kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Minum Air Putih sebelum Makan Berat yang Menakjubkan


Kamis, 18 April 2024 / 19:45 WIB
8 Manfaat Minum Air Putih sebelum Makan Berat yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat Minum Air Putih sebelum Makan Berat yang Menakjubkan

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar manfaat minum air putih sebelum makan berat. Minum air putih sebelum makan berat adalah praktik yang melibatkan mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup sebelum memulai makanan utama.

Kebiasaan ini sering kali dianjurkan sebagai bagian dari kebiasaan sehat untuk mendapatkan manfaat kesehatan pencernaan dan mengontrol asupan makanan.

Minum air sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Ini dapat membantu mengontrol porsi makan Anda dan mencegah overeating.

Air membantu melunakkan makanan dalam lambung dan usus, memudahkan proses pencernaan. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: 8 Obat Alami Penurun Gula Darah yang Naik saat Lebaran, Catat Bahan-Bahannya

Manfaat minum air putih sebelum makan berat

Minum air putih

Terkadang, rasa lapar sebenarnya merupakan tanda kekurangan cairan. Minum air sebelum makan dapat membantu menghidrasi tubuh dan mengurangi risiko dehidrasi.

Memulai makan dengan terhidrasi dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Namun, penting untuk diingat bahwa minum air berlebihan sebelum makan juga dapat mengganggu pencernaan dengan mengencerkan asam lambung dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa manfaat minum air putih sebelum makan berat.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Trombosit secara Alami

Oleh karena itu, disarankan untuk minum secukupnya, sekitar setengah gelas sampai satu gelas air sebelum makan, dan menghindari minum terlalu banyak agar tidak merasa kenyang secara berlebihan.

Selain itu, kebutuhan cairan setiap individu dapat bervariasi, jadi disarankan untuk mendengarkan tubuh Anda sendiri dan bertindak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini manfaat minum air putih sebelum makan berat yang baik untuk kesehatan, dilansir dari laman Manipal Hospitals.

1. Membersihkan Usus

Minum air saat perut kosong membantu membersihkan usus Anda. Ini menciptakan dorongan untuk buang air besar dan oleh karena itu membantu mengatur saluran pencernaan Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan saat buang air besar atau jika Anda merasa sembelit, minumlah banyak air karena itu membantu membersihkan limbah dari tubuh Anda.

2. Buang Toksin dari Tubuh

Minum air membantu membersihkan semua toksin dari tubuh. Ini membantu detoksifikasi diri Anda. Ini menghilangkan semua toksin dari tubuh dan membersihkan sistem. Penghilangan toksin meningkatkan kualitas kulit dan memberi cahaya pada wajah.

3. Cegah Sakit Kepala

Salah satu alasan utama sakit kepala adalah kurangnya asupan air yang teratur. Dehidrasi menyebabkan sakit kepala. Minum air tidak hanya mencegah sakit kepala tetapi juga menghentikan bau mulut dan masalah gigi lainnya.

4. Nafsu Makan dan Energi Naik

Minum air di pagi hari, saat perut kosong, membersihkan semua limbah dari tubuh dan membuat Anda merasa lapar.

Selain itu, kondisi tubuh saat perut kosong merangsang sel darah merah untuk berkembang dengan cepat, yang pada gilirannya meningkatkan tingkat energi tubuh.

5. Memperbaiki Metabolisme

Seseorang yang sedang diet sebaiknya minum banyak air untuk meningkatkan laju metabolisme. Laju metabolisme meningkat sekitar 25 persen dengan minum air saat perut kosong.

Pencernaan yang lebih cepat juga menghasilkan penurunan berat badan yang sehat. Minum banyak air membersihkan semua toksin dan mencegah infeksi menyebar melalui tubuh.

Ini pada akhirnya memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan tubuh dari berbagai jenis infeksi.

6. Bantu Menurunkan Berat Badan

Air tidak memiliki kalori sehingga minum banyak air saat diet sangat penting karena membantu menurunkan berat badan. Ini juga membersihkan semua toksin dan mengurangi keasaman.

Karena air meningkatkan metabolisme, tubuh Anda juga cenderung membakar kalori lebih cepat. Ini adalah salah satu strategi terbaik untuk menurunkan berat badan.

7. Hidrasi Kulit

Dehidrasi menyebabkan sejumlah masalah, di antaranya adalah masalah kulit. Dehidrasi menyebabkan keriput prematur dan membuat kulit berpori.

Minum air saat perut kosong mengatur aliran darah dan meningkatkan kualitas kulit. Ini juga membantu melepaskan toksin dari tubuh dan membuat kulit bersinar.

8. Cegah Batu Ginjal

Minum air saat perut kosong mencegah pembentukan batu ginjal. Ini juga mencegah infeksi kandung kemih. Air melarutkan asam dan mencegah pembentukan batu untuk menjaga kesehatan ginjal.

Demikian penjelasan terkait manfaat minum air putih sebelum makan berat yang perlu Anda kenali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×