kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

10 Makanan Pereda Flu, Ada Bawang Putih dan Yogurt


Sabtu, 30 Maret 2024 / 05:00 WIB
10 Makanan Pereda Flu, Ada Bawang Putih dan Yogurt
ILUSTRASI. 10 Makanan Pereda Flu, Ada Bawang Putih dan Yogurt

Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

MAKANAN PEREDA FLU - Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pereda flu yang cukup efektif. Bukan cuma itu, semuanya juga sangat mudah didapatkan di pasaran dan juga mudah diolah di rumah.

Bebarapa pekan terakhir, Indonesia mengalami perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Situasi ini membuat daya tahan tubuh menurun sehingga kita mudah terserang penyakit.

Salag satu penyakit yang banyak dialami warga Indonesia belakangan ini adalah flu.

Flu (influenza) adalah gangguan sistem pernapasan yang disebabkan oleh serangan virus. Gejala flu yang umum dirasakan adalah pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, nyeri tenggorokan, sakit kepala, mual, hingga nyeri otot.

Baca Juga: Daftar Buah-Buahan Segar untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan Pereda Flu

Flu ringan sebenarnya cukup mudah diobati. Tanpa perlu mengonsumsi obat medis, Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan pereda flu yang mudah ditemui di pasaran.

Berikut adalah beberapa jenis makanan pereda flu yang mudah didapat dan diolah di rumah.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan zat besi yang dapat melawan peradangan dan membantu Anda sembuh dari gejala flu lebih cepat.

Sayuran hijau yang mudah didapat seperti bayam dan kangkung pada dasarnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat Anda terserang flu. Semuanya mengandung vitamin A, C, E, dan K.

2. Kaldu

Mengonsumsi makanan berkuah kaldu juga bisa membantu Anda merasa lebih nyaman saat flu. Kaldu ayam atau sapi membantu mencegah dehidrasi.

Nuansa hangat yang didapat dari makanan berkuah juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat.

Baca Juga: 5 Vitamin & Suplemen yang Bisa Mengobati Asam Urat

3. Teh Herbal

Teh herbal yang umum ditemui di pasaran juga bisa jadi salah satu senjata untu meredakan flu.

Mengutip clevelandclinic.org, teh herbal terbukti mengurangi batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Bawang Putih

Makanan pereda flu berikutnya adalah bawang putih. Bumbu khas masakan Indonesia ini rasanya hampir selalu ada dalam setiap hidangan.

Penelitian National Institutes of Health yang berbasis di AS menunjukkan, bawang putih memiliki khasiat antivirus dan dapat membantu mencegah penyebaran infeksi virus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menariknya, bawang putih mentah memiliki khasiat yang lebih baik.

5. Rempah-rempah

Rempah-rempah khas Indonesia juga bisa jadi makanan pereda flu yang ampuh. Bumbu dapur sederhana seperti jahe dan kunyit bisa jadi senjata ampuh untuk mengobati flu.

Healthline mencatat, rempah-rempah jenis itu bisa membantu meringankan gejala flu karena mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa menekan atau mengurangi peradangan.

Baca Juga: Buah Kering Bikin Gula Darah Melambung, Cek Makanan Lain Pantangan Diabetes

6. Oatmeal

Oatmeal memang bukan makanan yang umum bagi orang Indonesia, padahal biji-bijian ini memiliki banyak sekali manfaat.

Oatmeal adalah sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung zat besi, protein, zinc, serat, hingga selenium.

7. Yogurt 

Yogurt murni juga bisa jadi salah satu makanan untuk mengobati flu. Probiotik yang ada di dalamnya merupakan bakteri baik yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sebagai catatan, Anda disarankan untuk memilih yogurt murni yang mengandung vitamin D dan sedikit gula, atau bahkan tanpa gula sama sekali.

8. Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin C memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem imun tubuh, apalagi jika Anda sedang sakit.

Selain mengonsumsi suplemen, buah dan sayuran bervitamin C seperti cabai, jeruk, nanas, mangga, pepaya, serta brokoli juga bisa Anda pilih karena sangat mudah ditemui di pasaran.

Baca Juga: 6 Daftar Makanan Rendah Purin yang Baik untuk Penderita Asam Urat

9. Makanan yang Mengandung Vitamin D

Selain vitamin C, makanan dengan kandungan vitamin D juga bisa membantu Anda sembuh dari flu dengan lebih cepat karena memiliki kontribusi terhadap berfungsinya sistem kekebalan tubuh.

Penelitian National Institutes of Health yang berbasis di AS menunjukkan, vitamin D dapat membantu mencegah infeksi flu dan mengurangi risiko komplikasi penyakit.

Contoh makanan dengan vitamin D yang mudah didapatkan adalah ikan sarden atau tuna, daging merah, kuning telur, susu, pisang, serta apel.

10. Makanan yang Mengandung Selenium

Makanan pereda flu terakhir adalah yang mengandung zat selenium. Zat ini bisa meningkatkan produksi sitokin tubuh Anda yang membantu melawan virus flu.

Anda bisa mendapat asupan selenium dengan mengonsumsi makanan sederhana seperti bayam, biji bunga matahari, pisang, daging ayam, susu, telur, atau beras merah.

Nah, itu dia beberapa pilihan makanan pereda flu yang bisa Anda konsumsi. Semuanya sangat mudah didapatkan di pasaran dan sangat mudah diolah menjadi makanan yang menggugah selera.

Selanjutnya: Promo JSM Alfamart Gajian Untung THR, Sirup Lebih Murah & Es Krim Beli 2 Gratis 1

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (30/3) Hujan Deras Dibarengi Petir di Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×