kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

11 Manfaat Rutin Konsumsi Selendri yang Menakjubkan, Bisa Lunturkan Kolesterol Jahat


Selasa, 21 November 2023 / 16:57 WIB
11 Manfaat Rutin Konsumsi Selendri yang Menakjubkan, Bisa Lunturkan Kolesterol Jahat
ILUSTRASI. 11 Manfaat Rutin Konsumsi Selendri yang Menakjubkan, Bisa Lunturkan Kolesterol Jahat.

Penulis: Tiyas Septiana

Manfaat Rutin Konsumsi Selendri -  Seledri merupakan salah satu sayuran tinggi nutrisi yang baik dikonsumsi rutin untuk menunjang kesehatan.

Seledri, mengutip dari Medical News Today, masih satu keluarga dengan wortel hingga parsley. Sayuran ini sering digunakan sebagai pemanis masakan hingga diolah menjadi jus. 

Dalam 4 gram seledri terkandung serat sebanyak 0,1 gram. Selain itu seledri juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid

Baca Juga: Kaki Ibu Hamil Bengkak? Coba Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil Ini

Seledri juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan folat, kalium, magnesium, serta potasium. 

Merangkum dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Alodokter, berikut beragam manfaat seledri untuk kesehatan tubuh. 

Menurunkan tekanan darah

Seledri mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa phthalide yang dapat mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah arteri. 

Efek ini bisa membuat aliran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga baik dikonsumsi sebagai salah satu pilihan sayuran untuk mengontrol tekanan darah. 

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus, sup, ataupun makanan ringan berupa sayuran kering.

Menurunkan kolesterol

Manfaat seledri selanjutnya adalah menurunkan kolesterol tinggi, khususnya menghambat kolesterol jahat dalam tubuh. 

Senyawa 3-n-butylphthalide yang sangat tinggi dalam seledri yang mampu mengontrol kolesterol tersebut. Kandungan ini mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah. 

Apabila sering mengeluh kolesterol yang tidak kunjung turun, Anda bisa mencoba konsumsi jus seledri yang dicampur wortel untuk menekan aroma khasnya yang unik.

Mengontrol berat badan

Konsumsi seledri dalam bentuk makanan atau minuman, seperti jus seledri, juga baik untuk menurunkan berat badan. 

Selain kandungan kalorinya rendah, seledri juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Meski demikian, sebaiknya Anda juga mengimbangi program diet ini dengan mengatur pola makan dan olahraga secara rutin. 

Mengontrol gula darah

Konsumsi seledri, khususnya jus seledri, dapat mengontrol kadar gula darah. Ini karena seledri banyak mengandung antioksidan yang dapat melindungi pankreas, yaitu organ penghasil insulin dan mendukung efektivitas kerja hormon insulin dalam mengontrol gula darah.

Seledri juga termasuk dalam makanan dengan kadar indeks glikemik rendah. Dengan demikian, konsumsi seledri tidak akan membuat gula darah cepat meningkat, sehingga lebih mudah terkontrol. 

Inilah yang membuat seledri baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi prediabetes.

Baca Juga: Cek Kondisi Kaki Anda, Ini 6 Ciri-Ciri Kolesterol Naik Dilihat dari Kaki

Memelihara kesehatan jantung

Salah satu manfaat seledri bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium dalam seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menjaganya tetap normal. 

Kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung. Selain itu, seledri juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Kedua kandungan ini dapat mencegah terbentuknya sumbatan atau plak di pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

Menjaga saluran pencernaan

Seledri juga diketahui baik untuk kesehatan saluran cerna. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan air dan serat yang tinggi di dalamnya. 

Tidak hanya melancarkan pencernaan, seledri juga dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Memperlancar menstruasi

Seledri dipercaya mampu meredakan rasa tidak nyaman dan perut kembung yang kerap dialami wanita saat menstruasi. 

Kandungan mineral di dalamnya juga mampu melemaskan otot perut yang kaku ketika haid sehingga dapat mencegah nyeri atau kram perut.

Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam seledri dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. 

Kandungan flavonoid dan vitamin C mampu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas yang berkontribusi terhadap munculnya penyakit kanker.

Menjaga kesehatan hati

Seledri juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ hati. Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan. 

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting dalam pengobatan untuk berbagai masalah liver.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Tubuh Anda Kelebihan Asupan Garam yang Tidak Boleh Diabaikan

Menjaga kesehatan ginjal

Seledri mempunyai kandungan vitamin C, B, A dan zat besi tinggi yang sangat berguna untuk perlindungan organ ginjal dan liver.

Anda bisa memanfaatkan sayur ini dengan cara merebus beberapa helai dan batang daun seledri dengan air kurang dari 1 liter. 

Masak hingga mendidih selama 10 menit. Tuangkan dalam botol dan simpan dalam lemari es. Konsumsi rebusan air daun seledri ini satu gelas setiap hari.

Menyehatkan mata

Seledri juga termasuk salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan dan fungsi mata. Ini karena seledri kaya akan vitamin A dan antioksidan, seperti lutein

Nutrisi tersebut baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula

Selanjutnya: Defisit Neraca Pembayaran Indonesia Diperkirakan Berlangsung hingga Kuartal IV

Menarik Dibaca: Bisa Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 4 Manfaat Pijat untuk Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×