kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tangan Kanan Warren Buffett, Charlie Munger, Meninggal Dunia di Usia 99 tahun


Rabu, 29 November 2023 / 05:01 WIB
Tangan Kanan Warren Buffett, Charlie Munger, Meninggal Dunia di Usia 99 tahun
ILUSTRASI. Charlie Munger, wakil ketua dan orang kedua setelah Warren Buffett di Berkshire Hathaway, meninggal dunia pada Selasa pagi.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Charlie Munger, wakil ketua dan orang kedua setelah Warren Buffett di Berkshire Hathaway, meninggal dunia pada Selasa pagi di rumah sakit California.

Melansir Reuters, Munger saat ini berusia 99 tahun, dan akan berusia 100 tahun pada 1 Januari 2024. 

Menurut keterangan resmi Berkshire, Munger meninggal dengan tenang. Tidak ada alasan lain yang diberikan.

"Berkshire Hathaway tidak mungkin mencapai statusnya saat ini tanpa inspirasi, kebijaksanaan, dan partisipasi Charlie," kata Buffett, ketua dan CEO Berkshire, dalam sebuah pernyataan.

Munger telah menjadi wakil ketua Berkshire sejak tahun 1978, bekerja sama dengan Buffett dalam mengalokasikan perusahaan konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska. Munger juga dengan cepat memberi tahu Buffett ketika dia melakukan kesalahan.

“Ini mengejutkan,” kata Thomas Russo, partner di Gardner Russo & Quinn di Lancaster, Pennsylvania, yang sudah lama menjadi pemegang saham Berkshire. 

Dia menambahkan, “Kejadian ini akan meninggalkan kekosongan besar bagi investor yang telah mencontohkan pemikiran, perkataan dan aktivitas mereka berdasarkan Munger dan wawasannya.”

Kematian Munger sepertinya tidak akan berdampak besar pada operasi Berkshire.

Dua wakil ketua lainnya, Greg Abel dan Ajit Jain, sehari-hari mengawasi lusinan bisnis yang beroperasi di Berkshire. Abel diperkirakan akan menjadi CEO setelah Buffett tidak lagi memimpin.

“Saya kira Berkshire tidak akan terlihat jauh berbeda, selain Buffett tidak lagi bisa berbagi ide dengan Munger,” kata Russo. "Berkshire mungkin kurang menyenangkan tanpa dia."

Melansir The Telegraph, seperti rekan bisnisnya, Munger lahir di Omaha, Nebraska, dan merupakan letnan dua di Korps Udara Angkatan Darat AS sebelum memperoleh gelar sarjana hukum di Harvard. Pasangan rekanan ini bertemu pada tahun 1959 ketika Munger berada di Omaha.

Dalam beberapa tahun terakhir, Munger menjadi terkenal karena komentarnya pada rapat umum tahunan Berkshire Hathaway, yang juga dihadiri ribuan orang secara langsung. 

Dia mengecam bagaimana perusahaan membesar-besarkan keuntungan melalui langkah-langkah seperti “laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi”, yang dia gambarkan sebagai “bulls—earnings”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×