kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Harga Emas Kinclong, Ini Alasan Mengapa Warren Buffett Tetap Tak Suka Si Logam Kuning


Rabu, 17 April 2024 / 04:20 WIB
Harga Emas Kinclong, Ini Alasan Mengapa Warren Buffett Tetap Tak Suka Si Logam Kuning
ILUSTRASI. Warren Buffett dikenal tidak tertarik dengan investasi emas. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Harga emas semakin berkilau. Bahkan, prospek harga emas dunia diramal akan semakin mengkilap seiring tingginya tensi geopolitik dan permintaan China akan emas. 

Melansir Kontan, berdasarkan data Trading Economics, harga emas pada Selasa (16/4) pukul 18.34 WIB, berada di US$ 2.372 per troy ons atau menguat 0,80% dalam sepekan terakhir.

Sejumlah analis menilai, prospek penguatan harga emas berpotensi bisa jauh lebih signifikan karena permintaan meningkat saat geopolitik memanas. Terlebih, ekskalasi perang antara Iran dan Israel yang dinilai pasar akan memberi dampak lebih signifikan.

Di sisi lain, China juga telah memborong emas sejak 16 bulan lalu, menjadikan permintaan pasar terhadap emas lebih kentara.

Meski harga emas kerap naik, namun Warren Buffett tidak tertarik dengan investasi emas.

Lantas, bagaimana sebenarnya pendapat Warren Buffett tentang emas tersebut?

Pendapat jenius Warren Buffett tentang emas

1. “Emas…memiliki dua kekurangan yang signifikan”

“Emas mempunyai dua kekurangan yang signifikan, yaitu tidak banyak berguna dan tidak produktif. Benar, emas mempunyai kegunaan industri dan dekoratif, namun permintaan untuk tujuan ini terbatas dan tidak mampu menyerap produksi baru. Sementara itu, jika Anda memiliki satu ons emas untuk selamanya, Anda akan tetap memiliki satu ons emas pada akhirnya”

— Buffett, surat kepada pemegang saham, 2011

Surat Buffett kepada para pemegang saham pada tahun 2011 mencakup diskusi yang cukup panjang mengenai emas, yang mencapai titik tertinggi sepanjang masa yaitu sekitar US$ 1.920 per ounce pada bulan September tahun itu.

Dalam suratnya, Buffett menjabarkan tiga jenis investasi, menempatkan emas pada kategori kedua, yang melibatkan “aset yang tidak akan pernah menghasilkan apa pun.” 

Baca Juga: Terinspirasi Warren Buffett, 7 Hal Ini Dapat Dihindari Agar Tidak Jatuh Miskin

Pembeli membeli aset-aset ini, menurut Buffett, dengan harapan orang lain akan membayar lebih untuk aset tersebut di masa depan. 

“Pemilik tidak terinspirasi oleh apa yang dapat dihasilkan oleh aset itu sendiri – aset tersebut akan tetap mati selamanya – melainkan oleh keyakinan bahwa orang lain akan semakin menginginkannya di masa depan,” katanya dalam surat tersebut.

Para pendukung emas bereaksi keras terhadap komentar-komentar tersebut, dengan alasan bahwa tujuan dari emas bukanlah pada apa yang dapat dihasilkannya; sebaliknya, nilainya berasal dari fakta bahwa ia merupakan sumber perlindungan pada saat krisis.

Baca Juga: Bill Gates Ajarkan Cara Bijak Menggunakan Uang

2. “Ia tidak akan melakukan apa pun… kecuali melihat Anda”

“Saya tidak memiliki pandangan mengenai di mana (emas) akan berada (dalam lima tahun ke depan), tetapi satu hal yang dapat saya katakan kepada Anda adalah emas tidak akan berpengaruh apa pun kecuali melihat Anda” 

— Buffett, Squawk dari CNBC Kotak, 2009

Sebagian besar hal lain yang dikatakan Buffett tentang emas berkaitan dengan dua kegagalan yang ia sebutkan dalam suratnya kepada pemegang saham pada tahun 2011: kurangnya kegunaan logam tersebut dan fakta bahwa logam tersebut tidak produktif.

Dalam episode Squawk Box CNBC tahun 2009, Buffett menyampaikan pemikirannya tentang isu-isu tersebut dengan cara yang sedikit berbeda. 

