kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Manfaat Masker Buah Naga yang Meredakan Efek Kulit Terbakar Matahari


Senin, 15 April 2024 / 12:05 WIB
5 Manfaat Masker Buah Naga yang Meredakan Efek Kulit Terbakar Matahari
ILUSTRASI. Masker buah naga

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa manfaat buah naga untuk kesehatan kulit yang luar biasa. Konsumsi buah naga tentu memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan.

Buah naga merupakan buah tropis eksotik dengan profil antioksidan yang kaya. Ia memiliki sejumlah senyawa bergizi seperti serat makanan, karbohidrat, mineral, dan vitamin B dan C.

Dengan tekstur unik dan kaya akan nutrisi, buah naga, atau yang dikenal juga sebagai pitaya, telah menjadi salah satu tren kecantikan terbaru.

Selain menyegarkan saat dimakan, buah eksotis ini juga memiliki banyak manfaat bagi kulit.

Baca Juga: Catat 7 Makanan untuk Membakar Lemak di Perut, Ada Yogurt dan Salmon

Manfaat masker buah naga

Buah naga

Dengan kandungan antioksidan dan vitamin yang melimpah, buah naga dapat diolah menjadi masker alami yang menyegarkan dan menyehatkan kulit Anda.

Dari mencerahkan kulit hingga mengurangi peradangan, marilah kita jelajahi bagaimana memanfaatkan keajaiban alami ini untuk merawat kulit Anda secara alami dan efektif.

Manfaat buah naga termasuk mendukung kesehatan usus dan kesehatan kardiovaskular dan kekebalan tubuh yang lebih baik.

Tentu, ini juga baik untuk kulit Anda, karena sifat anti-penuaan dan antibakterinya dapat membantu mengatasi banyak masalah kulit. Simak beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan kulit dilansir dari laman NDTV.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Anda

1. Lawan Jerawat

Ekstrak buah naga digunakan dalam pengobatan perawatan kulit tradisional untuk mengobati jerawat. Hal ini mungkin terjadi karena kulit buah naga merah memiliki sifat antimikroba.

Senyawa dalam buah naga juga dikatakan dapat mengontrol produksi sebum dan membantu mengendalikan jerawat, meski belum ada bukti ilmiah mengenai hal tersebut.

2. Penenang Kulit yang Terbakar

Vitamin C, bersama dengan vitamin dan mineral lain yang ada dalam buah naga, dapat mengurangi sengatan matahari. Ini mengembalikan kelembapan dan menyembuhkan area yang terbakar sinar matahari dan menenangkannya.

Sifat antimikroba pada buah naga dapat membantu mencegah infeksi pada area luka bakar.

3. Anti Penuaan

Buah naga mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti penuaan. Antioksidan ini menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat.

Vitamin C adalah antioksidan kuat lainnya yang dapat mencegah penuaan kulit.

4. Perbaikan warna kulit

Buah naga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin ini terbukti mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit.

Selain itu, vitamin C juga mendukung untuk pembentukan kolagen.  Kolagen menjaga kulit Anda tetap kencang dan montok karena merupakan komponen struktural kulit.

5. Pelembab Kulit

Buah naga kaya akan air dan membantu hidrasi. Vitamin B di dalamnya dapat melembabkan kulit serta menjaganya tetap sehat dan kenyal.

Setelah membaca semua tentang manfaat buah naga, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengonsumsinya.

Meskipun efek samping buah naga kurang diketahui, dalam kasus yang jarang terjadi, orang mengalami reaksi alergi dengan gejala seperti ruam, gatal, mual, dan pembengkakan pada mulut

Membuat masker buah naga

1. Masker Pengencang Kulit

Persiapkan separuh buah naga dan satu sendok makan yogurt. Haluskan daging buah naga hingga membentuk pasta yang halus dan tambahkan yogurt.

Aplikasikan campuran tersebut secara merata ke wajah dan leher, kemudian biarkan selama 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan handuk bersih hingga kering. Lakukan proses ini sekali seminggu selama dua bulan.

2. Masker untuk Mengatasi Jerawat

Anda hanya memerlukan sedikit potongan buah naga dan 3-4 bola kapas. Haluskan potongan buah naga menjadi pasta menggunakan garpu.

Oleskan pasta tersebut secara merata ke area jerawat menggunakan bola kapas. Pastikan untuk menggunakan bola kapas yang bersih untuk mencegah penyebaran bakteri.

Bilas pasta dengan air hangat setelah 20 menit dan biarkan wajah mengering. Anda dapat mengulangi proses ini dua kali seminggu.

Tentunya, untuk mencapai hasil yang optimal, penting untuk mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Pastikan Anda memberikan perawatan terbaik untuk kulit Anda agar tetap segar dan tampak awet muda. Inilah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan kulit yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×