kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tips Mengatasi Jerawat Bagi Kalangan Remaja


Kamis, 08 Februari 2024 / 12:05 WIB
Tips Mengatasi Jerawat Bagi Kalangan Remaja
ILUSTRASI. Ilustrasi Jerawat. Tips Mengatasi Jerawat Bagi Kalangan Remaja

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat sering menjadi permasalahan kulit yang sulit disembuhkan bagi para remaja. Namun, ada sebuah metode sederhana yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat, yaitu Skinvest Acne-Prone Face Washing Time (SAFT).

Metode ini dikembangkan oleh dr. Adrian Aries Hendrawan, seorang dokter di Klinik Kecantikan Skinvest, sejak 2014.

Metode ini melibatkan pencucian wajah dengan facial wash yang tepat sebanyak 3 kali sehari: pada pagi hari antara jam 06.00 – 09.00, sore hari antara jam 16.00 – 18.00, dan sebelum tidur antara jam 21.00 – 24.00. 

Baca Juga: Tak Hanya Dimasak, Ada 4 Manfaat Tepung Beras untuk Kulit Wajah yang Menakjubkan

Menurut Adrian, tiga kali cuci muka per hari dapat dilakukan saat bangun tidur pagi, sore hari jam 6, dan sebelum tidur malam. 

Alasannya adalah untuk menjaga kebersihan wajah sebelum beraktivitas di pagi hari, membersihkan kotoran dan minyak pada wajah yang terakumulasi di sore hari, dan memastikan wajah bersih sebelum tidur selama 8 jam.

Metode ini berdasarkan pengalaman pribadi dr. Adrian yang berhasil mengatasi jerawatnya dengan mengatur jam cuci muka. 

Ia menyarankan untuk tetap melakukan metode ini bahkan saat sedang liburan atau dalam acara hingga tengah malam, dan bagi yang beragama Muslim, cukup menggunakan air saat wudhu, namun tetap ditambah dengan facial wash saat jam cuci muka.

Bagi mereka yang aktif berolahraga dan mengalami jerawat parah, dr. Adrian menyarankan untuk menghentikan sementara olahraga sampai jerawat membaik. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Kulit Berminyak, Catat Apa Saja

Meskipun kontroversial, hal ini disarankan karena saat berolahraga, kotoran dan minyak dapat menumpuk di wajah dan memperparah jerawat. "Setelah jerawat membaik, olahraga dapat dilanjutkan secara bertahap," ujarnya dalam keterangannya seperti dikutip Kamis (8/2).

Penggunaan metode SAFT atau JCJS harus dilakukan dengan memilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghindari kulit terlalu kering. Bagi yang kulitnya tidak berjerawat, cukup mencuci muka dengan facial wash dua kali sehari saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×