kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

4 Bahan Alami untuk Menyamarkan Bekas Jerawat, Ada Madu hingga Minyak Jintan


Kamis, 21 Desember 2023 / 15:56 WIB
4 Bahan Alami untuk Menyamarkan Bekas Jerawat, Ada Madu hingga Minyak Jintan
ILUSTRASI. Bahan Alami untuk Menyamarkan Bekas Jerawat

Penulis: Bimo Kresnomurti

Bahan Alami untuk Menyamarkan Bekas Jerawa- JAKARTA. Simak beberapa cara menyamarkan bekas jerawat dengan bahan alami. Anda bisa mencoba metode berikut yang sudah teruji sebagai bahan yang baik untuk kulit wajah.

Bekas jerawat, atau disebut juga sebagai bekas luka jerawat, merupakan perubahan warna atau tekstur pada kulit yang muncul setelah jerawat hilang.

Jenis bekas jerawat dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti tipe kulit, tingkat peradangan, dan cara jerawat diobati.

Pada dasarnya, bekas jerawat memerlukan waktu untuk mengganti lapisan kulit saja, namun perlu beberapa bantuan vitamin dan kandungan dari luar tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Kulit, Jangan Lupakan Risikonya

Jenis bekas Jerawat

Jerawat

Beberapa jenis bekas jerawat yang umum meliputi:

  • Hiperpigmentasi: Merupakan jenis bekas jerawat yang ditandai dengan adanya perubahan warna pada kulit. Jerawat yang sembuh bisa meninggalkan noda berwarna lebih gelap (hipepigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi) dari warna kulit normal.
  • Bekas Luka: Jerawat yang sembuh kadang-kadang dapat meninggalkan bekas luka, terutama jika jerawat tersebut terjadi dalam bentuk yang lebih dalam atau parah. Bekas luka dapat berupa lubang atau depresi kecil di kulit.
  • Bekas Bopeng atau Ice Pick: Jenis ini ditandai dengan adanya lubang kecil atau bopeng pada kulit, mirip dengan bekas tusukan es. Biasanya terjadi akibat peradangan yang signifikan di bawah permukaan kulit.
  • Bekas Keloid: Pada beberapa individu, bekas jerawat dapat menjadi keloid, yaitu pertumbuhan jaringan parut yang melampaui area asli jerawat. Keloid dapat terlihat menonjol dan memiliki tekstur yang berbeda.
  • Eritema: Jenis bekas ini ditandai dengan adanya kemerahan pada kulit di sekitar area jerawat yang sembuh. Eritema dapat terjadi akibat peradangan yang masih berlanjut atau sebagai reaksi alergi terhadap perawatan jerawat tertentu.
  • Bekas Jerawat dengan Pigmentasi Campuran: Beberapa orang dapat mengalami kombinasi dari jenis bekas jerawat di atas, yang mencakup perubahan warna, tekstur, dan bekas luka.

Untuk itu, Anda perlu memahami lebih lanjut beberapa bahan yang diklaim bisa menyamarkan bekas jerawat.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab beserta Cara Pencegahan Jerawat Punggung atau Back Acne

Bahan untuk menyamarkan bekas jerawat

Berikut ini beberapa cara menyamarkan bekas jerawat dengan bahan alami dirangkum dari Healthline.

1. Minyak jintan hitam

Minyak ini dikenal sebagai Nigella sativa, minyak jintan hitam berasal dari Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah. Ini adalah tanaman obat yang relatif umum, dan minyaknya dapat ditemukan secara online.

Selain memiliki sifat antibakteri dan anti virus, minyak ini juga bersifat anti inflamasi. Namun mengurangi peradangan bukanlah satu-satunya cara yang dapat membantu mengurangi bekas luka.

Penelitian telah menemukan bahwa hal itu dapat mempercepat serta meningkatkan penyembuhan luka. Ini juga dapat meratakan pigmentasi atau bahkan mencegah jerawat sama sekali.

2. Minyak biji mawar

Dipasarkan sebagian besar sebagai solusi penuaan, minyak biji rosehip tersedia secara luas dan aman untuk dioleskan langsung ke kulit.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu dapat digunakan untuk mengobati bekas luka. Meskipun penelitian ini khusus untuk bekas luka operasi, minyak ini juga berguna dalam mengurangi bekas jerawat.

Peneliti menemukan bahwa mengaplikasikannya dua kali sehari mengurangi munculnya bekas luka dan perubahan warna.

3. Madu

Anda bahkan tidak perlu pergi ke toko obat untuk mendapatkan obat bekas jerawat yang potensial ini. Madu digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk luka bakar, luka, dan herpes.

Penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat mempercepat penyembuhan luka, mengurangi potensi jaringan parut.

Dalam penelitian tersebut ungkap dengan mengoleskan madu secara langsung dapat membantu membersihkan luka dan membersihkan luka karena sifat antibakterinya. Madu juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

4. Lidah buaya

Seperti madu, lidah buaya adalah obat rumahan yang umum. Dalam kasus jerawat, cara kerjanya sama untuk membantu proses penyembuhan. Menurut sebuah penelitian di Annals of Plastic Surgery, mengoleskan lidah buaya langsung ke luka dapat mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut.

Anda bisa mendapatkan gel dan produk lidah buaya di toko obat, namun Anda juga bisa menanam tanamannya sendiri. Potong daunnya dan oleskan gel lengket langsung ke kulit.

Bahan-bahan alami di atas hanya sebagai sarana mempercepat penyamaran bekas jerawat. Pastikan Anda selalu mengaplikasikan dan melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian informasi terkait bahan alami untuk menyamarkan bekas jerawat yang bisa Anda coba secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

×