kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Hal yang Anda Rasakan Saat Berat Badan Turun Dengan Cepat


Jumat, 26 April 2024 / 15:08 WIB
6 Hal yang Anda Rasakan Saat Berat Badan Turun Dengan Cepat
ILUSTRASI. Menurunkan Berat Badan

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

AKIBAT BERAT BADAN TURUN DENGAN CEPAT - Mungkin Anda merasa senang saat berat badan turun dengan cepat. Namun, harus Anda ketahui, penurunan berat badan dengan cepat memberikan efek samping pada kesehatan. 

Sebagian orang ingin menurunkan berat badan tubuh dalam waktu singkat. Padahal, penurunan berat badan dengan cepat membuat berat badan kembali naik. 

Baca Juga: Wajib bagi Anda yang Obesitas, 6 Cara Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari Eating Well, Menurut artikel tahun 2017 dari Michigan Medicine, pusat medis akademik Universitas Michigan, sekitar 90% orang yang menurunkan berat badan dengan cepat akhirnya mendapatkan kembali berat badannya setelah bekerja keras.

Selain itu, penurunan berat badan yang cepat juga memberikan efek samping terhadap kesehatan dan seperti: 

1. Kehilangan massa otot 

"Saat Anda menurunkan berat badan terlalu cepat, sebagian besar penurunan berat badan tersebut adalah otot dan berat air, bukan lemak." kata Melissa Mitri, M.S., RD, ahli diet terdaftar di Melissa Mitri Nutrition. 

Perlu Anda ketahui, hilangnya 
otot memberikan dampak pada kemampuan tubuh untuk mengangkat benda berat dan memiliki keseimbangan yang tepat. 

Hal ini dapat menimbulkan masalah pada banyak bagian tubuh yang menggunakan otot untuk berfungsi, seperti jantung yang memompa darah ke organ tubuh, atau perluasan paru-paru untuk bernapas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dengan cepat dapat mengakibatkan hilangnya otot hingga enam kali lebih banyak dibandingkan rencana penurunan berat badan secara bertahap. 

2. Berat badan naik lagi 

Ahli diet terdaftar Johna Burdeos, RD, mengatakan, "Respon alami tubuh terhadap penurunan berat badan dengan cepat adalah melawan dengan mekanisme kuat yang disebut mode bertahan hidup, yang diatur oleh otak. Ini akan menurunkan metabolisme dan tubuh akan menimbun setiap kalori yang dikonsumsi, menyebabkan penambahan berat badan saat Anda menghentikan diet."

Para ahli kesehatan menyarankan untuk menurunkan berat badan sekitar 5%-10% untuk menjaga tubuh tetap sehat. 

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam Cell Metabolism penurunan berat badan sebesar 5% terbukti menungkatkan metabolisme. 

3. Tubuh kehilangan nutrisi

Penurunan berat badan yang cepat membuat tubuh kehilangan nutrisi yang dibutuhkan. 

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan rambut rontok, anemia, kelelahan dan tulang lemah.

4. Berisiko terkena batu empedu 

“Menurunkan berat badan terlalu cepat dapat meningkatkan risiko batu empedu. Saat berat badan turun dengan cepat, terjadi peningkatan kolesterol yang dilepaskan ke dalam empedu dari hati, yang bisa berkembang menjadi batu empedu," kata Lisa Andrews, M.Ed., RD, ahli diet dan pemilik Sound Bites Nutrition,

5. Kehilangan energi 

Saat penurunan berat badan terlalu cepat, tubuh berpotensi kehilangan energi. Hal ini membuat Anda merasa lelah dan lesu. 

Tinjauan tahun 2020 terhadap 14 penelitian, yang diterbitkan di Nutrients, mengevaluasi efek penurunan berat badan yang cepat pada atlet. 

Para penulis tinjuan menemukan bahwa kelelahan meningkat secara signifikan karena penurunan berat badan yang cepat. 

Tinjauan tersebut juga menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara penurunan berat badan yang cepat dan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan mental.

6. Membahayakan kesehatan mental 

Penurunan berat badan yang cepat juga dapat memengaruhi kehidupan sosial Anda. 

"Ketika mencoba menurunkan berat badan terlalu cepat, Anda mungkin mendapati diri Anda terisolasi dari interaksi sosial serta merasa cemas terhadap makanan tertentu." kata Maddie Alfiero, RD, ahli diet dan pemilik Osea Nutrition. 

Baca Juga: Ini Alasan Bercinta Dengan Pasangan Bikin Panjang Umur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×