kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,67   -9,84   -1.07%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Makanan Anti Penuaan Kulit yang Mudah Ditemui


Selasa, 19 Maret 2024 / 10:59 WIB
6 Makanan Anti Penuaan Kulit yang Mudah Ditemui
ILUSTRASI. Cokelat

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat makanan anti penuaan kulit yang didapatkan dari camilan sehat. Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya perawatan kulit dan kesehatan secara holistik untuk menunda tanda-tanda penuaan.

Salah satu aspek penting dalam perawatan anti-penuaan adalah pola makan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Makanan yang dikonsumsi dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kulit dan kemampuannya untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Berbagai makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral telah terbukti memiliki efek positif pada kulit, membantu menjaga kelembapan, elastisitas, dan kecerahan.

Dengan memahami peran penting nutrisi dalam perawatan kulit, Anda dapat mengambil langkah proaktif dalam memilih makanan yang mendukung kesehatan kulit dan membantu memperlambat proses penuaan secara alami.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa

Makanan Anti Penuaan

Kerutan wajah

Berikut ini daftar makanan pencegah penuaan kulit yang bisa Anda konsumsi setiap hari, dirangkum dari laman PharmEasy.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang paling lezat dengan beragam nutrisi. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat menyehatkan kulit Anda dan mencegah kekeringan.

Ini juga berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Studi menyarankan bahwa lutein dan zeaxanthin dalam buah ini dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan sinar UV. Alpukat juga kaya akan vitamin A, B, C, E, dan K yang membantu kulit Anda berkilau dan terlihat cantik.

Anda bisa menambahkan alpukat dalam salad atau membuat puding sehat dengan menggunakan alpukat.

2. Brokoli

Brokoli penuh dengan sifat anti-inflamasi dan anti-penuaan! Ini kaya akan vitamin C dan vitamin K yang merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah kerutan.

Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk mensintesis kolagen yang merupakan sistem penyangga kulit. Cobalah untuk mengonsumsi brokoli mentah atau direbus untuk hasil yang lebih baik. Anda bisa menambahkannya dalam salad atau sup. Brokoli juga tinggi serat dan kalsium.

3. Kacang

Kacang penuh dengan berbagai nutrisi seperti protein, vitamin E, minyak esensial, mineral, dan antioksidan. Almond dan kenari penuh dengan vitamin E yang sangat membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari.

Vitamin E juga membantu menguatkan kulit Anda dan memberikan kilau. Anda bisa menaburkan beberapa kacang di atas salad atau mencampurnya ke dalam sup untuk sedikit tekstur renyah.

Kenari memiliki kandungan antioksidan tertinggi dari semua kacang dan kaya akan lemak omega-3.

Kombinasi ini membuatnya menjadi camilan anti-inflamasi yang sangat baik untuk kulit yang lebih baik (dan kesehatan secara umum). Kenari juga dapat membantu memperbaiki kesehatan pencernaan Anda.

Kesehatan kulit sangat terkait dengan kesehatan mikrobiom, dan kesehatan usus yang baik membantu kulit mempertahankan homeostasis untuk perlindungan optimal, pengendalian suhu, dan retensi cairan.

Blueberry

4. Blueberry

Buah lain yang bisa direkomendasikan adalah blueberry dalam diet sebagai cara mudah dan lezat untuk mempromosikan manfaat anti-penuaan.

Blueberry ini penuh dengan antioksidan yang disebut bioflavonoid, yang mungkin membantu memperkuat arteri, mendukung kesehatan kulit, dan memiliki sifat anti-kanker. Blueberry juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Cokelat Hitam

Makanan favorit semua orang adalah bergizi karena penuh dengan antioksidan bahkan lebih dari pada buah beri. Mengonsumsi cokelat (tidak terlalu banyak) dapat memberikan sifat anti-penuaan. Ini mengandung flavanol kakao yang merupakan antioksidan kuat yang melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Ini juga melindungi kulit Anda dengan meningkatkan aliran darah, yang membantu menyehatkan kulit Anda dan dengan meningkatkan kelembapan kulit. Pastikan untuk memilih hanya cokelat hitam dengan setidaknya 70 persen kakao di dalamnya.

Magnesium, mineral anti-inflamasi lainnya, melimpah dalam cokelat hitam. Magnesium mengurangi stres dan meningkatkan durasi dan kualitas tidur, keduanya berkontribusi pada penuaan kulit.

Pastikan untuk memeriksa jumlah gula tambahan dalam batang cokelat hitam favorit terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kulit. 

Gula memiliki efek merugikan pada serat kolagen, menurut penelitian Baylor University College of Medicine, dan dapat membuat kulit tampak kaku dan kurang elastis.

6. Jeruk

Beberapa jenis jeruk seperti jeruk, jeruk grapefruit, lemon, dan jeruk nipis mungkin menjadi pilihan yang sangat baik ketika datang ke makanan yang kaya vitamin C.

Buah-buahan ini tidak hanya mengandung antioksidan tetapi juga menyediakan jumlah vitamin C yang signifikan, yang dapat berkontribusi pada melawan kerutan dan mempromosikan kulit yang sehat.

Itulah daftar makanan termasuk buah maupun camilan yang bisa menunda penuaan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×