kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 7 Manfaat Buah Naga yang Wajib Diketahui, Bisa Cegah Kanker


Rabu, 10 April 2024 / 13:15 WIB
Ini 7 Manfaat Buah Naga yang Wajib Diketahui, Bisa Cegah Kanker
ILUSTRASI. Ini 7 Manfaat Buah Naga yang Wajib Diketahui, Bisa Cegah Kanker

Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

MANFAAT BUAH NAGA - KONTAN.CO.ID. Buah naga memiliki bentuk, warna, tekstur, hingga rasa yang unik. Di balik segala keunikannya itu, manfaat buah naga ternyata sangat beragam.

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi bahwa ada segudang manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Berkat kehebatannya itu, buah naga kerap dimasukkan ke daftar superfood.

Buah yang berasal dari keluarga kaktus ini memiliki banyak varian dengan warna yang berbeda, mulai dari kuning, merah muda, putih, hingga merah yang paling populer.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Memperkuat Hati Hingga Turunkan Kolesterol

Nutrisi dalam Buah Naga

Berdasarkan temuan Departemen Agrikultur Amerika Serikat (USDA), serat dan antioksidan adalah nutrisi utama yang terdapat dalam buah naga.

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi buah naga yang bisa Anda dapatkan dalam setiap 100 gram:

  • Air: 84 g
  • Protein: 0,36 g
  • Lemak: 0,14 g
  • Karbohidrat: 15,2 g
  • Gula: 9,75 g
  • Serat: 5,58 g (20% dari kebutuhan harian)
  • Natrium: 1,8 mg
  • Vitamin C: 7,74 mg (8% dari kebutuhan harian)
  • Potasium (Kalium): 209 mg (4.4% dari kebutuhan harian)
  • Magnesium: 12.6 mg (3% dari kebutuhan harian)

Buah naga merah juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi, zinc, selenium riboflavin, thiamin, folat, vitamin A, vitamin D, serta beragam jenis vitamin B.

Baca Juga: Penting, Ini Deretan Manfaat Puasa bagi Penderita Hipertensi

Manfaat Buah Naga Merah

Melihat beragamnya nutrisi pada buah naga merah, buah ini jelas memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan:

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Mengutip Healthline, vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan melindungi sel darah putih Anda dari bahaya.

2. Meningkatkan Kadar Zat Besi

Buah naga termasuk salah satu dari sedikit buah yang mengandung zat besi. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta memecah makanan menjadi energi.

Buah naga bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Kandungan vitamin C pada buah ini juga membantu tubuh menyerap zat besi.

Baca Juga: 10 Minuman Pencegah Migrain, Ada Kopi hingga Jus Buah

3. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat buah naga merah berikutnya adalah meningkatkan kesehatan usus dengan dua cara utama. MedlinePlus mencatat, buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

Buah naga merah juga mengandung prebiotik yang disebut oligosakarida, yang membantu merangsang pertumbuhan mikroba usus Bifidobacteria dan Lactobacillus yang bermanfaat.

4. Mencegah Serangan Penyakit Kronis

Tingginya kandungan antioksidan anti inflamasi membuat buah naga dipercaya memiliki kemampuan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

Beberapa penyakit yang termasuk di dalamnya antara lain adalah diabetes, penyakit jantung, kanker, dan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik ditandai dengan ciri seperti lingkar pinggang besar, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kolesterol baik yang rendah.

5. Mengatur Kadar Gula Darah

Kemampuan mengatur kadar gula darah adalah salah satu manfaat buah naga merah, meskipun buah ini mengandung gula alami.

Healh.com mencatat, senyawa alami dalam buah ini dapat membantu regenerasi sel beta di pankreas, yang membuat dan mengeluarkan insulin dan amylin, dua hormon yang mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: Catat! Ini Dia Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan

6. Memicu Peredaran Darah yang Sehat

Para ilmuwan menemukan, orang yang memakan buah naga mengalami peningkatan aliran darah yang signifikan dua, tiga, dan empat jam setelah mengonsumsinya. Efek tersebut bahkan bertahan selama periode dua minggu.

Berdasarkan temuan itu, peneliti mengatakan bahwa buah naga bisa memiliki dampak yang berarti terhadap pencegahan penyakit jantung.

7. Sumber Magnesium

Manfaat buah naga merah terakhir dalam daftar ini adalah sebagai sumber magnesium yang sangat besar. Buah naga memiliki kandungan magnesium lebih besar dibandingkan buah kebanyakan, yaitu 18% dari kebutuhan harian Anda dalam setiap mangkuknya.

Mengutip PubMed Central, rata-rata tubuh kita mengandung 24 gram magnesium, atau kira-kira satu ons.

Beberapa studi menunjukkan bahwa asupan magnesium yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menyehatkan tulang.

Itu dia informasi mengenai manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang bisa Anda perhatikan. Di negara tropis seperti Indonesia, buah ini sangat mudah didapatkan.

Selanjutnya: Prancis Menaikkan Target Defisit Jadi 5,1%

Menarik Dibaca: Lekat Dengan Dunia Kriminal, Tonton 6 Serial Forensik Barat Ini di Netflix yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×