kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

4 Nasehat Investasi Warren Buffett yang Bisa Dijadikan Panduan Bisnis


Kamis, 15 Februari 2024 / 03:54 WIB
4 Nasehat Investasi Warren Buffett yang Bisa Dijadikan Panduan Bisnis
ILUSTRASI. Berikut 4 tips investasi baru yang dapat dicuri dari Warren Buffett. REUTERS/Scott Morgan

Sumber: Yahoo Finance | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Memiliki pengalaman investasi seumur hidup dan kekayaan bersih lebih dari US$ 100 miliar, Warren Buffett memiliki banyak kebijaksanaan segar untuk diberikan kepada investor.

Melansir Yahoo Finance, CEO Berkshire Hathaway ini bersedia meluangkan waktu selama rapat pemegang saham tahunan perusahaannya pada 1 Mei 2021 lalu untuk menjawab pertanyaan dan memberikan panduan kepada investor pemula berdasarkan pengalamannya sendiri yang diperoleh dengan susah payah selama setahun terakhir.

Dari acara tersebut, investor dari semua tingkat pengalaman dapat mengambil empat pelajaran utama untuk membangun portofolio yang lebih baik di tahun mendatang.

Berikut 4 tips investasi baru yang dapat dicuri dari Warren Buffett seperti yang dirangkum oleh Yahoo Finance dan Inc.com:

Baca Juga: Peringatan Warren Buffett kepada investor saham pemula

1. Berinvestasi bukanlah permainan

Warren Buffett cukup terbuka tentang apa yang dia pikirkan tentang popularitas aplikasi investasi setelah kegagalan GameStop/Robinhood. Masalahnya tidak persis pada aplikasinya, melainkan bagaimana mereka mendorong investor pemula untuk memperlakukan perdagangan seperti permainan.

"Saya pikir sejauh mana masyarakat yang sangat kaya dapat memberi penghargaan kepada orang-orang yang tahu bagaimana memanfaatkan. Pada dasarnya, naluri perjudian dari publik Amerika, publik di seluruh dunia, itu bukan bagian yang paling mengagumkan dari pencapaian," kata Warren Buffett.

Baca Juga: Orang kepercayaan Warren Buffett sebut bitcoin mata uang bagi penculik dan pemeras

Dengan pendekatan yang tepat, aplikasi perdagangan atau tanpa komisi bisa sangat berguna dan menguntungkan, selama Anda tidak memperlakukannya seperti permainan.

2. Jangan kehilangan kewaspadaan 

Dengan munculnya perusahaan akuisisi bertujuan khusus (SPAC) atau "perusahaan cek kosong", yang dirancang untuk mengumpulkan dana guna membeli perusahaan yang sudah ada, Warren Buffett mewaspadai spekulasi yang merajalela di pasar.

“SPAC umumnya harus menghabiskan uang mereka dalam dua tahun, seperti yang saya pahami. Jika Anda harus membeli bisnis dalam dua tahun, Anda menodongkan pistol ke kepala saya dan berkata, 'Anda harus membeli bisnis dalam dua tahun,' Saya akan membeli satu tetapi tidak akan banyak," katanya.

Warren Buffett juga mengeluarkan penghinaan yang sama terhadap bitcoin, yang dia pilih untuk dihindari.

3. Percaya insting Anda

Warren Buffett telah lama tidak mempercayai teknologi, tetapi dia akhirnya mulai berinvestasi di Apple pada tahun 2016. Sekarang ini adalah salah satu investasi paling berharga miliknya.

Tapi tahun lalu, dia melepas beberapa saham Apple yang dimiliki Berkshire Hathaway.

"Itu mungkin kesalahan," katanya tentang penjualan tersebut.

Baca Juga: Ini sosok yang bakal menggantikan Warren Buffett jadi CEO Berkshire Hathaway

Namun, satu penjualan yang tidak disesali Warren Buffett adalah membuang semua saham maskapai penerbangannya. Meskipun dia "tidak menganggapnya sebagai momen yang luar biasa dalam sejarah Berkshire", perusahaan tersebut dapat membanggakan kekayaan bersihnya lebih banyak daripada bisnis lain di AS.

“Saya pikir bisnis maskapai penerbangan telah berkembang lebih baik karena kami menjual dan saya berharap mereka baik-baik saja, tetapi saya tetap tidak ingin membeli bisnis penerbangan,” kata Warren Buffett.

Baca Juga: Warren Buffett dan tangan kanannya kompak mencela bitcoin, ini kata mereka

Apa pun naluri Anda, jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli saham di sebuah perusahaan (Apple saat ini US$ 132 per saham), Anda dapat mendaftar untuk aplikasi gratis yang memungkinkan Anda membeli sebagian kecil saham. Artinya, Anda bisa mendapatkan perusahaan terbaik yang ditawarkan pasar, berapa pun anggaran Anda.

4. Saat ini tidak selalu menentukan masa depan

Tidak ada yang tahu pasti apakah yang populer saat ini masih bernilai penting di masa depan. Dan Warren Buffett berkata, bagaimanapun juga itu bukanlah tujuan Anda secara keseluruhan dalam hal berinvestasi.

“Ada lebih banyak hal untuk memilih saham daripada mencari tahu apa yang akan menjadi industri yang luar biasa di masa depan,” kata Warren Buffett.

Baca Juga: Warren Buffett ungkap penyesalan terbarunya di sejumlah investasi Berkshire

Untuk mengilustrasikan maksudnya, dia memasang slide semua perusahaan otomotif dari beberapa dekade lalu yang dimulai dengan huruf "M." Daftarnya sangat panjang sehingga tidak muat dalam satu slide.

Itu karena ketika mobil mulai menjadi hal yang biasa di tahun 1900-an, Buffett mengatakan sekitar 2.000 bisnis membanjiri industri, mengharapkan industri itu akan memiliki "masa depan yang menakjubkan."

Baca Juga: Berkshire Hathaway bukukan kenaikan pendapatan pada kuartal I 2021

Tetapi pada tahun 2009, dia mencatat ada tiga produsen mobil yang tersisa dan dua lainnya mengalami proses kebangkrutan.

Dengan pemikiran tersebut, Anda tidak perlu terpaku pada mengejar hal besar berikutnya. Anda sama mungkinnya untuk menemukan kesuksesan dengan pendekatan yang lebih teruji dan benar, seperti berinvestasi di lahan pertanian AS, yang selama beberapa dekade telah memberikan pengembalian yang baik atau lebih baik daripada pasar saham.

 

Selanjutnya: 9 Makanan Terlarang untuk Asam Lambung, Cek Cara Ubah Kebiasaan Makan bagi GERD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×