kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Sumber Makanan Pengganti Susu Sapi untuk Anak Penderita Alergi Laktosa


Selasa, 30 April 2024 / 10:07 WIB
Ini 5 Sumber Makanan Pengganti Susu Sapi untuk Anak Penderita Alergi Laktosa
ILUSTRASI. Ini 5 Sumber Makanan Pengganti Susu Sapi untuk Anak Penderita Alergi Laktosa

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar sumber makanan pengganti susu sapi untuk anak penderita intoleransi laktosa. Nutrisi anak menjadi perhatian utama bagi orang tua, terutama ketika anak mengalami alergi laktosa.

Alergi laktosa merupakan kondisi di mana tubuh anak tidak dapat mencerna laktosa, gula alami yang terdapat dalam susu dan produk susu lainnya.

Hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pencernaan, mual, muntah, bahkan dapat mencapai diare tingkat lanjut.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami nutrisi yang tepat bagi anak yang mengalami alergi laktosa, serta mencari alternatif yang sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Baca Juga: 6 Efek Negatif Minum Susu Kental Manis Berlebihan bagi Anak-anak

Makanan pengganti susu sapi

Alergi laktosa atau susu sapi

Anda perlu memperhatikan pilihan makanan kemasan seperti sereal gandum utuh untuk mencari yang diperkaya dengan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D.

Penting untuk memeriksa setiap label Informasi Gizi untuk memastikan bahwa diperkaya dengan nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin D.

Ini membantu memastikan bahwa anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama apabila tidak konsumsi produk susu.

Nah, terdapat beberapa alternatif sumber nutrisi untuk anak yang memiliki intoleransi laktosa, dilansir dari laman Eat Right.

Baca Juga: Mau Menurunkan Gula Darah Tinggi di Pagi Hari Tanpa Obat? Ini 3 Caranya

1. Konsumsi buah secara rutin

Konsumsi buah seperti pisang setelah makan bisa Anda biasakan ke Anak Anda. Ini tidak hanya memberikan rasa yang lezat, tetapi juga memberikan tambahan kalium, yang penting untuk kesehatan jantung dan otot.

Orang tua dapat menggabungkan dengan mentega almond juga memberikan sumber kalsium yang baik, yang penting untuk kesehatan tulang.

2. Pilih daun kale atau sayuran hijau gelap

Gabungkan daun kale atau sayuran hijau gelap lainnya ke dalam smoothie adalah cara yang baik untuk mendapatkan kalsium tanpa menggunakan produk susu.

Sayuran hijau gelap kaya akan kalsium dan juga menyediakan sejumlah besar nutrisi lainnya, menjadikannya pilihan yang sehat untuk smoothie.

Konsumsi sayuran hijau tua seperti bok choy atau brokoli dalam hidangan anak adalah cara yang baik untuk mendapatkan tambahan kalsium. Ini dapat disajikan sebagai hidangan pendamping atau dicampurkan ke dalam sup untuk mendapatkan nutrisi tambahan.

3. Pilih ikan segar dibanding kaleng

Dengan mengganti ikan kalengan dengan tuna segar, Anak dapat mendapatkan tambahan kalsium tanpa harus mengonsumsi produk susu. Tuna juga merupakan sumber protein yang baik dan sehat untuk memenuhi vitamin D dan asam lemak.

4. Kenalkan kacang dan biji-bijian

Penambahan kacang yang sudah dimasak dalam hidangan Anda adalah cara lain untuk mendapatkan kalsium dan protein tanpa produk susu.

Anda dapat menyajikannya sebagai bubur atau menggunakannya untuk mengental kan sup, memberikan nutrisi tambahan pada hidangan anak-anak.

5. Ganti dengan susu nabati

Susu kedelai dan yogurt berbasis kedelai juga menyediakan protein dan dapat menjadi sumber kalsium, vitamin A, dan vitamin D. Minuman ini dianggap sebagai pilihan yang paling mirip secara nutrisi dengan susu sapi.

Sehingga, Anak dapat membandingkan dengan alternatif minuman alami dan menjadi bagian dari kelompok produk susu.

Demikian informasi terkait daftar sumber makanan pengganti susu sapi untuk anak yang memiliki alergi laktosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×