kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Minuman Tinggi Purin yang Bisa Bikin Asam Urat Melonjak


Senin, 06 Mei 2024 / 03:25 WIB
5 Minuman Tinggi Purin yang Bisa Bikin Asam Urat Melonjak
ILUSTRASI. Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. REUTERS/Peter Nicholls

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Mengutip laman Kemkes.go.id, secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine. 

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Minuman yang menyebabkan asam urat tinggi

Penderita asam urat sebaiknya menghindari minuman dengan kandungan purin tinggi. Tubuh mengubah purin menjadi asam urat. Pola makan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dan berpotensi menyebabkan serangan asam urat. 

Mengutip Evey Day Health, inilah daftar minuman terlarang bagi penderita asam urat:

1. Bir

Berdasarkan penelitian, meskipun semua alkohol dapat memengaruhi asam urat, bir memiliki purin paling banyak di antara minuman beralkohol dan memiliki hubungan yang kuat dengan serangan asam urat. Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang minum satu porsi bir setiap hari memiliki kemungkinan 50 persen lebih besar terkena asam urat. Pria yang minum dua porsi atau lebih setiap hari memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar terkena asam urat.

Baca Juga: Lutut Rentan Terserang Asam Urat, Ini Gejala & Cara Mengobatinya Sendiri

2. Alkohol 

Minuman beralkohol apa pun dapat memicu gejala asam urat, termasuk anggur atau minuman keras. Alkohol mempengaruhi ginjal Anda, menyebabkan ginjal mengeluarkan alkohol, bukan asam urat. Hal ini pada gilirannya meningkatkan jumlah asam urat dalam darah.

3.Minuman bersoda 

Penelitian telah menemukan peningkatan risiko asam urat dari minuman manis. Minuman yang dimaniskan dengan gula kaya akan fruktosa. Fruktosa dipecah menjadi purin di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi dua atau lebih porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki risiko 85 persen lebih tinggi terkena serangan asam urat dibandingkan mereka yang hanya minum satu porsi dalam sebulan.

4. Jus jeruk 

Banyak jus yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko asam urat. Namun jus yang dimaniskan secara alami seperti jus jeruk juga dapat menjadi pemicu risiko asam urat. Jus jeruk memiliki jumlah fruktosa yang sama dengan minuman manis lainnya, seperti yang dicatat oleh penelitian, dan fruktosa terurai menjadi purin. 

Baca Juga: Cek, 11 Buah Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

5. Minuman energi 

Meskipun belum banyak penelitian tentang minuman energi dan asam urat, beberapa minuman energi mungkin memiliki kandungan gula yang tinggi, termasuk fruktosa. Hal ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×