kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Wanita Usia 35 Tahun ke Atas Harus Waspada Radang Sendi Jari, Ini 12 Gejalanya


Selasa, 16 Januari 2024 / 04:05 WIB
Wanita Usia 35 Tahun ke Atas Harus Waspada Radang Sendi Jari, Ini 12 Gejalanya
ILUSTRASI. Radang sendi pada jari berkembang ketika tulang rawan yang menjadi bantalan tulang yang terletak di sendi jari rusak.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PENYEBAB RADANG SENDI PADA JARI - Ada beberapa penyebab radang sendi pada jari. Radang sendi atau artritis pada jari dapat menimbulkan sejumlah gejala. Misalnya saja  nyeri, kaku, dan bengkak. 

Informasi saja, radang sendi adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada persendian, termasuk pada tangan dan jari. Penyebab radang sendi pada jari harus diketahui agar bisa segera ditangani.

Artikel ini akan membahas penyebab dan gejala radang sendi pada jari. Akan dibahas pula informasi tentang latihan dan cara mengatasi radang sendi pada jari.

Penyebab radang sendi pada jari

Melansir Stylecraze, radang sendi pada jari berkembang ketika tulang rawan yang menjadi bantalan tulang yang terletak di sendi jari rusak. 

Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang, dan karena kerusakan pada tulang rawan, kelancaran pergerakan antar tulang pada titik-titik tersebut akan terpengaruh.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Terserang Asam Urat, Bisa Dilihat dari Jempol Kaki

Meskipun tidak ada satu penyebab tunggal yang menyebabkan berkembangnya radang sendi, Anda lebih berisiko terkena penyakit ini jika:

- Di atas 35 tahun
- Seorang wanita
- Kegemukan
- Rentan secara genetik
- Membawa cedera sebelumnya pada tangan, pergelangan tangan, atau jari Anda

Gejala radang sendi pada jari

Mengutip Medical News Today, berikut adalah 12 gejala yang mungkin dialami oleh penderita radang sendi pada jari:

1. Mati rasa dan kesemutan
Kesemutan dan mati rasa pada tangan dan jari – terutama jari pertama, kedua, dan sebagian jari ketiga – merupakan gejala sindrom terowongan karpal. Kesemutan pada jari keempat dan kelima kemungkinan besar disebabkan oleh kompresi saraf ulnaris.

2. Benjolan di jari
Osteoartritis dapat menyebabkan terbentuknya benjolan di jari. Nodus Bouchard terbentuk di tengah jari, sedangkan nodus Heberden terbentuk di ujung jari.

3. Kelemahan
Beberapa orang mungkin juga mengalami kelemahan pada tangan dan jari. Hal ini membuat sulit untuk membuka stoples atau memegang benda. 

4. Ruam
Beberapa jenis arthritis, seperti arthritis psoriatis, dapat menyebabkan ruam yang mempengaruhi tangan. Ruam ini akan bersisik dan bersisik serta mungkin muncul bersamaan dengan pembengkakan.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Tensi Tinggi, Ini 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

5. Perubahan kuku
Beberapa penderita radang sendi psoriatis mungkin mengalami perubahan pada tampilan kukunya.

6. Jari-jari dingin
Beberapa orang dengan kondisi kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis dan lupus mungkin mengalami fenomena Raynaud. Kondisi ini menyebabkan perubahan warna pada jari dan peningkatan kepekaan terhadap suhu dingin.

7. Terdengar suara gesekan
Ketika ada kerusakan tulang rawan pada sendi jari, seseorang mungkin mendengar suara gesekan atau gesekan. Ini dikenal sebagai krepitus.

8. Nyeri
Nyeri yang dirasakan cenderung berupa rasa sakit yang tumpul dan membakar. Rasa sakit seringkali bertambah buruk setelah aktivitas yang memerlukan penggunaan sendi jari. Misalnya, aktivitas yang mengharuskan Anda menggenggam atau menggenggam suatu benda dapat memperburuknya.