Berbicara tentang emas dalam lima tahun ke depan dan apakah emas harus menjadi bagian dari strategi investasi nilai, Buffett mengatakan dia tidak memiliki pendapat mengenai kemana emas akan dibawa.

Hal ini berbeda dengan saham-saham seperti Coca-Cola dan Wells Fargo, yang menurut Buffett akan menghasilkan uang, dan banyak lagi. 

Dia menjelaskan, “Jauh lebih baik memiliki angsa yang terus bertelur daripada angsa yang hanya duduk di sana dan memakan asuransi, penyimpanan, dan beberapa hal semacam itu.”

Baca Juga: 6 Pesan Jenius Warren Buffett Bagi Mereka yang Ingin Sukses Secara Finansial

3. “Emas adalah cara untuk menahan rasa takut”

“(Dengan) aset seperti emas, misalnya, tahukah Anda, pada dasarnya emas adalah cara untuk mengambil posisi beli dalam ketakutan, dan itu merupakan cara yang cukup bagus untuk mengambil posisi lama dalam rasa takut dari waktu ke waktu. Namun kita benar-benar harus berharap bahwa orang-orang akan menjadi lebih takut dalam satu atau dua tahun ke depan dibandingkan sekarang. Dan jika mereka semakin takut, Anda menghasilkan uang, jika rasa takut mereka berkurang, Anda akan kehilangan uang. Tapi emas itu sendiri tidak menghasilkan apa-apa” 

— Buffett, Squawk Box CNBC, 2011

Buffett juga telah berbicara cukup banyak mengenai keyakinannya bahwa orang yang membeli emas pada dasarnya bertaruh pada rasa takut. Kutipan di atas berasal dari episode Squawk Box CNBC tahun 2011, namun dia juga mengemukakan gagasan ini dalam suratnya tahun 2011 kepada pemegang saham.

“Apa yang memotivasi sebagian besar pembeli emas adalah keyakinan mereka bahwa jumlah orang yang merasa takut akan bertambah,” katanya dalam surat itu. 

Memang benar, emas sering kali digambarkan sebagai investasi yang aman (safe-haven), yang berarti bahwa orang-orang berbondong-bondong membeli emas pada saat terjadi gejolak agar merasa lebih aman dan menyeimbangkan portofolio mereka yang lain.

Meskipun Buffett mengakui bahwa “selama dekade terakhir keyakinan ini telah terbukti benar” – dengan kata lain, ketakutan memang memacu permintaan emas – secara keseluruhan ia melihat rasa takut yang berkepanjangan sebagai sebuah masalah. Sekali lagi dia kembali ke gagasan bahwa emas tidak mempunyai kegunaan dan tidak produktif.

Buffett lebih memilih perak

Mengutip investopedia, salah satu prinsip dasar investasi Buffett adalah bahwa seseorang hanya boleh berinvestasi pada hal-hal yang berguna dan memiliki tujuan tertentu serta memenuhi kebutuhan praktis yang dimiliki masyarakat. 

Untuk yang satu ini, Buffett lebih memilih perak. Menurutnya, perak memiliki banyak sekali kegunaan industri dan medis. Dalam pengobatan, perak digunakan dalam perban, kateter, dan sebagai bahan penyembuhan luka bakar dan kondisi kesehatan lainnya.

Baca Juga: 10 Rahasia Warren Buffett sehingga Bisa Menyandang Status Miliarder

Perak juga digunakan untuk penjernihan air. Dalam bidang elektronik, perak merupakan logam penghantar listrik terbaik dan tidak menimbulkan korosi, sehingga perak digunakan secara luas pada bagian kabel dan penghubung, komputer, ponsel, dan kamera. Perak bahkan digunakan untuk melapisi DVD karena tahan gores.

Oleh karena itu, perak memenuhi persyaratan Buffett untuk memiliki nilai nyata dan dapat diidentifikasi. Bahkan yang lebih baik lagi, dari sudut pandang seorang investor, perak hampir secara unik cocok untuk sejumlah kegunaannya sebagai logam industri dan akan sulit untuk digantikan dengan bahan pengganti apa pun.

Selanjutnya: Bitcoin Memerah dalam Sepekan, Ini Sentimen Pemberatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×