kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,48   -9,03   -0.90%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

11 Penyebab Bintik Merah di Kulit Tanpa Rasa Gatal, Waspada Iritasi Kronis


Kamis, 01 Februari 2024 / 11:10 WIB
11 Penyebab Bintik Merah di Kulit Tanpa Rasa Gatal, Waspada Iritasi Kronis
ILUSTRASI. Ilustrasi?bintik merah pada kulit

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Waspadai kemunculan bintik merah di kulit tanpa ada rasa gatal. Setiap orang bisa saja menemukan kondisi yang berbeda dengan melihat permukaan kulit.

Bintik merah di kulit yang tidak menimbulkan rasa gatal seringkali menjadi perhatian misterius yang memunculkan pertanyaan tentang kesehatan dan kondisi kulit. Meskipun tidak disertai sensasi gatal, bintik-bintik merah ini memiliki cerita unik di baliknya.

Kulit yang dapat menjadi indikator kesehatan tubuh sehingga berbagai gejala yang mungkin tidak langsung terlihat.

Untuk itu, pastikan Anda mengetahui penyebab bintik merah di kulit yang tidak menimbulkan rasa gatal, serta memahami apa yang dapat dikomunikasikan oleh tubuh melalui pola bintik merah ini.

Baca Juga: Arti dari Bintik Putih pada Kuku Jari Tangan & Kaki, Cek Juga Cara Mengatasinya

Diagnosa pada bintik merah pada kulit

Untuk mengetahui diagnosa bintik merah pada kulit biasanya melibatkan pemeriksaan fisik oleh dokter, riwayat medis pasien, dan jika diperlukan, pemeriksaan tambahan. Berikut adalah beberapa langkah yang biasanya dilakukan dalam proses diagnosa:

1. Pemeriksaan Fisik

Dokter akan memeriksa bintik merah pada kulit secara langsung. Mereka akan memperhatikan ukuran, bentuk, warna, dan tekstur bintik merah tersebut. Bintik merah yang gatal atau terasa nyeri mungkin menunjukkan kondisi tertentu, seperti alergi atau infeksi.

2. Riwayat Medis

Dokter akan menanyakan informasi lebih lanjut mengenai riwayat medis pasien, termasuk riwayat alergi, penggunaan obat-obatan, paparan alergen atau iritan, serta perubahan gaya hidup atau lingkungan.

3. Tes Laboratorium

Pemeriksaan darah atau tes laboratorium tertentu dapat membantu mendeteksi infeksi atau kondisi medis lain yang mungkin menjadi penyebab bintik merah.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merujuk pasien untuk menjalani tes pencitraan, seperti biopsi kulit atau pemeriksaan dengan kamera kulit (dermatoskopi), untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Ciri-ciri Demam Berdarah Pada Orang Dewasa, Obat DBD di Apotek, dan Obat DBD Alami

Penyebab bintik merah pada kulit

Ilustrasi kulit bintik merah

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa penyebab bintik merah pada kulit yang tidak gatal, dirangkum dari laman Skin Vision.

1. Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang dapat muncul dalam berbagai tingkat keparahan, biasanya sebagai benjolan kulit yang merah atau bengkak.

2. Angioma

Angioma adalah pertumbuhan kulit yang dapat muncul di berbagai bagian tubuh, disebabkan oleh pembuluh darah yang membentuk benjolan merah berbentuk kubah di atau di bawah kulit.

3. Keratosis pilaris

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang tidak berbahaya akibat produksi protein keratin berlebihan, menyebabkan benjolan kecil dan keras di sekitar folikel rambut, khususnya di paha, bokong, dan lengan atas.

4. Reaksi alergi

Bintik-bintik merah pada kulit seringkali disebabkan oleh ruam akibat reaksi alergi terhadap makanan, serbuk sari, kosmetik, atau bahan iritan lainnya. Uji alergi dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya.

5. Ruam panas

Ruam panas muncul karena keringat yang terperangkap di pori-pori yang tersumbat, terlihat sebagai benjolan merah yang mungkin terasa geli atau gatal, biasanya terjadi pada cuaca panas dan lembap.

6. Pitiriasis Rosea

Pitiriasis rosea adalah ruam yang disebabkan oleh virus, terdiri dari tambalan “induk” yang lebih besar dengan tambalan kecil di sekitarnya, biasanya berwarna merah muda atau merah.

7. Intertrigo

Intertrigo adalah ruam yang terjadi pada lipatan kulit, seringkali diakibatkan oleh gesekan, panas, kelembapan, dan iritasi pada kulit di area seperti ketiak, bawah payudara, batang tubuh, atau alat kelamin.

8. Dermatofibroma

Dermatofibroma adalah bintil yang biasanya berkembang di kaki bagian bawah dan berwarna merah atau coklat, bukan kanker, dan seringkali muncul dalam jumlah banyak.

9. Dermatitis Kontak Iritan

Dermatitis kontak iritan adalah ruam akibat iritasi dari zat tertentu, disebabkan oleh paparan berulang terhadap bahan iritan ringan seperti sabun, deterjen, asam, atau basa.

10. Petechiae/Bercak darah

Petechiae adalah bintik merah akibat pecahnya kapiler di bawah kulit, terlihat datar dan terkadang mirip ruam, dapat disebabkan oleh cedera, ketegangan, atau sengatan matahari.

11. Rosasea

Rosacea adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan jerawat kecil berwarna merah dan kemerahan pada kulit wajah, dengan pembuluh darah kecil yang muncul di permukaan kulit.

Diagnosa yang akurat memungkinkan perawatan yang sesuai dengan penyebab bintik merah tersebut. Sehingga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi yang tepat dan penanganan yang sesuai.

Itulah beberapa informasi terkait bintik merah di kulit tidak gatal yang menjadi tanda penyakit tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×