kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,14   0,84   0.09%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Biji Labu untuk Asupan Magnesium hingga Kesuburan Pria


Kamis, 02 Mei 2024 / 12:11 WIB
8 Manfaat Biji Labu untuk Asupan Magnesium hingga Kesuburan Pria
ILUSTRASI. 8 Manfaat Biji Labu untuk Asupan Magnesium hingga Kesuburan Pria

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami sederet manfaat biji labu untuk kesehatan jantung hingga fertilitas. Tak banyak yang tahu, olahan buah labu ini memiliki kegunaan untuk kesehatan.

Biji labu adalah biji yang diperoleh dari buah labu dan berwarna putih yang terbungkus dalam daging buah yang tebal.

Bagian penting dari buah labu merupakan sumber nutrisi yang kaya akan berbagai zat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan biji labu yang paling tersorot oleh penelitian adalah magnesium, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung, otak, dan fungsi otot.

Baca Juga: Ini 6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Kandungan Nutrisi Biji Labu

Labu

Biji labu mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk:

  • Magnesium: Berperan dalam lebih dari 300 reaksi dalam tubuh, termasuk menjaga detak jantung tetap stabil, fungsi saraf dan otot, pengaturan gula darah, dan memperkuat tulang.
  • Lemak Sehat: Terutama lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan mendukung kesehatan jantung.
  • Serat: Serat membantu pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan dapat melindungi terhadap penyakit jantung.
  • Seng: Dapat membantu dalam meningkatkan aspek-aspek fertilitas pria dan mendukung kesehatan sperma.
  • Fitostrogen: Senyawa ini mirip dengan hormon estrogen dan dapat membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara.
  • Antioksidan: Seperti flavonoid dan fenol, yang membantu melawan kerusakan sel dan melindungi terhadap penuaan dan penyakit.
  • Tryptophan: Asam amino ini membantu tubuh memproduksi melatonin dan serotonin, hormon yang berperan dalam regulasi tidur dan suasana hati.

Biji labu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya seperti fosfor, besi, tembaga, mangan, kalium, vitamin K, dan vitamin E.

Cara mengolah biji labu

Biji labu dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan bergizi. Berikut adalah beberapa cara umum untuk mengolah biji labu:

  • Panggang: Panaskan oven dan panggang biji labu dengan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah favorit merica atau paprika hingga kering kecokelatan.
  • Panggoreng: Goreng biji labu dengan minyak sedikit saja di atas kompor. Tambahkan rempah-rempah atau bumbu lainnya untuk memberi rasa tambahan.
  • Topping Salad: Taburkan biji labu panggang atau panggoreng di atas salad untuk memberikan rasa renyah dan nutrisi tambahan.
  • Pilih Granola: Tambahkan biji labu panggang ke campuran granola favorit Anda untuk rasa dan tekstur yang menarik.

Baca Juga: Ini Manfaat Kurma Muda bagi Ibu Menyusui dan Promil yang Menakjubkan

Manfaat biji labu

Banyak penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa biji labu yang dikonsumsi dengan dipanggang bermanfaat bagi tubuh.

Untuk itu, kenali manfaat biji labu untuk asupan serat hingga kesuburan pria dewasa, dilansir dari laman Health.com.

1. Kaya Magnesium

Biji labu adalah sumber magnesium. Mineral ini memainkan peran penting dalam lebih dari 300 reaksi alami dalam tubuh Anda.

Artinya, ini bermanfaat untuk menjaga detak jantung tetap stabil, fungsi saraf dan otot, hingga mengatur gula darah.

2. Asupan Lemak Sehat dan Serat

Biji labu memberikan lebih banyak lemak daripada karbohidrat dan protein per sajian satu ons, atau sekitar seperempat cangkir. Lemak dalam biji labu sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Lemak sehat ini menurunkan kadar kolesterol LDL ("jahat"), yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Para ahli menyarankan agar wanita mengonsumsi 25g serat per hari dan pria mengonsumsi 38g per hari.  Serat membantu pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Serat larut, yang merupakan jenis serat dalam biji labu, mungkin melindungi terhadap penyakit jantung.

3. Kesuburan Pria

Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa biji labu membantu meningkatkan aspek fertilitas pria, seperti laten ejakulasi dan stimulasi seksual. Laten ejakulasi adalah waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi selama penetrasi vagina.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan seng dapat mengganggu kualitas sperma dan perkembangan sel sperma.

4. Lawan Risiko Kanker Payudara

Fitostrogen adalah senyawa alami dalam beberapa makanan, termasuk biji labu. Senyawa ini mirip dengan hormon estrogen. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung fitostrogen membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Penelitian lain tentang hubungan antara fitostrogen dan kanker payudara telah bervariasi. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada efek positif.

5. Kesehatan Kandung Kemih dan Prostat

Ada penelitian terbatas tentang manfaat kesehatan langsung dari mengonsumsi biji labu itu sendiri. Sebaliknya, penelitian telah menunjukkan bahwa produk biji labu, seperti ekstrak dan minyak, mungkin mendukung kesehatan kandung kemih dan prostat.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa ekstrak biji labu dapat mengelola kandung kemih yang terlalu aktif dan mengurangi buang air kecil yang sering.

Penelitian lain menemukan bahwa ekstrak biji labu mungkin mengurangi gejala pembengkakan prostat, termasuk terbangun di tengah malam untuk buang air kecil, terutama di antara pria berusia 50–75 tahun.

Kesehatan prostat

6. Kesehatan Jantung

Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak biji labu mungkin mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah pada wanita pasca menopause.

Tekanan darah tinggi dan penurunan aliran darah adalah dua faktor risiko utama penyakit jantung. Biji labu memiliki banyak antioksidan, lemak sehat, dan serat, yang semua penting untuk kesehatan jantung.

7. Kaya Antioksidan

Biji labu mengandung antioksidan, termasuk flavonoid dan fenol. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan sel, yang dapat melindungi terhadap penuaan dan penyakit.

Penelitian telah mengaitkan flavonoid dengan beberapa efek yang meningkatkan kesehatan, termasuk perlindungan terhadap pengerasan arteri, kanker, dan penurunan kognitif. Fenol juga memiliki efek antikanker, antiinflamasi, dan antimikroba.

8. Atasi Insomnia

Biji labu adalah sumber triptofan, asam amino yang membantu tubuh memproduksi melatonin dan serotonin. Keduanya adalah hormon yang mempromosikan tidur yang nyenyak.

Melatonin mengendalikan siklus tidur-wake Anda, dan serotonin membantu mengatur mood dan tidur.

Demikian penjelasan terkait manfaat biji labu untuk kesehatan jantung hingga fertilitas dengan mudah.

Selanjutnya: Beli Gindaco Bisa Gratis ke Jepang, Begini Cara Mendapatkannya

Menarik Dibaca: Beli Gindaco Bisa Gratis ke Jepang, Begini Cara Mendapatkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×