kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Rapat Pemegang Saham Tahunan Berkshire 2024: Warren Buffett Rindu Charlie Munger


Senin, 06 Mei 2024 / 03:35 WIB
Rapat Pemegang Saham Tahunan Berkshire 2024: Warren Buffett Rindu Charlie Munger
ILUSTRASI. Rapat pemegang saham kali ini merupakan yang pertama kalinya bagi Warren Buffett tanpa Charlie Munger. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway yang digelar pada Sabtu (4/5/2024) merupakan yang pertama di era baru bagi konglomerat Warren Buffett.

Melansir Yahoo Finance, pertemuan kali ini menandai untuk pertama kalinya CEO Warren Buffett menjawab pertanyaan dari pemegang saham setelah kematian wakil ketua Berkshire Hathaway Charlie Munger akhir tahun lalu pada usia 99 tahun.

Dalam surat tahunannya kepada pemegang saham Berkshire, Buffett menyebut Munger sebagai "arsitek" Berkshire Hathaway modern, yang namanya diambil dari perusahaan tekstil yang sekarang sudah tidak beroperasi di New England dan telah berkembang menjadi konglomerat terbesar di S&P 500.

Selama sekitar 60 tahun, para pemegang saham telah melakukan kunjungan tahunan ke Omaha, Nebraska untuk mendengar langsung dari "pasangan aneh" yang membangun perusahaan tersebut menjadi konglomerat bernilai miliaran dolar seperti sekarang ini.

Baca Juga: Kinerja Ambles, Perusahaan Warren Buffett Pangkas Kepemilikan Saham Apple

Mengutip Investopedia, Munger, yang biasa duduk di samping Warren di atas panggung, selalu siap dengan satu kalimat untuk memperkuat pendapat Buffett, menjawab pertanyaan pemegang saham, atau memberikan sedikit petuah yang bijaksana.

Film tahunan yang mengawali pertemuan tersebut berfokus pada Munger tahun ini, yang memperlihatkan Munger selama bertahun-tahun membuat lelucon atau mengomel tentang bisnis sementara Buffett tertawa di sisinya.

Tahun ini, orang yang duduk di samping Buffett adalah Kepala Bbisnis Asuransi Berkshire Ajit Jain dan Greg Abel, yang menjalankan semua bisnis non-asuransi. Pasangan ini sebagian besar berfokus pada fakta dan angka di balik operasi mereka masing-masing.

Buffett menyebut Munger secara ekstensif sepanjang hari dan penonton tertawa di saat yang pahit ketika dia memberikan pertanyaan kepada Charlie Munger karena kebiasaannya, yang berarti memberi Abel kesempatan untuk berbicara.  

Baca Juga: Ini yang Bisa Bikin Hidup Anda Hancur dalam 5 Menit Menurut Warren Buffett

Profil Charlie Munger

Mengutip Forbes, berikut adalah biodata singkat mengenai Charlie Munger:

  • Charlie Munger, wakil ketua Berkshire Hathaway dan teman lama serta mitra bisnis Warren Buffett, meninggal pada November 2023 pada usia 99 tahun.
  • Berasal dari Omaha, Munger meninggalkan Universitas Michigan untuk menjadi ahli meteorologi Angkatan Darat selama Perang Dunia II.
  • Dia kemudian memperoleh gelar dari Harvard Law School dan bertemu Buffett di sebuah pesta makan malam pada tahun 1959. Dia bergabung dengan Berkshire Hathaway pada tahun 1970-an.
  • Pada saat kematiannya, Munger bertugas di dewan direksi Berkshire serta dewan direksi penerbit surat kabar Daily Journal Corp. dan perusahaan retail Costco.
  • Seperti Buffett, ia dikenal sebagai investor pragmatis dan filantropis aktif yang hidup relatif hemat dan memberikan jutaan dolar kepada universitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×