview Kerja.

Penulis: Tiyas Septiana

Tips Interview Kerja -  Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat menceritakan tentang diri sendiri di awal wawancara kerja

Kebanyakan peserta akan menjawab dengan menceritakan cerita mengenai dirinya sendiri mulai dari pendidikan bahkan ada yang memberikan informasi pribadi seperti keluarga hingga status perkawinan.

Meskipun tidak memang, tapi tindakan ini juga tidak tetap karena informasi yang diberikan menjadi tidak relevan dengan tujuan interview. 

Kesalahan ini biasa terjadi pada fresh graduate yang sedang menjadi pekerjaan pertama. Tahukah Anda ada makna tersendiri dari pertanyaan ceritakan tentang diri Anda? 

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Delik dalam Perkara Pidana serta Pengertian Masing-Masing Delik

Bersumber dari The Balance Careers, perusahaan sebenarnya ingin melihat seberapa cocok Anda dengan posisi yang dilamar. Mereka ingin tahu apakah pelamar memiliki kriteria yang pas dari ucapan si pelamar. 

Tentu untuk menjawab 'ceritakan tentang diri Anda' butuh beberapa trik agar bisa memikat HRD perusahaan yang dilamar. Berikut ini beberapa tips menjawab pertanyaan"ceritakan tentang diri Anda" dihimpun dari The Muse dan Indeed

  • Kaitkan jawaban dengan posisi yang dilamar

Saat Anda mendapatkan pertanyaan untuk menceritakan tentang diri Anda, pastikan jawaban Anda sesuai dengan posisi yang dilamar. 

Misalnya Anda melamar sebagai seorang marketing atau sales, manfaatkan pengalaman Anda berjualan online saat masih berkuliah hulu. 

Jelaskan juga kiat-kiat agar jualan Anda selalu dibeli oleh pelanggan. Tambahkan juga bagaimana Anda menyiasati kesulitan saat berjualan online

Recruiter bisa dengan mudah melihat potensi Anda. Tentunya Anda bisa mendapatkan nilai lebih jika mengaitkan kisah Anda dengan posisi yang dilamar.

  • Berikan jawaban di luar CV Anda

Pihak perusahaan sudah memiliki dan membaca CV sebelum mengundang Anda untuk interview kerja. Tidak perlu menyampaikan apa yang sudah tertulis di CV karena hanya membuang waktu. 

Mengulang informasi yang ada di CV hanya membuat pihak personalia perusahaan bosan. Karenanya Anda hanya perlu menyampaikan informasi yang dirasa perlu tapi belum ada di CV. 

Pastikan informasi tersebut masih berkaitan dengan posisi yang dilamar. Cara menyampaikan informasi juga mencerminkan bagaimana Anda akan bersikap saat meeting.

Baca Juga: Anak Usaha BUMN Pertamina Buka Lowongan Kerja Magang, Tidak Ada Batas Usia!

  • Jelaskan kelebihan Anda

Gunakan kesempatan menceritakan diri untuk menunjukkan kelebihan Anda. Pilih kelebihan Anda yang pas dengan pekerjaan yang dilamar. 

Olah kata-kata agar kelebihan Anda bisa sangat bermanfaat untuk pekerjaan yang dilamar. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan sehingga jawaban Anda terkesan mengada-ada.

Perusahaan akan lebih mudah mencerna informasi jika diberi contoh. Berikan contoh sederhana mengapa kelebihan Anda pas untuk posisi yang dilamar. 

  • Sampaikan informasi dengan singkat, padat, dan jelas

Selain tidak mengulang informasi dari CV, penggunaan bahasa juga penting. Saat menyampaikan jawaban, gunakan bahasa dan kalimat yang efektif. 

Pastikan informasi Anda singkat, padat, dan jelas agar memudahkan HRD mencerna informasi yang disampaikan.

Sampaikan informasi tentang diri Anda yang dirasa cukup tanpa mengumbar hal yang tidak perlu. Kontrol diri Anda agar tidak memberikan informasi yang terlalu berlebihan. 

  • Latihan

Tips yang terakhir untuk menjawab dengan tepat pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" adalah latihan. Tidak ada yang tiba-tiba mahir sesuatu tanpa berlatih. 

Siapkan beberapa opsi jawaban tentang pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda". Opsi tersebut disesuaikan dengan posisi yang dilamar tentunya. 

Saat latihan cobalah untuk se alami mungkin untuk menyampaikan informasi. Sebisa mungkin jangan terlihat seperti Anda membaca sebuah teks. 

Caranya? Terus berlatih dan coba kembangkan kalimat agar lebih luwes. Tapi tetap kontrol informasi Anda agar tidak berlebihan bahkan memberikan informasi yang bersifat terlalu pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×