kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kerap Dijadikan Takjil, Ini 6 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan


Selasa, 12 Maret 2024 / 11:22 WIB
Kerap Dijadikan Takjil, Ini 6 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan
ILUSTRASI. biji selasih

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh yang penting dan menarik diketahui. Selain itu, biji selasih juga kerap kali dijadikan menu minuman takjil untuk buka puasa.

Biji selasih, juga dikenal sebagai biji rami atau chia seeds, telah menjadi bahan makanan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Biji selasih memiliki sejarah panjang sebagai bahan makanan dan obat tradisional di berbagai budaya. 

Biji selasih sendiri berasal dari tanaman selasih (Salvia hispanica), yang awalnya ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Biji selasih dikenal karena kandungan nutrisi yang kaya dan beragam manfaat kesehatan yang mereka tawarkan.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Makanan Sehat Untuk Buka Puasa, Mau Coba?

Melansir dari NDTV, biji selasih memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, meredakan sembelit, meningkatkan kesehatan kulit, dan memberikan efek mendinginkan tubuh. Selain itu, biji selasih kaya akan serat, antioksidan, mineral seperti zat besi dan magnesium, serta asam lemak esensial.

Selain itu, berikut beberapa manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh:

Sumber Nutrisi yang Kaya

Biji selasih mengandung beragam nutrisi penting, termasuk serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Mereka juga kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan otak, jantung, dan sistem saraf. Selain itu, biji selasih juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan mangan, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi biji selasih secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 dan serat yang tinggi dalam biji selasih. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan tekanan darah, sementara serat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Semua ini merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Biji selasih adalah sumber serat larut, yang membantu dalam pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan mengatur kadar gula darah. Selain itu, serat juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat mendukung usaha penurunan berat badan.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Menyokong Kesehatan Tulang

Kalsium, fosfor, dan magnesium yang terdapat dalam biji selasih merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi biji selasih dapat membantu menjaga kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, dan mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, terutama pada anak-anak dan remaja.

Manfaat bagi Penderita Diabetes

Biji selasih dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes. Serat dalam biji selasih membantu mengatur penyerapan gula darah, sehingga mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Antioksidan yang Kuat

Biji selasih mengandung antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit kronis, termasuk kanker.

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan? Catat 8 Hal Ini

Cara Mengonsumsi Biji Selasih

Biji selasih dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, seperti smoothie, yogurt, sereal, atau salad. Mereka juga dapat digunakan sebagai pengganti telur dalam resep vegan atau digunakan sebagai penguat rasa pada makanan. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar, karena biji selasih memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Meskipun biji selasih memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu bijak dalam penggunaannya dan konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Dengan mengintegrasikan biji selasih ke dalam pola makan seimbang, Anda dapat mendukung kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×