9. Pembengkakan
Terkadang, pembengkakan bisa menjadi sangat parah sehingga membatasi penggunaan tangan dan jari seseorang.

10. Hangat saat disentuh
Pembengkakan juga bisa menyebabkan persendian terasa hangat saat disentuh. Hal ini terjadi akibat peradangan.

Baca Juga: Sederet Manfaat Belimbing Wuluh, Menurunkan Gula Darah dan Mengobati Sariawan

11. Kekakuan
Sendi jari mungkin terasa kaku, dan orang mungkin kesulitan menggerakkan jari dengan bebas.

12. Pembengkokan sendi tengah
Orang dengan arthritis parah mungkin mengalami kelainan pada sendi jari. Salah satu tipe spesifiknya adalah deformitas Boutonniere. Jari-jari dengan ketidakteraturan seperti ini akan menekuk pada sendi tengah.

Cara mengobati radang sendi pada jari

Mengutip Stylecraze, berikit sejumlah cara untuk mengobati radang sendi pada jari:

1. Latih Tangan dan Jari Anda

Anda dapat memperkuat otot-otot yang menopang persendian tangan Anda dengan beberapa latihan sederhana. Peningkatan aliran darah dan masuknya nutrisi dapat membantu tulang rawan Anda tetap sehat dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain itu, semakin kuat otot, semakin banyak pula beban yang dapat ditanggungnya. Ini semakin melindungi tulang dan tulang rawan yang rusak.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Tersembunyi

2. Kompres Air Dingin dan Air Panas

Kompres dengan air panas maupun dingin dapat membantu meredakan kekakuan sendi dan radang sendi jari. Meskipun terapi panas dapat meredakan kekakuan, terapi dingin dapat membuat tangan mati rasa dan mengurangi nyeri sendi serta pembengkakan. 

Gunakan terapi dingin tidak lebih dari 20 menit setiap kali dan keluarkan kompres es segera setelah kulit Anda terasa mati rasa. Banyak orang bergantian antara pengobatan panas dan dingin dan Anda dapat melakukan hal yang sama tergantung pada apa yang paling membuat Anda lega.

Untuk terapi panas:

1. Mandi air hangat.
2. Rendam tangan Anda dalam semangkuk air hangat.
3. Gunakan bantal pemanas atau kompres hangat pada jari Anda.
4. Gunakan pembungkus lilin parafin. Untuk melakukan ini, hangatkan lilin dan tutupi jari atau seluruh tangan Anda dengan lilin. Berhati-hatilah untuk tidak menuangkan lilin saat masih sangat panas.

Untuk terapi dingin:

1. Bungkus handuk tipis di sekitar sekantong sayuran beku dan tempelkan pada jari Anda yang sakit.
2. Bekukan handuk dan lingkarkan di sekitar jari Anda.
3. Pijat jari Anda dengan sebotol air beku yang dibungkus handuk tipis.
4. Buat kompres es di rumah

Baca Juga: 9 Minuman Ini Berkhasiat untuk Atasi Susah Tidur, Apa Saja?

3. Konsumsi Suplemen

Peradangan sering kali menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada artritis jari. Penelitian menunjukkan bahwa EPA dan DHA, yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan. Menurut sebuah penelitian, suplemen jahe juga dapat membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis. 

4. Memijat Jari 

Pijat jari-jari Anda untuk menghilangkan radang sendi di jari. Penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat untuk radang sendi tangan dapat membantu mobilitas dan mengurangi rasa sakit. Gunakan minyak gosok apa pun seperti minyak kelapa yang belum diolah dan pijat otot-otot di tangan dan sendi jari Anda. 

Gunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah tangan Anda yang memijat, lalu gosok perlahan sendi dan otot Anda dengan gerakan memutar. Meskipun memijat sendiri adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan di rumah, kunjungi terapis pijat untuk mendapatkan terapi tangan yang tepat dan menyempurnakan tekniknya.

Selanjutnya: Emiten Belum Penuhi Free Float Akan Masuk Papan Pemantauan Khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×