kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas, Sudah Coba?


Senin, 06 Mei 2024 / 11:39 WIB
Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas, Sudah Coba?
ILUSTRASI. Cara Mencegah Dehidrasi Saat Cuaca Panas

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas yang penting diketahui. Pasalnya, cuaca panas saat musim kemarau cenderung bisa membuat tubuh cepat dehidrasi.

Apalagi, di Indonesia beberapa hari ke belakang cuaca panas terjadi di beberapa wilayah. Hal tersebut tentu bisa membuat tubuh cepat dehidrasi atau kekurangan cairan.

Meski demikian, melansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa cuaca panas yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini bukanlah akibat gelombang panas atau heatwave.

Baca Juga: Manfaat Kecombrang Untuk Membersihkan Darah, Ada 7 Khasiat Menarik

Untuk itu, penting menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik meski cuaca terbilang panas. Pasalnya, saat cairan tubuh terjaga dengan baik akan membuat kinerja otak bekerja lebih optimal.

Lantas bagaimana cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas?

Melansir dari Everday Health, berikut cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas:

1. Minum Saat Merasa Haus

Jika tubuh memberikan sinyal rasa haus, segeralah minum. Itu merupakan salah satu cara sederhana mencegah dehidrasi karena asupan cairan dalam tubuh tetap terjaga.

Namun, tak sedikit orang mempunyai aktivitas yang sibuk sehingga kesulitan minum air putih saat merasa haus. Hal tersebutlah yang bisa membuat tubuh cepat dehidrasi.

Baca Juga: Manfaat Kemiri Untuk Menurunkan Kolesterol, Ada 7 Khasiat Penting

2. Minum Air Putih Sebanyak-banyaknya

Dehidrasi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami. Untuk itu, penting memperhatikan asupan cairan ke dalam tubuh. Ada aturan lama yang mengatakan bahwa disarankan minum 8 gelas air perhari. Namun, hal tersebut tak berhasil bagi semua orang.

Jadi, cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Pasalnya, bisa jadi 8 gelas perhari itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

3. Perbanyak Asupan Air Saat Berolahraga

Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air saat Anda berolahraga dengan intensitas tinggi atau dalam waktu lama. Pasalnya, dengan minum dalam jumlah yang lebih banyak daripada jumlah yang hilang selama berolahraga dapat mencegah tubuh terkena dehidrasi.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit Untuk Menurunkan Resiko Kanker, Ada 5 Khasiat Lainnya

4. Mengkonsumsi Elektrolit

Cara mencegah dehidrasi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi elektrolit pada kondisi tertentu. Salah satunya, saat berolahraga. Hal tersebut saat melakukan aktivitas berat seperti berolahraga berisiko tubuh terkena dehidrasi. Pada saat tersebut, mengkonsumsi elektrolit bisa menjadi alternatif mencegah dehidrasi.

5. Menjaga Asupan Makanan

Tak hanya minuman, asupan makanan bisa menjadi salah satu cara mencegah dehidrasi. Pasalnya, dengan asupan makanan yang baik bisa mencegah tubuh terkena dehidrasi karena sebagian makanan mengandung cairan yang baik bagi tubuh.

Menurut penelitian sebelumnya, buah-buahan seperti melon, stroberi, dan semangka mengandung 90 hingga 99 persen air, sedangkan apel, anggur, jeruk, dan nanas mengandung antara 80 dan 89 persen air. Itu semua adalah pilihan yang bagus untuk menghidrasi.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya Untuk Menurunkan Risiko Diabetes, Ada 10 Manfaat Lainnya

6. Minumlah Segelas Air Saat Bangun Tidur

Selain memperhatikan apa yang Anda minum, penting juga untuk memperhatikan kapan. Salah satu cara mencegah dehidrasi adalah dengan meminum segelas air saat bangun tidur. Pasalnya, setelah tidur semalaman tanpa minum bisa membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, minum air putih saat bangun tidur bisa mencegah dehidrasi dan baik bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×