kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 4 Cara Memanfaatkan Daun Perilla untuk Lawan Asam Urat


Senin, 29 April 2024 / 07:57 WIB
Ini 4 Cara Memanfaatkan Daun Perilla untuk Lawan Asam Urat
ILUSTRASI. 4 Cara Memanfaatkan Daun Perilla untuk Kesehatan, Bisa Lawan Asam Urat

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara memakai daun perilla atau daun wijen untuk melunturkan asam urat. Pengobatan bahan alami berikut dapat dicoba dalam mendapatkan khasiat yang mujarab.

Perilla atau daun wijen merupakan tanaman yang akrab bagi kebanyakan orang di Asia Tenggara, sehingga tanaman ini sering digunakan sebagai obat rumahan.

Selain itu, daun perilla juga merupakan herbal yang digunakan untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan batuk, pilek, dan asma. Bahkan, daun ini juga dapat mengurangi gejala asam urat secara efektif.

Pada penyakit asam urat, perilla digunakan secara teratur untuk membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh penyakit ini.

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Ada 9 Khasiat Penting

Manfaat daun perilla

Daun Perilla

Penelitian telah menunjukkan bahwa dalam perilla terdapat bahan-bahan sehat seperti: Asam rosmarinat, Luteolin, Perilaldehid, Apigenin, mineral Fosfor, Magnesium, Kalsium, Besi, dan vitamin A, B, C.

Bahan-bahan aktif ini semua mampu mendukung vasodilatasi, anti-inflamasi, mengurangi nyeri, ekskresi asam urat dalam darah dari tubuh, membantu mencegah reaksi peradangan dan sehingga dapat membatasi serangan asam urat yang efektif.

Khususnya, ada beberapa komponen dalam daun perilla yang menghambat enzim xantin oksidase, yang merupakan enzim yang berperan dalam mempromosikan pembentukan asam urat dalam tubuh.

Daun perilla kaya serat, alkalinitas tinggi dapat mempromosikan proses pemurnian dan pengeluaran asam urat dalam ginjal. Oleh karena itu, daun perilla mengobati asam urat dengan efisiensi tinggi bagi pasien.

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Ada 9 Khasiat Penting

Cara memanfaatkan Daun Perilla

Ada beberapa panduan mengolah daun perilla atau daun wijen ini dengan mudah. Simak daftar resep atau cara memanfaatkan daun perilla untuk kesehatan termasuk menurunkan asam urat, dirangkum dari laman Vinmec.

1. Air rebusan daun perilla

Anda dapat menggunakan 6-12 gram daun perilla, cuci dan potong, rebus dengan air bersih selama sekitar 15 menit, setelah mendidih, saring sisa-sisa, bagi air menjadi beberapa kali untuk diminum sepanjang hari,

Sebaiknya digunakan hangat untuk hasil yang lebih baik dan dikonsumsi dalam 1 hari. Obat ini dapat digunakan saat terjadi serangan asam urat akut atau dikonsumsi setiap hari secara teratur untuk mengendalikan konsentrasi asam urat dalam darah.

2. Daun perilla mentah

Pasien dapat mengonsumsi daun perilla dalam diet sehari-hari mereka, selain untuk memperbaiki gejala asam urat, daun perilla juga membantu masalah pencernaan. keracunan makanan dan sejumlah masalah kesehatan umum seperti batuk, flu, pilek, dll.

3. Kompres Daun perilla

Pasien menyiapkan segenggam daun perilla, mencuci dan mengeringkannya, kemudian tumbuh daun perilla. Anda dapat menggunakan daun perilla yang dihaluskan untuk menutupi sendi yang sakit, menggunakan handuk bersih untuk membungkus posisi sendi untuk menstabilkan.

Anda bisa menggunakannya selama 15-20 menit, kemudian lepaskan handuk dan bilas sendi dengan air hangat. Saat gejala serangan asam urat akut dimulai, segera terapkan daun perilla untuk memberikan efek terbaik.

4. Air daun perilla untuk merendam kaki

Anda dapat menggunakan 1 genggam daun perilla segar, cuci, kemudian rebus dengan 2 liter air selama 10-15 menit, tunggu hingga air menjadi dingin dari 45-50 derajat, kemudian Anda bisa merendam kaki Anda.

Tempatkan untuk merendam selama 30 menit. Merendam kaki pada malam hari sebelum tidur dapat membantu pasien membatasi rasa sakit pada malam hari.

Itulah panduan informasi terkait manfaat daun perilla untuk kesehatan terutama membasmi asam urat dengan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×