kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Usia Capai 40 Tahun ke Atas, Cek Vitamin Terbaik untuk Wanita & Pria


Sabtu, 06 Januari 2024 / 03:51 WIB
Usia Capai 40 Tahun ke Atas, Cek Vitamin Terbaik untuk Wanita & Pria
ILUSTRASI. Tubuh manusia membutuhkan vitamin dan nutrisi sebagai amunisi untuk melawan penyakit yang berkaitan dengan usia.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Tubuh manusia membutuhkan vitamin dan nutrisi sebagai amunisi untuk melawan penyakit yang berkaitan dengan usia. 

Melansir Prevention, menurut Kristin Kirkpatrick, MS, RD, manajer program nutrisi kesehatan di Cleveland Clinic Wellness Institute, cara terbaik untuk membangun amunisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menyeluruh. 

Dia menjelaskan, meskipun makan dengan baik itu selalu penting, mengonsumsi vitamin menjadi sangat penting terutama pada usia 40 karena saat itulah peraturan mulai berubah.

“Tubuh Anda mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama pada usia 40-an lebih dibandingkan pada usia 20 tahun,” katanya. 

Massa otot mulai memburuk, kemungkinan besar kita akan bertambah gemuk, menopause mungkin (atau mungkin akan segera) dimulai, dan risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes mulai meningkat. 

Ini berarti strategi dalam menjaga kesehatan perlu disesuaikan karena mulai terlihat sedikit berbeda.

Salah satu solusinya adalah mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi yang tepat, yang dapat dicapai melalui pola makan sehat. 

Berikut adalah daftar vitamin terbaik bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas, baik wanita maupun pria.

Vitamin terbaik untuk wanita usia 40 tahunan

Mengutip Netmeds.com, berikut adalah vitamin terbaik untuk wanita usia 40 tahunan:

1. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu suplemen penting yang harus ditambahkan ke daftar Anda segera setelah Anda berusia 40 tahun. Vitamin ini memainkan peran utama dalam menjaga fungsi darah dan otak tetap normal. 

Orang dewasa muda cenderung mendapatkan banyak sumber makanan seperti telur, daging tanpa lemak, ikan, dan produk susu, namun seiring bertambahnya usia, penyerapannya menurun karena kadar asam lambung hilang.

2. Kalsium

Kalsium adalah salah satu suplemen penting seiring bertambahnya usia. Ini memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan tulang, kontraksi otot, fungsi saraf dan jantung. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kalsium secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun seiring bertambahnya usia, jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium, tubuh akan mulai kehabisan tulang dan membuatnya rapuh. 

3. Vitamin D

Vitamin D adalah hal yang penting dalam hal suplemen karena dapat melindungi Anda dari perubahan terkait usia yang muncul. Kekurangan vitamin D yang parah meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, kanker payudara dan kolorektal yang semuanya lebih mungkin menyerang Anda seiring bertambahnya usia. 

Selain itu, memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium. Umumnya, penyerapannya buruk dari makanan, jadi sangat ideal untuk memasukkan suplemen Vitamin D3 ke dalam makanan Anda.

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral utama yang menstabilkan tekanan darah, yang sangat penting bagi wanita berusia di atas 40 tahun yang berisiko terkena tekanan darah tinggi akibat proses penuaan. 

Ini juga memainkan peran utama dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan meningkatkan fungsi otot, saraf dan jantung. 

Selain itu, kekurangan magnesium meningkatkan risiko diabetes, peradangan, dan penyakit jantung. Jadi, mengonsumsi suplemen meningkatkan kesehatan Anda.

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega 3 hadir dengan segudang manfaat kesehatan dan bahkan mengimbangi efek negatif penuaan seperti penyakit jantung dan penurunan kognitif. 

6. Probiotik

Probiotik adalah bakteri ramah yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi usus. Mereka dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, dan sindrom iritasi usus besar serta menyeimbangkan mikrobioma usus. 

Selain itu, mereka meningkatkan kesehatan mikrobioma vagina, memicu sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi saluran kemih. Makanan fermentasi seperti yogurt, asinan kubis, kombucha merupakan sumber probiotik yang baik dan suplemen juga tersedia.

7. Zinc

Mineral ini adalah kunci dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat, melawan infeksi, dan mengurangi peradangan. Ini juga membantu menjaga tulang lebih kuat dan mencegah risiko patah tulang dan osteoporosis. 

Zinc membantu mengatur keseimbangan hormon, melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, dan meningkatkan kesehatan otak. Makanan laut, daging, dan sereal sarapan yang diperkaya merupakan sumber seng yang baik. Ini juga tersedia dalam bentuk suplemen.

8. Selenium

Selenium melindungi sel Anda dari kerusakan oksidatif dan infeksi serta menjaga kelenjar tiroid berfungsi dengan baik. Ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, meningkatkan kesehatan mental dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia seperti demensia. 

Selain itu, juga membantu meningkatkan kesehatan reproduksi, memicu sistem kekebalan tubuh dan menurunkan keparahan asma. Makanan laut, daging tanpa lemak, sereal, dan produk susu adalah beberapa sumber kaya selenium.

Vitamin terbaik untuk pria usia 40 tahunan

Mengutip LiveStrong, berikut adalah lima vitamin terbaik untuk pria usia di atas 40 tahun:

1. Vitamin D

Berapa banyak vitamin D yang dibutuhkan orang dewasa tidak akan bertambah hingga usia 71 tahun, menurut Office of Dietary Supplements (ODS). Meskipun demikian, vitamin D adalah salah satu vitamin yang sebagian besar dari kita dapat konsumsi lebih banyak dalam makanan. 

Vitamin D terdapat pada ikan berminyak seperti salmon, tuna dan trout, serta hati dan kuning telur. Kebanyakan dari kita mendapatkan vitamin D melalui makanan yang diperkaya, seperti susu, sereal sarapan, mungkin jus jeruk.

Jika Anda memilih suplemen vitamin D, para ahli menyarankan untuk memilih D3 karena diyakini dapat meningkatkan kadar D darah Anda lebih efektif daripada D2.

2. magnesium

Mulai usia 31 tahun, jumlah magnesium yang dibutuhkan pria setiap hari meningkat sedikit menjadi 420 miligram (naik dari 400 miligram), menurut ODS. 

Magnesium adalah mineral penting – memainkan peran penting dalam sintesis protein, tekanan darah dan kontrol gula darah, kesehatan tulang, tidur dan bahkan seberapa teratur pencernaan Anda.

Ada berbagai macam makanan tinggi magnesium seperti sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3.Vitamin B12

Menurut National Institute on Aging, semua vitamin B dianggap "penting", artinya tubuh kita tidak dapat membuat B12 sendiri.

Vitamin ini sebagian besar ditemukan dalam produk hewani, dan pola makan [omnivora] yang seimbang biasanya mencukupi kebutuhan B12 manusia.

4. Zinc

Zinc adalah mineral lain yang terkadang kita kekurangan, terutama seiring bertambahnya usia.

Zinc dipuji secara luas karena manfaatnya dalam mendukung kekebalan tubuh. Akan tetapi Zinc juga dikaitkan dengan kesehatan prostat. Hal ini penting bagi penderita prostat yang telah mencapai atau melampaui angka 40 tahun.

5. Omega-3

Lemak omega-3 mendukung kesehatan jantung, dan penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada orang dewasa Amerika, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×